Soloensis

Pengobatan Ala Islam di RS Medical Hacking

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Pengobatan sebetulnya adalah sebuah kebudayaan atau tradisi untuk menyelamatkan diri dari penyakit yang sedang menyerang. Pengobatan ini tidak hanya dipengaruhi oleh ilmu pengetahuan semata, namun juga dipengaruhi oleh keyakinan, kepercayaan, lingkungan, dan kebiasaan. Maka kita akan menemukan pengobatan ala China yang menggunakan berbagai metode sesuai dengan tradisi China, atau pengobatan ala Islam yang menggunakan berbagai metode sesuai dengan tradisi keagamaan Islam.

Dilansir dari Republika (2/3/2018), Wakil Sekretaris Jenderal MUI, Tengku Zulkarnain menjelaskan bahwa pengobatan apapun bentuknya yang datangnya dari ilmu tabib baik dari Cina maupun Arab bahkan modern hakekatnya diperbolehkan secara prakteknya. Termasuk jenis pengobatan alternatif ala Indonesia juga diperbolehkan dalam praktek kesehariannya. Meski kita menggunakan pengobatan ala tabib China maupun Arab bahkan pengobatan tradisional, namun pengobatan modern seperti dengan suntikan untuk vaksin bukan hal yang harus dihindari. Ilmu kesehatan itu adalah ilmu dunia yang terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Di Islam sendiri terdapat berbagai jenis pengobatan yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang ada. Terdapat dengan metode ruqyah, metode dzikir, puasa, habbatus sawdah, madu, dan termausk bekam. Dua diantaranya digukan oleh RS Medical Hacking untuk membantu penyembuhan penyakit, yaitu penggunaan madu dan bekam.

Berikut beberapa manfaat penggunaan madu dan bekam untuk proses penyembuhan.

1.     Bekam.

Bekam sendiri sebetulnya bukan hanya metode yang digunakan di dalam Islam, dilansir dari Alodokter, bekam juga digunakan oleh para tabib dari Tiongkok sebagai metode pengobatan. Bekam ini telah digunakan selama ratusan tahun lalu dan dinilai ampuh untuk mengobati dan meredakan rasa sakit pada bagian tubuh tertentu. Biasanya metode bekam ini digunakan untuk menyembuhkan rasa sakit yang ada pada punggung, perut, lengan, bokong, tangan, maupun kaki.

Dulu, sebelum masa modern, bekam dilakukan dengan membakar terlebih dahulu bagian yang sakit untuk kemudian ditutup oleh cangkir sehingga saat udara didalam cangkir mulai mendingin akan menyebabkan melebarnya pembuluh darah dan memerahnya kulit. Namun di era modern ini tidak lagi dilakukan pembakaran pada tubuh. Untuk menarik kulit dan menghasilkan tekanan saat ini terapis menggunakan pompa karet untuk menarik kulit.

Bekam ini sendiri terbagi emnajdi dua, yaitu bekam kering dan bekam basah. Bekam kering biasanya tidak dikeluarkan darah dalam cangkir bekam, namun pada bekam basah tubuh akan berikan sayatan atau tusukan kecil sehingga darah akan keluar dari tubuh.

Bekam ini dinilai dapat menyembuhkan beberapa penyakit karena dinilai mampu memperlancar pembuluh dara, merangsang kinerja saraf, membuat tubuh jauh lebih rileks, dan meningkatkan imunitas tubuh. Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan metode bekam adalah migrain, tekanan darah tinggi, kelainan darah, rematik, masalah kesuburan, depresi, kecemasan, varises, herpes, nyeri otot, masalah kulit seperti jerawat, dan beberapa penyakit lainnya.

2.     Madu.

Madu adalah semacam cairan yang berasal dari lebah. Madu ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Madu dapat meningkatkan stamina dan menjaga imunitas tubuh. Madu sendiri mengandung banyak senyawa aktif alam yang baik bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin K, vitamin B kompleks, vitamin C , flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid. Berikut berbagai manfaat yang disajikan oleh madu untuk penyembuhan dan terapi.

a.     Meningkatkan imunitas tubuh

Senyawa fitonutrien yang terdapat didalam madu memiliki fungsi untuk memperkuat sel sel imunitas didalam tubuh kita. Madu juga memiliki khasiat anti bacterial dan anti jamur, maka dari itu semakin menambah manfaat madu untuk menjaga imunitas tubuh. Dengan meningkatnya imunitas tubuh maka diri ini akan terhindar dari jenis penyakit infeksi.

b.     Menjaga kesehatan pencernaan

Madu juga dinilai sebagai prebiotic dimana prebiotic ini mendukung pertumbuhan bakteri baik didalam usus. Bakteri baik inilah yang akan menjaga kesehatan pencernaan kita.

c.     Mempercepat penyembuhan luka

Madu dinilai memiliki manfaat untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Madu membantu menyingkirkan jaringan yang mati dan membunuh bakteri yang ada pada luka, sehingga luka yang ada lekas sembuh. Madu juga merangsang untuk pertumbuhan kutu baru. Madu mampu untuk menyembuhkan luka bakar, lecet, bahkan luka diabetes.

d.     Menangkal radikal bebas

Madu ini memiliki fungsi untuk mencegah kerusakan pada sel dan jaringan yang rusak karena aktivitas oksidasi. Hal ini dikarenakan berbagai senyawa yang ada pada madu merupakan senyawa antioksidan yang alami.

Madu dan bekam adalah metode yang digunakan di RS Medical Hacking. Metode ini digunakan untuk membantu penyembuhan tanpa obat. Sehingga kita dapat sembuh dari berbagai jenis penyakit yang menyerang secara alami tanpa menggunakan obat obatan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Frischa Aisya

Add comment