Soloensis

Dampak Jejaring Path

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Path adalah sebuah aplikasi jejaring sosial pada telepon pintar yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan. Pengguna dari path ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri untuk pengguna berbagi dengan keluarga dan teman-teman terdekat. Dave Morin, salah satu pendiri Path dan CEO dari perusahaan berkata “Yang menjadi visi utama kami adalah untuk membuat sebuah jejaring dengan kualitas yang tinggi dan menjadikan pengguna nyaman untuk berkontribusi setiap waktu.

Pengguna Path berbeda dari jejaring sosial lainnya di mana hanya pengguna yang telah disetujui yang dapat mengakses halaman Path seseorang. Status privasi dari aplikasi ini menjadikan Path lebih eksklusif dari berbagai jejaring social yang ada.

Padan bulan November dan Desember 2011, Path meluncurkan beberapa fitur baru dan meningkatkan penggunanya dari 30.000 menjadi lebih dari 300.000 dalam waktu kurang dari 1 bulan. Pada Februari 2012, perusahaan ini dikritik secara luas karena aplikasi ini mengakses dan menyimpan kontak yang ada ditelepon seluler. Dalam sebuah blog yang diunggah oleh CEO Path sendiri, perusahaan meminta maaf dan menyatakan bahwa Path telah mengubah praktik ini.

Fitur Profil memungkinkan pengguna Path untuk mengatur tampilan dari halaman Path. Selain dapat mengubah gambar yang menjadi gambar profil, pengguna juga dapat mengubah gambar dari latar belakang halam Path pengguna. Selain mengubah gambar, pengguna juga dapat menyambungkan setiap momen yang diunggah.

Fitur belanja dalam Path merupakan fitur terbaru yang diluncurkan oleh Path yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh stiker yang dapat digunakan dalam mengirim pesan. Selain stiker, fitur belanja juga menyediakan beberapa pilihan saringan untuk foto dan video. Setiap stiker dan filter yang tersedia dalam fitur ini merupakan produk berbayar.

Fitur lain dari Path adalah foto dan video dimana pengguna dapat menguggah foto dan juga video untuk berbagi dengan pengguna lain. Proses pengunggahan foto dapat melalui proses edit terlebih dahulu dengan filter foto yang tersedia. Untuk unggahan video, pengguna dapat mengunggah video yang ada dengan batasan waktu tertentu. Mengunggah foto dan video dapat dilakukan dengan mengambil data yang tersedia di dalam telepon seluler ataupun mengambil foto dan video baru.

Path memungkinkan pengguna untuk membagikan lokasi berada dengan pengguna lain. Fitur ini dapat tersambung degan jejaring social Foursquare apabila pengguna memiliki akun jejaring social tersebut. Panandaan lokasi dilakukan dengan GPS yang terdapat di dalam telepon seluler pengguna dan mengakses data dari lokasi yang tersedia melalui Foursquare.

Pengguna Path dapat membagikan musik yang sedang mereka dengar, film yang sedang ditonton, atau buku yang sedang dibaca oleh pengguna sendiri kepada pengguna lainnya. Data dari musik, film, dan buku dapat diambil dari arsip Path sendiri. Pengguna terlebih dahulu mencari judul dari lagu, film, dan buku yang diinginkan dan kemudian dipilih untuk dibagikan dengan pengguna lain.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah status yang diinginkan dengan menggunakan huruf serta emoticon yang ada. Fitur-fitur Path ini dapat dilakukan secara bersamaan dalam satu post.

Fitur ini menandakan bahwa si pengguna sedang tidur dan dapat menghitung jangka waktu dari saat tombol tidur ditekan sampai tombol bangun ditekan kemudian. Pada saat mode tidur sedang aktif, pengguna tidak dapat mengakses halaman Path sebelum tombol bangun ditekan. Apabila pengguna mengaktifkan fitur ini maka akan muncul status tidur di halaman pengguna sendiri dan pengguna lainnya. Demikian pula halnya apabila tombol bangun ditekan kemudian.

Di era popularitas tepatnya tahun 2013 hingga 2015, Path jadi salah satu aplikasi yang wajib dimiliki oleh Netizen Indonesia. Bahkan pengguna Path di Indonesia setiap hari semakin banyak hingga 50 persen pengguna Path berasal dari Indonesia. Angka itu jauh dengan jumlah pengguna Path di negara asalnya, yaitu Amerika Serikat.

Di Indonesia di kabarkan pentupan Path dan ramai dibicarakan di media sosial. Awalnya muncul sebuah tangkapan layar yang menyatakan jejaring sosial Path akan segera ditutup. Dalam gambar tersebut berisi penjelasan Path akan berhenti beroperasi.

Namun, sampai sabtu malam (15/8/18), aplikasi tersebut masih bias di gunakan di ponsel berbasis android. Selain itu, aplikasi Path juga masih bisa diunduh melalui ponsel. Dalam aplikasi itu tidak ada pemberitauan mengenai penutupan Path yang viral di media sosial.

Path juga memiliki dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh fitur-fitur yang tersedia didalamnya. Untuk dampak positifnya, kita dapat memberitahukan kepada pengguna lain tentang aktivitas-aktivitas apa saja yang sedang kita lakukan. Misalnya kita dapat berbagi dengan pengguna lain mengenai musik apa yang sedang kita dengarkan, film apa yang sedang kita tonton atau buku yang sedang kita baca. Data musik, film, dan buku ini dapat diambil dari arsip Path dengan mencari lagu, film atau buku tersebut lalu dipilih untuk dibagikan. Path juga memiliki fitur Sleep and Awakesehingga kita dapat memberitahukan kepada pengguna lain kapan saatnya kita tidur dan bangun. Fitur ini bisa digunakan di segala jenis platform.

Selain dampak positif, Path juga memiliki dampak negatif. Dampak negatifnya adalah dapat terjadinya pembohongan publik. Dengan adanya fitur Location, maka bisa saja orang lain menyalahgunakan fitur tersebut. Misalnya seseorang yang kenyataannya berada di Indonesia tetapi ia meng-update lokasi saat ia berada sekarang adalah di Amerika. Hal tersebut bisa saja terjadi agar kesannya seseorang berada di satu tempat yang dianggap jauh tetapi sebenarnya tidak.

Situs terkait :

https://id.wikipedia.org/wiki/Path_(jejaring_sosial), diakses pada Kamis pukul 19.00

https://jabar.tribunnews.com/2018/09/15/path-dikabarkan-akan-ditutup-ternyata-masih-bisa-digunakan-ini-tanggapan-penggunanya, diakses pada Kamis pukul 19.25

https://inassnabila.blogspot.com/2014/04/path.html, diakses pada Kamis pukul 20.00

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

ruvida musdyasari

Mahasiswa IAIN SKA

Add comment