Soloensis

PERAN PENTING MEDIA SIBER

Dalam berselancar menggunakan akses internet tentunya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak melampaui batas hukum yang sudah ditetapkan dalam Undang-Undang ITE. Meskipun sebagai user kita memang sudah diberikan kewenangan berpendapat dan berekspresi dalam dunia digital. Namun, harus memperhatikan betul konten yang akan dipublikasikan kedalam media, baik konten itu berupa artikel, foto, suara, dan video. Apalagi pada saat ini kapasitas pemakain internet sudah bisa diakses oleh anak dibawah umur yang sudah bisa mengaksesnya. Dimana notabennya internet saat ini sensitif sekali dengan isu-isu yang mudah menjadikan propaganda yang tidak seharusnya bisa diakses oleh kalangan anak kecil.

Internet sekarang sudah mampu merajai segala bentuk bidang seperti bisnis, edukatif, pendidikan, informasi dan komunikasi. Media memang bisa digunnakan segabagi wadah untuk melakukan kegiatan tersebut. Oleh karena itu, kegiatan yang dilancarkan pun tidak terlepas dari ruang lingkup media siber itu sendiri. Beberapa hal yang tidak dianjurkan untuk diterapkann didunia digital sebagai berikut:

 

1. Dilarang memuat konten berisi bohong (hoax), fitnah, dan sara.

Dalam opsi ini, media memang bisa dijadikan ajang untuk membuat diri kita sebagai user lebih unggul dibandingkan dengan user lainnya. Akan tetapi banyak sekali kasus yang mengandung konten berisi fitnah dan menjatuhkan pamor satu sama lain dengan cara yang tidak etis hanya untuk sebuah ketenaran.

2. Konten propokatif

Sesama pengguna media kita tidak boleh berkoar-koar dimedia yang bisa memicu pertengkaran antar kedua belah pihak atas dasar perbedaan pendapat yang sejatiya itu adalah sebuah opini yang belum tentu kejelasannya. Karena konten yang mengandung unsur provokasi ini nanti jatuhnya bisa menimbulkan tindakan kekerasan.

Jika kita sudah merasa menerapkan penjelasan diatas ketika mengakses media menngunakan internet, maka tetunya kalian sudah menjadi smart people. Akan sangat dramatis apabila ada orang yang menerapkan perbuatan tersebut yang nantinya juga akan mempengaruhi perilakunya terhadap lingkungan sekitar. Selanjutnya kita akan membahas mengenai peranan penting apa yang dilakukan oleh media siber.

1. Melawan arus yang menyimpang atau hoax

Hoax akan selalu ada dan dismeatkan disetiap celah yang mewarnai media pemberitaan yang terdapat dimedia massa. Apalagi ketika dihadapkan dengan musim-musimnya politik yang sangat kental dengan kekuasaan yang sensitif sekali dengan perilaku masyarkat. Maka dari itu media siber hadir diperuntukkan memfilter dan menyajikan pemberitaan yang berimbang.

 

2. Menyajikan pertanggung jawaban

Disetiap konten yang akan diberitakan dimedia sosial tentunya harus mendapatkan verifikasi dan memiliki pertanggung jawaban yang jelas kepada pembaca. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan data yang sesuai dengan apa yang disampaikan oleh pengunggah konten.

 

3. Menyunting konten

Media siber memiliki kewenangan penting dalam menghapus dan melakukan tindak koreksi setiap konten yang diunggah pengguna yang melanggar ketentuan mengenai Undang-undang yang sudah ditetapkan.

Mungkin dengan beberapa penjelasan diatas kita sebagai pengguna media bisa lebih berhati-hati dan bijak dalam mengakses media. Tidak hanya menikmati keuntungannya saja tetapi juga harus mengetahui kerugian yang akan diterima apabila bertindak ceroboh dan senonoh dalam penggunaannya.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment