Soloensis

4 Keuntungan Menggunakan Solar Panel

Memang tidak perlu diragukan kembali jika matahari merupakan sumber energi yang sangat kuat. Tak ayal jika banyak peneliti yang mencari cara untuk memanfaatkan, alhasil solar panel atau panel surya akhirnya terbentuk. Panel surya ini berfungsi untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Berikut beberapa keuntungan dari penggunaannya.

 

Manfaat Panel Surya

1. Sumber Energi Tidak Terbatas

Panel surya bisa menjadi sumber energi yang tidak terbatas waktu, sebab cahaya matahari sendiri akan selalu ada hingga dunia ini berakhir. Bahkan matahari dapat menyediakan bahan bakar panas tersebut secara gratis, guna menyalakan sistem komponen elektrik yang ada di dalam rumah anda.

mastekno – Dengan memanfaatkan panel surya, anda hanya perlu menampung energi panas dari matahari di siang hari. Kemudian bisa menggunakan energi yang ditampung tersebut untuk menggerakkan berbagai alat kelistrikan di rumah sewaktu waktu. Sehingga dana yang digunakan untuk membayar tagihan listrik bisa diminimalisir.

 

2. Mengurangi Tagihan Listrik

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, anda dapat meminimalisir dana untuk biaya tagihan listrik bila menggunakan solar panel ini. Pasalnya kebutuhan energi listrik, sebagian dapat dipenuhi dengan energi yang dihasilkan oleh tata surya. Sehingga listrik PLN yang digunakan di rumah bisa dikurangi.

Selain itu, sistem panel surya ini biasanya terhubung ke jaringan. Sehingga jika anda menghasilkan kelebihan energi, maka memungkinkan untuk mengekspornya kembali ke jaringan dan mendapat pembayaran atas energi tersebut. Jadi dalam hal ini, tidak ada energi listrik dari tata surya tersebut yang terbuang percuma.

 

3. Produksi Energi Bersih

Penggunaan panel surya memungkinkan anda untuk mendapatkan energi yang bersih, tanpa adanya limbah yang dihasilkan. Berbeda dengan listrik yang dihasilkan dengan tenaga batu bara, energi yang memanfaatkan cahaya matahari ini tidak mengeluarkan emisi gas rumah kaca yang dapat menyebabkan pemanasan global. Sehingga penggunaannya terbilang ramah lingkungan.

 

4. Biaya Perawatan Rendah

Solar panel mempunyai biaya perawatan yang relatif rendah, atau dengan kata lain tidak membutuhkan banyak perawatan. Yang perlu anda lakukan hanyalah menjaganya untuk tetap bersih, cukup dibersihkan beberapa kali dalam setahun maka panel surya yang anda miliki akan tetap berfungsi dengan baik.

Namun jika ragu, anda juga bisa menghubungi perubahan pembersih khusus yang menawarkan layanan tersebut untuk berjaga jaga. Selain itu tidak ada perawatan khusus lainnya untuk panel surya. Akan tetapi biasanya inverter adalah salah satu bagian yang perlu untuk anda ganti, setelah panel surya digunakan bekerja terus menerus dalam kurun waktu 5 hingga 10 tahun.

Mungkin biaya awal untuk menghadirkan sistem tenaga surya ini memang terbilang cukup tinggi untuk sebagian orang. Namun setelah biaya awal, anda tidak perlu lagi mengeluarkan dana lebih karena perawatannya cenderung mudah. Penghadiran panel surya yang berkualitas seperti dari SUN Energy, tentunya akan membuat penggunaannya menjadi lebih efektif.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Saddam Ali

    Seorang dengan passion teknologi, marketing dan psikologi. Sedang meraih impian untuk membangun panti asuhan

    View all posts

    Add comment