Soloensis

MEMORI LINTAS WAKTU

Solopos salah satu surat kabar harian Kota Solo. Masyarakat Soloraya tentu sudah tidak asing lagi dengan Solopos, hingga muncul tagline Ingat Solo Ingat Solopos, Solopos korannya wong Solo. Solopos kenangan sekaligus awal karya saya menapak ke publik. Saya menuliskan puisi berjudul Goresan Duka pada 30 Desember 2004 sebagai bentuk support sodara kita di Aceh yang terkena tsunami 2004, ini karya saya yang pertama kali dimuat media dalam rubrik sajak remaja edisi 9 Januari 2005. Saya kelas II SMP saat itu hanya sekedar menulis, tak berpikir untuk dipublikasi ke mana pun. Tak disangka diapresiasi dengan dimuatnya puisi saya oleh Solopos pada rubrik yang muncul hari minggu, saya bingung karena tak pernah mengirimkan. Ini yang menjadi kenangan, mamah yang berinisiatif mengetik tulisan tangan saya dengan mesin tik, maklum saat itu belum punya PC apalagi laptop. Setelah selesai diketik dimasukan amplop, lalu papah saya yang mengirimkan langsung ke kantor Solopos. Senin di minggu berikutnya sepulang sekolah diantar (Alm) Mbah Kung dengan motor 2 tak, untuk mengambil honor.
Saya mulai berani untuk menampilkan karya saya kembali yang dimuat pada edisi 11 Februari 2007, di sini akhirnya saya mulai tertarik dalam dunia menulis puisi. Pada saat mahasiswa saya makin gemar menulis tak hanya puisi, saya kembali diberi kesempatan tulisan saya dimuat mengisi rubrik Ah Tenane terkenal ikon Jon Koplo dengan judul Awas Pecah pada 20 Februari 2013. Itu menjadi pemicu agar lebih baik menulis, agar pantas dipampang dan mengisi rubrik di Solopos.
Di lain sisi saya salah satu anggota KTI Manahan yang turut serta menjadi bagian dalam pergelaran event Kota Solo, kebetulan 3 kali berturut kami menampilkan Ogoh-ogoh raksasa dengan bentuk berbeda. Saya sebagian kecil dari warga solo yang turut partisipasi dalam event Kota Solo dalam tiap kesempatan yang tak lepas dari potretan juru warta Solopos.
Dan saya masih menyimpan tiap karya yang dimuat dan keikut sertaan event yang diabadikan oleh Solopos. Terimakasih Solopos.
#Soloensis

Solo, 3 November 2015
-P.Lugas.N-

Apakah tulisan ini membantu ?

Petra Lugas N

Alumni Admnistrasi Negara Fisip UNS. Hobi Menulis

https://petra-lugas.blogspot.co.id
fb : agku lugas soklat

View all posts

Add comment