Soloensis

Stonehenge Cangkringan Merapi Sleman, Spot Wisata Rasa Eropa

Pernah dengar Stonehenge? itu loh salah satu situs sejarah dunia di negara Inggris. Keberadaan bangunan bebatuan itu diyakini sudah ada sejak zaman purba dulu, bentuknya unik yakni terdiri atas bebatuan berjejer kokoh membentuk lingkaran. Nah, bagi kawan yang hendak ke sana, tapi terkendala ongkos dan jarak. Kini tak perlu lagi jauh-jauh ke Inggris, sebab bisa menjumpai bangunan serupa di Yogyakarta diberi nama wisata Stonehenge Cangkringan Merapi Sleman, bentuknya sangat mirip seperti aslinya.

 

Tempat wisata unik Yogyakarta ini baru saja diresmikan sekitar akhir 2016 silam. Susunan bebatuan sepanjang 4 meter membentang di area seluas 200 meter persegi berasal dari sisa-sisa erupsi dahsyat Gunung Merapi pada tahun 2010. Walaupun tergolong destinasi wisata baru Jogja, tapi sudah dibanjiri pengunjung, terutama dari kalangan remaja.

Sebenarnya sah-sah saja bila wisatawan tertarik berkunjung ke sini, sebab bentuk bangunan unik dan memiliki pemandangan alam mempesona, meskipun bangunan Stonehenge tersebut hanya replika. Belum lagi hamparan rumput hijau jadi alas gugusan batu raksasa serta langit biru membentang. Datang ke lokasi wisata, ketika cuaca mendukung tentu menjadi momen menyenangkan.

Siap pun tahu kalau Provinsi Yogyakarta punya banyak sekali tempat wisata instagramable. Tak heran apabila banyak wisatawan datang kemari untuk sekedar berselfie ria. Tentunya Stonehenge Merapi Sleman menjadi pilihan terbaru buat kawan memiliki hobi berburu spot foto ciamik. Dijamin deh hasil foto mu bakal terlihat bagus diantara bangunan Stonehenge berlatar belakang alam.

Wisata unik Yogyakarta ini berada di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi wisata masih satu kawasan dengan The Lost World Castle, itu loh objek wisata mengusung konsep serupa namun spot di sini lebih mirip bangunan tembok cinta.

Kabar baik bagi kawan hendak liburan di sini, pasalnya hingga sekarang pihak pengelola wisata belum juga menentukan harga tiket masuk, hanya saja wisatawan perlu membayar biaya parkir yang telah ditentukan oleh warga sekitar, kurang lebih Rp. 5.000 per kendaraan.

Sekian informasi mengenai salah satu tempat wisata di Jogja yang unik dan Instagramable. Jika tertarik, silahkan dikunjungi.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Dezanda Dilan

    yuk traveling

    View all posts

    Add comment