Soloensis

Ini Yang Akan Terjadi Jika Kita Rutin Melakukan Olahraga Ini

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
54551

Olahraga merupakan serangkaian gerakan yang dilakukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Banyak sekali jenis olahraga yang ada pada saat ini.  Salah satunya adalah jogging. Jogging adalah olahraga yang mudah untuk dilakukan. Jogging merupakan olahraga yang digemari oleh banyak kalangan, mulai dari remaja, dewasa hingga lansia. Apakah perbedaan lari dan jogging?

Menurut Dr.George Sheehan, jongging adalah aktivitas berlari dengan kecepatan 9,7 km/jam. Apabila melewati kecepatan tersebut dapat dikatakan lari. Jogging mempunyai banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh kita. Jika kita melakukanya dengan rutin dan benar.

Beberapa manfaat jogging yang pertama adalah meningkatkan daya tahan tubuh karena dapat meningkatkan sel-sel darah merah dalam tubuh. Manfaat yang kedua adalah meningkatkan massa otot karena pada saat jogging metabolisme berjalan dengan cepat. Manfaat yang ketiga adalah mengatasi hipertensi karena dapat melancarkan aliran darah sehingga dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Manfaat yang keempat adalah meningkatkan stamina tubuh karena dapat menghasilkan energi dari metabolisme tubuh.

Menurut Rachmad Wishnu Hidayat, jogging adalah lari santai yang bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, jogging dapat meningkatkan kadar klestrol baik dan menurunkan tingkat kolestrol jahat. Manfaat lain dari jogging adalah dapat menghilangkan stress dikarenakan kita bisa bercengkrama langsung dengan alam. Selain itu, oksigen yang kita hirup kualitasnya akan lebih baik sehingga dapat membuat pikiran kita menjadi lebih tenang.  Jadi, jogging bisa menjadi pelarian/penenang dari masalah-masalah yang kita hadapi seperti tumpukan pekerjaan, konflik dengan teman atau keluarga dan bahkan banyaknya tugas-tugas perkuliahan.

Terkadang seseorang malas berolahraga karena jadwal yang padat setiap harinya. Begitu juga halnya dengan mahasiswa yang padat dengan jadwal perkuliahan sehingga tidak ada waktu untuk berolahraga. Namun, semua itu tidak menutup kemungkinan untuk tetap dapat berolahraga demi menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh,seperti jogging tersebut. Jogging dapat dilakukan di pagi hari ataupun di sore hari. Jika kita tidak ada waktu untuk melakukannya dipagi hari, kita bisa melakukannya disore hari. Olahraga ini tidak harus dilakukan setiap hari. Kita bisa melakukannya seminggu sekali. Misalnya, setiap akhir pekan atau hari-hari libur lainnya. Semua manfaat tersebut akan kita dapat asalkan kita rutin melakukannya walaupun hanya satu kali dalam seminngu.

Begitu banyak sekali manfaat yang kita dapat dari berolahraga secara rutin dan benar. Oleh karena itu, marilah kita rutin berolahraga. Salah satunya adalah jogging tersebut. Agar tubuh kita menjadi sehat dan jauh dari penyakit.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
54551

Sandi Pranata Sembiring

Add comment