Soloensis

Mulai Dari Anti Kanker, Berikut Beberapa Manfaat Bawang Dayak bagi Kesehatan

Bawang dayak dikenal juga dengan sebutan bawang sabrang, bawang tiwai dan bawang ajaib. Jenis bawang yang berasal dari Amerika ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. 

Selama ini, bawang dayak seringkali dimanfaatkan sebagai obat herbal oleh masyarakat Indonesia, khusunya di daerah Pulau Kalimantan. 

Bawang dayak efektif mencegah dan mengobati berbagai penyakit mulai dari anti kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, batu ginjal, stroke, kolestrol tinggi. 

Penamaan bawang dayak ini berasal dari suku asli Kalimantan, yaitu suku dayak. Sejak dahulu, masyarakat Kalimantan telah membudidayakan bawang dayak sebagai obat alami. Bawang dayak banyak dijadikan olahan manisan dan campuran minuman herbal. 

Manfaat bawang dayak ini berasal dari kandungan bawang dayak berupa zat alami seperti alkaloid, steroid, flavonoid, glikosida, tannin dan felonik yang berkhasiat bagi kesehatan. 

Jika diperhatikan, perbedaan antara bawang dayak dengan bawang merah akan terlihat dari segi bentuknya yang terlihat lebih lonjong dibanding bawang merah.

Setelah berhasil merangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat dari bawang dayak bagi kesehatan. 

  • Manfaat Bawang Dayak Menjadi Antri Kanker

Bawang dayak mengandung senyawa naphtokuinones. Jenis senyawa ini dipercaya sebagai agen anti kanker dengan senyawa lainnya. 

  • Mengobati Batu Ginjal

Sifat bawang dayak yang deuretik memiliki fungsi menurunkan kadar kalsium dan membantu menurunkan pH dari air seni. Dua hal ini akan membantu dalam mengobati batu ginjal. 

  • Menurunkan Kadar Gula Darah 

Bawang dayak mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida dan saponin. Macam macam senyawa tersebut memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah, sehingga dengan mengkonsumsi bawang dayak akan bagus bagi Anda penderita diabetes. 

  • Mencegah Gangguan Kesehatan Jantung 

Bawang dayak juga mamp mengobati gangguan jantung Anda. Lebih tepatnya, bawang dayak dipercaya mengobati penyakit serius seperti jantung koroner. 

Penyakit koroner adalah kondisi ketika pembuluh darah jantung tersumbat oleh timbunan lemak. Kandungan felonik yang ada dalam bawang dayak akan mampu membantu Anda mencegah penyakit jantung koroner. 

  • Manfaat Bawang Dayak untuk Antiaging 

Bawangdayak memiliki sifat antioksidan dan memiliki kandungan flavonoid, fenolat dan tanin yang berfungsi membasmi radikal bebas dalam tubuh. 

Radikal bebas yang masuk dalam tubuh mampu merusak sel dan menyebabkan penuaan dini pada diri Anda. Sifat antiaging yang ada dalam bawang dayak ini dapat Anda manfaat sebagai campuran krim kulit. 

Krim kulit yang menggunakan bawang dayak sebagai campuran berpotensi antioksidan yang tinggi. Bawang dayak mampu mencerahkan wajah dan mencegah timbulnya bintik hitam pada wajah Anda. 

  • Mengatasi Infeksi

Seperti yang disebutkan di atas jika bawang dayak memiliki antioksidan yang berkerja efektif dalam menjaga kesehatan tubuh Anda. Sifat antioksidan dalam bawang dayak mampu menghambat dan mematikan pertumbuhan virus, bakteri dan jamur yang menyebabkan penyakit. 

  • Antiinflamasi

Sifat antiinflamasi yang dimiliki bawang dayak berguna sebagai obat peradangan. Bawang dayak dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti radang sendi, amandel, hepatitis dan penyakit peradangan lainnya. 

Kandungan flavonoid bawnag dayak berperan sebagai antiiflamasi yang ada di dalam bawang dayak mampu menyembuhkan beragam penyakit yang disebabkan peradangan. 

  • Obat Flu

Kandunga glikosida dalam bawang dayak dapat membantu Anda untuk mengobati flu. 

Nah, itulah beberapa manfaat dari bawang dayak bagi kesehatan yang mungkin jarang diketahui. 

Saat ini sudah banyak masyarakat Indonesia yang turut budidaya bawang dayak karena memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Banyak juga masyarakat yang jual bawang dayak, sehingga jenis bawang ini sudah mudah untuk kita temui. 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    lentera mata

    Hallo saya lenteramata, blogger pemula. Jika kalian menyukai tulisan saya, kunjungi web lenteramata.com

    View all posts

    Add comment