Soloensis

Jangan Sampai Ada Berita Hoax Diantara Kita

Di era digital ini masyarakat dipermudah dengan kemajuan teknologi. Terutama dalam bidang informasi dan komunikasi. Mudahnya penyebaran informasi dimulai dengan adanya jaringan internet. Dimana di zaman internet ini bisa dikatakan sekali klik maka kita bisa mengetahui berbagai informasi sesuai apa yang diinginkan. Contoh salah satu alat pencarian yang terkenal adalah google, atau yang biasa disebut mbah goole. Dengan mbah goole kalian bisa mencari informasi apa saja. Seperti cara memasak, model pakaian, hingga cara berjalan yang baik. Mbah google keren sekali bukan ?

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, maka dibuatlah suatu alat yang sangat simpel (bisa dikatakan alat yang cocok untuk generasi yang pingin instan dalam melakukan segala hal) yaitu handphone atau yang biasa disebut HP. Dengan HP yang tersambung dengan jaringan internet orang-orang bisa melakukan apapun, bahkan terbang sekalipun. Ya tentunya dengan membeli tiket pesawat terlebih dahulu secara online.

Untuk anak zaman sekarang ini HP adalah suatu barang yang bisa dikatakan tidak bisa lepas dari pemiliknya. Ditambah lagi dengan adanya medsos (media sosial) yang mempermudah orang-orang menyebarkan maupun menerima informasi tanpa harus saling bertemu. Misalnya seseorang yang mengunggah foto sedang minum air putih ke story whattshap atau instagram, maka siapa saja yang melihat story nya maka akan mengetahui bahwa dia sedang minum air putih. Dan mereka bisa saling tahu informasi satu sama lain tanpa harus saling bertemu.

Bisa dibayangkan sebagian besar orang mepunyai HP dan menggunakan medsos, dengan begitu akses informasi sangat mudah untuk diterima. Dengan begitu mudahnya akses informasi kita dapat sekarang ini tentunya akan berimbas pula pada sulitnya memfilter informasi-informasi yang kita konsumsi. Yang paling berbahaya adalah penggunaan media sosial untuk penyebaran informasi bohong atau hoax. Dimana dengan berita hoax dapat menimbulkan berbagai masalah mulai dari kebohongan, kebodohan, hingga permusuhan. Maka dari itu kita harus lebih berhati-hati ketika menggunakan media sosial. Jangan sampai ada berita hoax diantara kita. hehehe

 

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Kuncoro Nur

    Mahasiswa IAIN jurusan KPI

    View all posts

    Add comment