Soloensis

Soal Momen Inersia

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Apa itu momen inersia? momen inersia merupakan ukuran kecenderungan/kelembaman suatu benda (objek) untuk mempertahankan kelembamannya atau kecepatan sudutnya pada gerak rotasi terhadap sumbu/poros rotasinya. Inersia juga disebut sebagai kelembaman.

Dalam hukum newton I terdapat isi jika sebuah benda yang diam akan tetap diam dan benda yang bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan dan arah yang sama kecuali ada gaya luar (eksternal) yang mengubahnya. Oleh karena itu, hukum Newton I juga disebut sebagai hukum Inersia atau hukum Kelembaman.

Merupakan pelajaran Fisika yang terkadang membuat kita bingung,sebenarnya bila kita bisa memahami lebih dalam maka akan terbantu sekali dalam menyelesaikan soal ini. Kali ini kami akan membagikan artikel tentang soal momen inersia untuk anda yang sedang mencari referensinya dalam artikel ini.

Contoh Soal Momen Inersia

Jelaskan konsep momen inersia secara singkat!

Jawaban :

Momen inersia merupakan ukuran kecenderungan suatu benda untuk mempertahankan keadaannya atau kecepatan sudutnya untuk benda yang bergerak rotasi terhadap sumbu rotasinya. Momen inersia berjalan sesuai dengan hukum Newton I dan sumbu/poros rotasinya akan menentukan besar momen inersia.

Faktor yang mempengaruhi momen inersia yaitu massa benda, bentuk/geometri benda, posisi sumbu putar dan jarak ke sumbu putar (lengan momen). Secara sederhana, momen inersia merupakan perkalian antara antara massa benda dengan kuadrat lengan momennya dan berbanding lurus dengan keduanya.

 

Apakah anda mengerti dengan contoh soal tadi? semoga saja dapat terbantu untuk anda yang sedang mencari referensinya bisa mengunjungi juga bacaboy.com sebagai bahan referensi anda mencari soal dan jawaban akurat soal pelajaran-pelajaran.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Inestasia Andriani

Add comment