Soloensis

Menopouse pada perempuan dan andropouse pada laki laki

Pengalaman menarik bersama Solopos

Pengalaman menarik saya bersama Solopos adalah tentang ” Kesehatan ” yang pernah di ulas singkat di harian Solopos beberapa bulan yang lalu ” tentang hal menopouse pada perempuan dan andropouse pada laki laki ”

Perempuan kalau sudah tidak menstruasi berarti perempuan itu dikatakan menopouse dan laki laki kalau sudah kehabisan hormon berarti bisa dikatakan andropouse. Laki laki andropouse sudah tidak kuat berhubungan dengan istri, apalagi dengan perempuan muda. Kalau dipaksakan akan mati ditengah jalan. Laki laki seperti itu harus sadar untuk mengasihi istrinya sendiri, tidak mencari pandangan wanita lain, kata Dr. Hadi dari Surabaya. Dan istri sebagai pasangannya harus menerima apa yang terjadi setelah lanjut usia. Harus saling mencintai dan selalu musyawarah.
Penanganannya, komunikasi dengan pasangan merupakan kunci utama, tegas Dr. Hadi Winarso RSUD Dr. Sutomo Surabaya.

Dalam menangani andropouse, penting rajin berolah raga dan menerapkan pola hidup sehat. Membiasakan diri mengkonsumsi makanan rendah kolestrol dan menjaga berat badan seimbang.
Istri mengajak suami ber-rekreasi, rajin berdoa, memberikan dukungan supaya percaya diri, karena laki laki masa lansia sudah sering lupa ingatan jangan mengolok-olok.

Penulis,
Christina Sumaryati
Griya Trunuh Indah B2 Klaten Selatan
Hp. 081 2271 9472

Apakah tulisan ini membantu ?

Christina

Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga berumur 70 tahun lebih, mempunyai 4 anak,
4 cucu dan 1 cicit.
Tinggal dengan suami tercinta 50 tahun lebih berumahtangga,
' Perkawinan Emas- pun " sudah saya lewati 2 tahun yang lalu..
Hidup dalam kesederhanaan, tetap jaga kesehatan sekaligus kehidupan Rohani yang seimbang.

View all posts

Add comment