Soloensis

Perdagangan Elektronik

Di era globalisasi ini, banyak sekali perusahaan yang memang membutuhkan internet marketing. Memang, pada kenyataanya SEO dan SEM pun menjadi salah satu bagian dari internet marketing tersebut. Namun tetap saja berbeda dari segi pengerjaan. Namun, jika di tinjau masih banyak pula perusahaan yang tidak dapat memanfaatkan internet itu sendiri, padahal peluang serta jaringan lebih banyak. Kita tidak bisa mengelak bahwa internet memang telah menciptakan Perusahaan dengan model baru. Persepsi atau pendapat secara tradisional dalam melakukan sebuah bisnis pun sudah di update menjadi lebih modern.Salah satu keuntungan jika melakukan bisnis online adalah kita dapat menjangkau jaringan yang sangat luas melalui media internet. Pada saat ini telah banyak sekolah yang mengajarkan bisnis online ini sangat penting. Seperti dumet school dan juga yang lainnya dengan kursus digital marketing yang mereka sediakan guna mengembangkan dunia digital marketing di indonesia.

Bisnis Online atau biasanya disebut oleh masyarakat luas sebagai Online Shop adalah suatu usaha yang menjual segala barang atau jasa melalui media internet. Di era globalisasi seperti sekarang, pengaruh internet sudah tersebar luas di masyarakat dunia tidak hanya untuk mencari informasi, ilmu, dan berkomunikasi tetapi seiring dengan berkembangnya dunia bisnis yang semakin maju maka di internet kita juga bisa menjual atau memberi barang secara online. Online shop banyak digemari oleh semua kalangan karena online shop memberikan kemudahan bagi konsumen yang ingin membeli barang hanya dengan mengakses internet maka konsumen dapat mengunjungi toko online dengan mudah dan nyaman serta aman. Konsumen tidak perlu repot-repot untuk pergi keluar rumah dan mengunjungi pusat perbelanjaan untuk berbelanja karena sudah banyak online shop atau toko online yang menjual segala rupa macam barang yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat baik primer maupun sekunder.

 

Banyak pedagang yang sudah beralih dari toko fisik ke toko online. Dan toko online juga biasanya lebih menguntungkan daripada toko fisik yang harus mengeluarkan modal yang sangat banyak seperti sewa toko atau gedung, peralatan toko, dll. Sedangkan toko online hanya menyediakan akses internet dan gadget yang mendukung maka sudah bisa menjualkan barang dagangannya ke dunia luar. Selain itu, toko online tidak terbatas jangkauannya karena berkaitan dengan internet yang sifatnya mendunia. Orang-orang yang berada di luar negeri sekalipun bisa melihat produk kita dari negeri asalnya dan bisa langsung bertransaksi dengan toko online tersebut. Barang-barang yang dijual di online shop juga beraneka ragam, mulai dari pakaian, barang elektronik, rumah, mobil, gadget, dll.

 

Untuk para teman-teman sekalian yang ingin menambah pendapatan juga tidak ada salahnya utuk mencoba bisnis yang satu ini. Misalkan teman-teman memiliki usaha handmade sepatu wanita atau pria yang sudah memiliki outlet di suatu tempat, cobalah untuk memasarkan produk kalian ke dunia luar dengan membuka toko online yang sangat mudah caranya dan produk kalian akan dilihat oleh berjuta-juta pasang mata. Jika kalian memiliki kualitas dan model yang sangat baik dan recommended maka online shop atau toko online kalian akan terkenal dan akan menambah penghasilan kalian yang awalnya hanya membuka toko fisik atau outlet saja. Banyak sosial media yang bisa mendukung penjualan produk-produk toko online saat ini seperti twitter, instagram, facebook, dan web yang bisa langsung diakses melalui komputer atau gadget yang dimiliki oleh para konsumen.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Choirul Shoheh

    Add comment