Soloensis

PENGERTIAN JARINGAN PEER TO PEER DAN KELEBIHAN KEKURANGANNYA

Pusat Ilmu Pengetahuan –  Jaringan peer to peer atau disebut juga P2P merupakan jaringan dimana setiap komputer host dapat menjadi client ataupun server sekaligus untuk tujuan berbagi resource seperti file sharing, aplikasi, hardware dan sebagainya.

 

Awalnya arsitektur jaringan peer to peer di populerkan oleh aplikasi-aplikasi berbagi berkas atau file sharing seperti Nepstar dan KaZaa. Penggunaan P2P memungkinkan setiap pengguna untuk berbagi, mencari atau mengunduh berkas.

 

Dalam jaringan peer to peer tidak ada komputer yang berfungsi secara khusus seperti yang terdapat pada jaringan client-server. Jaringan peer to peer masing-masing bertanggung jawab terhadap administrator resource komputer seperti membuat username, mengatur hak ases sharing dan sebagainya.

 

Dalam penerapannya jaringan peer to peer dapat anda lakukan dengan mudah, sebagai contoh jika anda hendak menghubungkan 2 buah komputer untuk tujuan berbagi data, melakukan copy, memindah data dan sebagainya, maka anda cukup menyediakan kabel utp dan menghubungkan setiap ujung kabel utp tersebut ke port LAN card kedua komputer, maka anda sudah bisa melakukan pertukaran data.

 

Kelebihan peer to peer

Berikut bebarapa kelebihan dari arsitektur jaringan peer to peer.

·         Penerapannya cukup mudah dan murah, seperti yang sudah di singgung diatas jika anda hendak membangun jaringan peer to peer secara sederhana tidak perlu membutuhkan perangkat-perangkat khusus sehingga lebih mudah dilakukan dan murah secara biaya.

·         Tidak memerlukan software administrasi jaringan khusus, karena setiap komputer bisa bertindak sebabagai client ataupun software secara bersamaan maka sebuah komputer tidak terlalu membutuhkan software aplikasi khusus.

·         Tidak membutuhkan administrator jaringan, point yang satu ini cukup jelas karena setiap komputer bisa bertindak sebagai client dan server sekaligus, tentu hal ini sangat berbeda dengan jaringan client-server yang harus membutuhkan administrator jaringan yang handal.

 

 

Kekurangan peer to peer

Berikut ini bebarapa kekurangan arsitektur jaringan peer to peer.

·         Tidak cocok di terapkan untuk jaringan dalam skala besar, karena akan menjadikan administrasi tidak terkontrol dan cukup rumit.

·         Setiap user harus terlatih menjalankan tugas administrative, sebab setiap komputer user bisa bertugas sebagai client ataupun server maka pengguna harus memahami bagaimana mengatur hak akses, control dan lainnya, sebagai contoh jika user ingin sharing file atau folder maka user tersebut harus mengetahui bagaimana melakukan sharing dan mengatur hak skses sharing file.

·         Dari segi kemanan menjadi kurang baik, setiap komputer bisa melakukan akses satu sama lain dan bertindak sebagai server ataupun client, sehingga jika sebuah komputer katakanlah terinfeksi virus ataupun malware maka komputer yang lain akan dengan mudah juga terinfeksi.

 

Demikian artikel pengertian jaringan peer to peer dan kelebihan kekurangannya semoga bermanfaat untuk kita semua.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment