Soloensis

Baik Buruk Berselancar di Media Sosial

Menurut wikipedia, sosial media adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual. Secara singkatnya menurut saya sosial media adalah media yang digunakan untuk berinteraksi melakukan kegiatan bersosialisasi.

Media sosial yang sangat akrab ditelinga sangat banyak, ada facebook, instagram, twitter, dan lain-lain. Beberapa tahun yang lalu, facebook dan twitter yg memegang tongkat keemasan sosial media, tapi akhir-akhir ini instagram yang terdepan walaupun facebook dan twitter tidak mati begiti saja.

Berbicara soal media sosial, dimana segala aktifitas dapat dilakukan seperti menyukai unggahan pengunggah, chatting, berbagi foto dan video, bahkan videocall. Mengingat fasilitas berkomunikasi yang sangat memadai, tidak menutup kemungkinan sebuah sosial media memiliki kekurangan, maka dari itu ditulisan kali ini, saya akan mengulas baik buruknya media sosial dari sudut pandang mahasiswa komunikasi seperti saya.

 

Beberapa dari teman saya menilai bahwa sosial media banyak baiknya, mulai dari dapat melihat keluar dunia, dapat berinteraksi, dan memudahkan kehidupan. Tapi, jika dipikirkan lebih jauh, sosial media juga memiliki banyak kekurangan, dari yang paling kecil saja menurut saya yaitu tidak ada batasan untuk anak-anak atau sortiran yang pasti karena anak-anak sangat bisa mengakses, lalu banyak hoax karena semua bebas menyebarkan dan pembaca atau netizen mayoritas tidak bijak mencari kebenarannya, berbicara hoax media sosial atau sosial media yang sejatinya untuk bersosialisasi tapi digunakan untuk menyebarkan hal-hal tidak baik demi kepentingan seseorang. Jika hanya dalam lingkup dia sendiri saya sendiri tidak masalah, tapi jika sudah melibatkan antar kelompok bahkan suku atau bangsa tentunya akan membuat perpecahan, hal ini yang akan merusak bangsa Indonesia.

Terkadang sosial media juga dapat membuat kita terbahak-bahak, hal yang tidak penting bahkan tidak masuk akal dapat viral (terkenal dalam waktu singkat) dan membuat netizen yang lain beramai-ramai megikutinya baik hal positif maupun hal negatif.

 

 

jadi, baik buruknya sosial media kita sendiri yang menentukan. karena sosial media memiliki segudang kebaikan dan keburukan, semua itu tergantung bagaimana kita sebagai netizen menggunakannya. Jika kita menggunakan dengan bijak hal-hal baik pun akan datang menghampiri, sedangkan jika kita meggunakannya dengan salah maka hal-hal yang tidak baik yang akan datang menghampiri.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    putri kemala ariyani

    anak bontot yang mandiri
    suka tantangan yang berat bukan tantangan yang ringan
    cinta bangsa dan tanah air INDONESIA

    View all posts

    Add comment