Soloensis

Wisata Jogja

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

WISATA JOGJA

(Wisata Budaya, Wisata Pendidikan, Wisata Kuliner, Wisata Alam)

 

Daerah Istimewa Yogyakarta atau lebih sering disebut Jogja, adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak sekali destinasi wisata untuk menyegarkan kembali fikiran anda setelah sekian lama beraktivitas maupun bekerja.

Sebagai kota wisata, Jogja memiliki banyak sekali tujuan wisata, dari wisata budaya, wisata pendidikan, wisata kuliner, serta yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah wisata alam berupa pantai dan pegunungan.

Wisata Jogja – wisata Budaya

Jogja, yang berawal dari sebuah Kasultanan, tak akan lepas pengaruhnya dari perkembangan dan sejarah bangsa Indonesia. Kehidupan masa lalu dari sistem kerajaan menyisakan bukti-bukti yang masih terawat dengan sangat baik oleh pemerintah sehingga wisatawan sekarang dapat menikmati sejarah tersebut dengan mengunjungi bukti-bukti sejarah tersebut.

Bukti sejarah yang dimasukkan dalam kelompok wisata budaya di Jogja ini diantaranya adalah Kraton Yogyakarta yang sampai detik ini masih digunakan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk kegiatan adat maupun kenegaraan.

Terdapat juga Candi Borobudur yang pernah menjadi bagian dari 7 Keajaiban Dunia, Candi Prambanan yang sarat dengan kisah legenda asmara Roro Jonggrang, Candi Ratu Boko, dan banyak candi-candi lannya

Selain itu beberapa destinasi wisata Jogja yang termasuk wisata budaya adalah Tamansari, Benteng Vredeburg, Museum Merapi, Monumen Jogja Kembali.

Wisata Jogja – wisata Pendidikan

Jogja sudah lama menyandang ikon sebagai kota pendidikan. Hal tersebut tidak lepas dari banyak berdirinya kampus-kampus ternama di Jogja, baik kampus negeri maupun swasta. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Jogja, wisata pendidikan juga bisa menjadi pilihan dalam rangka mengisi rangkaian selama menikmati wisata Jogja.

Wisata Jogja yang dimaksudkan adalah melakukan kunjungan-kunjungan ke kampus-kampus ternama di Jogja, terutama bagi wisatawan yang membawa serta putra-putrinya selama berwisata di Jogja. Kampus-kampus pilihan di Jogja yang layak dijadikan referensi kunjungan selama wisata di Jogja adalah Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan masih banyak kampus-kampus besar dan ternama lainnya yang tersebar di seluruh penjuru Jogja

Wisata Jogja – wisata Kuliner

Dengan banyaknya pengunjung wisatawan yang datang dari berbagai wilayah, baik wisatawan maupun mancanegara, tentunya tak lepas dari keinginan para wisatawan untuk mencicipi kuliner khas Jogja yang bervariatif, baik dari segi citarasa maupun tampilan menu kuliner khas Jogja.

Dengan semakin berkembangnya dunia wisata Jogja, maka semakin berkembang pula wisata kuliner di Jogja. Pertumbuhan variasi menu dicontohkan misalnya pada menu gudeg yang merupakan makanan khas Jogja, yang dulunya terkenal dengan rasa manis, sekarang sudah bermunculan gudeg dengan citarasa gurih dan pedas. Pertumbuhan lainnya juga terlihat pada banyaknya bermunculan resto dan cafe-cafe baru dengan konsep-konsep yang menarik untuk dikunjungi seperti Heha Sky View dan Abhayagiri Resto dimana wisatawan bisa melakukan makan malam di atas bukit dengan berbagai modern menu sambil melihat-lihat pemandangan berupa kerlap kerlip lampu di seluruh wilayah kota Jogja. Dan masih banyak lagi resto-resto pilihan yang bisa dijadikan lokasi untuk menikmati hidangan bersama keluarga di sela-sela kunjungan wisata Jogja seperti Raminten House, Lemah Ledok, Mbok Berek, dll.

 

Wisata Jogja – Destinasi Alam

Wisata Alam Jogja adalah wisata terbaik yang layak dikunjungi oleh siapapun wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Karakter alam Jogja yang dikelilingi oleh karya Tuhan dengan batas utara berupa gunung Merapi, batas timur dan barat berupa perbukitan, serta batas selatan berupa pantai yang terhubung langsung dengan Samudera Hindia, menjadikan Jogja memiliki wisata alam yang sangat bervariatif, dari wisata pegunungan, air terjun, sumber mata air, serta panta-pantai yang eksotis untuk dikunjungi wisatawan.

Wisata pegunungan terdapat di bagian utara dan barat Jogja, yaitu wisata Lava Tour Merapi dan Bukit Klangon untuk menikmati pesona kegagahan gunung Merapi. Ada pula Kebun Teh Nglingo di Kulonprogo untuk menikmati Gunung Merapi, Merbabu dan Gunung Sumbing sekaligus. Sedangkan Wisata air terjun terdapat di Tlogo Putri, Kedhung Pedhut dan Taman Sungai Mudal

Pantai Jogja adalah pantai yang memiliki karakter berombak sedang karena merupakan pantai yang menyatu dengan samudera Hindia, banyak karang, serta memiliki pasir putih di sebagian wilayah pantai

Dilhat dari jenis karangnya, pantai jogja dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu pantai untuk berswafoto, dan pantai untuk berenang. Pantai berswafoto contohnya pantai Timang, Pantai Teras Kaca dan Heha Ocean View. Sedangkan pantai untuk berenang adalah pantai parangtritis, pantai Baron, pantai Kukup

Di setiap pantai Jogja juga memiliki banyak permainan dan fasilitas. Contohnya pantai parangtritis memiliki hamparan pasir yang luas untuk berenang, dan dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, andong, jasa foto, sewa atv dan jeep. Ada juga pantai Timang dimana untuk menuju ke pantai dan berswafoto dilakukan dengan keseruan menggunakan jeep melintasi alam berbatu. Ada juga pantai Sadranan yang biasa digunakan untuk snorkeling ringan. Ditambah pantai Drini dengan fasilitas kayak. Ada juga pantai Kukup yang bisa berwisata berenang atau mencari ikan laut di sekitaran karang-karang.

Akses ke pantai

Pemerintah Daerah istimewa Yogyakarta di bawah kepemimpinan Sri Sultan HamengkuBuwono X, yang merupakan raja Kesultanan Ngayogyakarta sekaligus Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, mencanangkan gerakan Yogyakarta sebagai daerah wisata yang akan membuat semua pengunjung merasa puas terhadap kunjungannya di Jogja dan berharap akan merekomendasikan ke sanak saudara dan khalayak umum tentang eksotismenya wisata Jogja

Gerakan pertama pemerintah adalah membuat akses jalan menuju pantai yang layak serta memadai untuk wisatawan berkunjung ke pantai-pantai jogja. Setiap akses jalan menuju pantai Jogja dibuat lebar dan mulus, dilakukan inspeksi dan perbaikan rutin, serta penambahan rambu juga marka-marka sepanjang jalan menuju pantai Jogja. Wisatawan dapat berkunjung ke pantai menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan jasa tour yang ada di kota Jogja. Menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan bisa mengikuti papan rambu menuju pantai Jogja atau menggunakan aplikasi peta yang ada di smartphone. Sementara menggunakan jasa tour travel, wisatawan dapat menggunakan jasa wisata all in yang disediakan oleh para pelaku wisata jogja.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

rian ambrowo

Seorang praktisi SEO | Menyukai Wisata | berbisnis jasa dan perdagangan | Tertarik belajar internet marketing

Add comment