Soloensis

Cara Daftar Google News Berikut Syaratnya

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Layanan Google News merupakan layanan Google yang berfokus pada penyediaan konten berita seluruh dunia termasuk Indonesia (Google News Indonesia). Biasanya pengguna layanan ini untuk meningkatkan peforma website mereka. Berikut tulisan yang merangkum cara daftar Google News. Namun, sebelumnya Anda bisa simak syarat daftar ke Google News

Persyaratan Daftar ke Google News

Berikut syarat-syarat website yang harus Anda penuhi sebelum mendaftar ke Google News.

·         Buat Website dengan Konten Berkualitas

Proses seleksi dari tim Google merupakan seleksi manual. Jadi, pastikan website Anda merupakan website berita yang menyajikan konten factual dan terkini yang mana sesuai dengan syarat layanan Google News.

·         Tak Menjiplak

Menulis konten yang unik dan tak menjiplak adalah kunci kesuksesan sebuah website. Meskipun sesekali Anda bisa menerbitkan berita yang merupakan nukilan dari pihak lain, pastikan selalu menuliskan dengan gaya Anda sendiri dengan tetap mencantumkan sumber.

Trik ini bisa memberi efek bahwa Google News akan menganggap konten Anda adalah sebuah konten berita baru.  

·         Fokus Satu Genre Berita

Selain tidak bercampur dengan konten lain, portal berita Anda sebaiknya hanya mengulas salah satu jenis berita saja. Misalnya tentang berita olahraga, atau politik. Hal ini akan membuat Google News dengan mudah mengkategorikan website Anda. Bahkan jika Anda bisa menulis berita yang mendalam, tulisan-tulisan Anda akan menjadi berita utama di halaman Google.  Tak hanya itu, website Anda akan dengan mudah diingat orang.

·         Update dan Terkini

Jika Anda telah bertekad membuat website berita, maka Anda harus rajin menerbitkan konten tiap hari. Sebagaimana yang kita tahu, ciri-ciri website berita selalu menuliskan berita baru dan bahkan dengan jumlah yang tak sedikit.

Salah satu trik agar memudahkan langkah ini adalah Anda bisa merekrut beberapa penulis untuk membuat artikel yang berbeda-beda yang mana selalu terbit di hari yang sama. Trik ini sering dilakukan oleh beberapa website berita lain.

·         Jangan Buat Konten Terlarang

Jangan sembarangan membuat konten yang terlarang seperti konten seksual, melanggar hak cipta, rasis, kebencian dan kekerasan. Karena hal ini tentu saja membuat Google News menolak pengajuan layanannya.

Maka, perhatikan dengan seksama terkait konten yang akan Anda tulis.

·         Perhatikanlah Struktur Website

Hal ini merupakan faktor teknis website Anda. Jika Anda memenuhinya, maka akan memudahkan Anda cepat lolos pengajuan layanan Google News.

·         URL Unik dan Tak Berubah

Secara jelas Google News selalu mewanti-wanti jika URL konten Anda berubah, maka website Anda tak bisa terbaca ke dalam Google News. Sebab jika URL berubah maka mesin crawl Google yang memiliki tugas untuk mendeteksi konten berita tidak akan bisa bekerja dengan baik di kondisi tersebut. 

·         Sajikan Tampilan Menarik dan Responsif

Anda harus memperhatikan tampilan pada website Anda, baik di layar desktop, maupun layar handphone. Tampilan yang menarik selain membuat pengunjung senang, juga berpengaruh pada penilaian tim Google sehingga website Anda cepat lolos karena telah mencakupi kriteria meningkatkan kenyamanan pengguna.

·         Pilih Navigasi yang Mudah

Navigasi di website Anda merupakan salah satu faktor yang tim Google pertimbangkan dalam proses seleksi/kurasi di Google News. Jika website Anda memiliki beberapa halaman utama, pastikan untuk beralih dari satu halaman ke halaman lain yang membuat tampilan website jadi terlihat mudah untuk pengguna.

Cara Daftar Google News

Setelah Anda merasa yakin memenuhi syarat daftar ke google news, berikut cara daftar google news:

·         Login dengan Akun Google

Pastikan Anda telah memasukkan akun google (g-mail) Anda.

 

·         Verifikasi Kepemilikan Website

Lakukan langkah ini terlebih dahulu jika Anda belum pernah memverifikasi kepemilikan website. Anda harus ingat bahwa Google News mempunyai mesin crawler, jadi jangan lupa tambahkan xml sitemap website berita Anda, agar Google News selalu update pada pembaharuan postingan yang ada pada di website Anda.

·         Login ke Google News Publisher Center (Google News Login)

·         Tambahkan Website Anda

Tambahkan website Anda pada fitur “Want to suggest a website for Google News? Click here.”

·         Isi Informasi Website Anda

Silakan masukkan informasi dengan benar. Berikut langkah-langkah untuk mengisinya:

About your news site: Detail informasi tentang website berita yang Anda daftarkan.

Source URL: alamat/link website Anda.

Source Name: nama website Anda.

Site Language: Isi dengan penggunaan bahasa yang Anda gunakan untuk konten berita di website Anda. Anda wajib mengisi hanya 1 bahasa saja karena Google News tak memperkenankan penggunaan lebih dari satu bahasa.

City, State/Province dan Region: Alamat lengkap domisili Anda.

·         Kategori Website

Untuk kategori website yang bisa Anda pilih sebagaimana berikut:

Opinion content: konten yang memuat opini

User generated content: untuk konten buatan pengguna yang telah melalui proses editing di situs Anda

Blog: centang fitur ini.

Press release: untuk menerbitkan siaran press.

Satire: konten yang memuat satir

URL: Link domain atau beberapa subdomain yang ingin Anda tambahkan.

Labels: jenis-jenis berita yang Anda tampilkan.

Submit: Jika Anda telah menyelesaikan, maka tekan submit.

·         Menunggu Review Google

Selanjutnya, tunggu sekitar satu hingga tiga minggu review dari tim Google. Jika semua syarat telah Anda penuhi dengan aman, maka Anda akan lolos.

Begitulah cara daftar Google News, mudah, bukan? Jika website Anda berhasil lolos di Google News, maka peluang masuk posisi teratas di Google akan besar. Dengan begitu, kunjungan di wesbite Anda akan meningkat.

 

 

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Zamhari S, Kom. I

Hanya manusia yang suka belajar

Add comment