Soloensis

SOLOPOS, MELEKAT DAN MEMIKAT

Nama saya Ulya Nurul Azizah, mahasiswi semester satu Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNS. Mengenai pengalaman menarik terhadap Harian Solopos, jujur saja saya baru mengenalnya dalam tiga bulan terakhir ini, karena sebelumnya saya berkedudukan di luar wilayah Solo Raya. Namun hal itu bukan menjadi penghalang bagi saya untuk tidak menyukai dan merasa nyaman terhadap Harian Solopos, hal ini dikarenakan adanya banyak faktor yang menjadikan Solopos patut dianggap sebagai harian terbaik di Solo Raya.
Saat saya membaca Harian Solopos, saya merasakan adanya kepuasan tersendiri. Hal ini saya rasakan ketika saya membaca Harian Solopos tentunya menjadikan saya merasa up to date terhadap kejadian yang terjadi di wilayah Solo Raya, Jawa Tengah, maupun mancanegara. Tak hanya itu, dengan membaca harian ini saya merasa nyaman sehingga saya dapat menyelesaikan bacaan hingga akhir, terkecuali kolom olahraga karena saya merasa tak memiliki peminatan dalam bidang tersebut. Kenyamanan ini terbentuk bukan tanpa alasan, saya merasa lay out pada Harian Solopos sangat baik, ditunjukkan dengan penataan isi yang tersusun baik dan memudahkan untuk dibaca. Selain itu, karena penggunaan bahasa yang sederhana dan luwes, isi yang disampaikan mudah dipahami oleh pembaca. Juga kepadatan isi yang terdapat dalam berita yang disajikan. Saya pernah membandingkan Harian Solopos dengan harian lain tertanggal 24 Oktober 2015 dimana saya menemukan kejanggalan pada harian lain. Trending topic yang disediakan dua harian itu sama, yaitu menyangkut kabut asap yang terjadi di wilayah Kalimantan. Namun saat membaca harian tersebut, saya merasakan ada yang hilang, dimana berita yang disampaikan tak seakurat yang terdapat pada Harian Solopos. Hal ini memberikan asumsi bahwa harian tersebut tidak sebaik Harian Solopos.
Tentunya tidak hanya berita dan berita melulu yang disajikan dalam harian ini. Sebagai penyegar, harian ini menyediakan kolom rehat yang tentunya akan membuat senyum kita mengembang dengan sendirinya. Selain rehat, juga terdapat cesspleng yang menyediakan berbagai info seperti iklan kecik, acara hari ini, teka-teki silang dan lain sebagainya. Yang paling saya sukai adalah kolom teka-teki silang yang akan menciptakan rasa keingintahuan sehingga kita akan berusaha mencari jawaban dan tentunya menambah wawasan bagi yang membaca.
Untuk saya sendiri, karena saya adalah mahasiswi yang memiliki kebidangan di tata bahasa, saya ingin menjadi penulis aktif. Saya ingin dengan usaha-usaha yang saya lakukan akan memberikan hasil yang memuaskan dan diapresiasi sebagaimana isi yang dimuat dalam harian ini. Semoga dengan media cetak sebaik ini, minat remaja atau bahkan anak-anak akan meningkat yang pada akhirnya akan memberikan efek positif terhadap perkembangan pemikiran masyarakat Indonesia.
#soloensis

Apakah tulisan ini membantu ?

ulya nurul azizah

Mahasiswi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

View all posts

Add comment