Soloensis

Definisi dan Cara Kerja Solar Panel Water Heater yang Tak Banyak Orang Tahu

Mengenal Solar Panel

Meskipun sudah banyak digunakan dalam rumah tangga maupun gedung perkantoran, akan tetapi ternyata tak banyak orang tahu seputar cara kerja solar panel water heater tersebut. Dan apakah Anda di rumah juga termasuk salah satu orang yang tidak tahu bagaimana kinerja dari solar panel water heater tersebut? Apabila iya, maka ada baiknya Anda menyimak informasi seputar solar panel water heater dari mulai definisi dan cara kerjanya di artikel berikut ini.

 

Apa yang Dimaksud dengan Solar Panel Water Heater? 

 

Sebagai informasi, solar panel water heater merupakan sebuah pemanas air yang sering digunakan sebagai alat rumah tangga untuk memanaskan air dengan lebih cepat. Pemanas air ini hadir dengan memanfaatkan energi panas matahari, yang kemudian diubah untuk memanaskan air. Jika dibandingkan dengan sumber energi listrik ataupun gas, solar panel water heater tersebut memiliki banyak kelebihan di antaranya sebagai berikut.

 

  1. Dapat Menghemat Biaya Bulanan

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa penggunaan solar panel water heater dinilai lebih menghemat biaya bulanan lantaran pemanas ini menggunakan energi panas matahari. Yang mana, Anda bisa memperoleh sumber panas dari matahari secara gratis tanpa biaya sepeserpun. Dan karena panas matahari merupakan sumber energi alam yang dapat diperbarui, maka jumlahnya tidak terbatas.

 

  1. Penggunaannya Lebih Ramah Lingkungan

Solar panel water heater umumnya dinilai tidak mengeluarkan polutan negatif atau karbon dioksida yang dinilai membahayakan. Sehingga tidak mengherankan, jika penggunaan pemanas air ini dinilai lebih ramah lingkungan. Bahkan karena penggunaannya memanfaatkan sumber energi panas dari matahari, menjadikan pemanasan global akibat banyaknya polusi udara bisa berkurang.

 

  1. Lebih Awet dan Tahan Lama

Komponen solar panel water heater diketahui terbuat dari bahan-bahan berkualitas yang tahan terhadap karat dan cuaca, sehingga dinilai lebih awet dan tahan lama dalam penggunaannya. Jadi dalam hal ini, Anda tidak perlu bingung untuk menggunakannya dalam jangka waktu lama asalkan melakukan perawatan dengan baik.

 

  1. Memiliki Kapasitas yang Beragam

Anda bisa menyesuaikan penggunaan solar panel water heater sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Hal ini dikarenakan, alat pemanas air ini hadir dengan menawarkan banyak sekali kapasitas yang beraneka ragam. Dengan demikian, maka Anda nantinya bisa menyesuaikan dengan jumlah anggota keluarga dan kebutuhan dari air panas tersebut.

 

Bagaimana Cara Kerja Solar Panel Water Heater?

 

Mengenai cara kerja dari solar panel water heater sendiri, umumnya dibantu dengan alat berupa tabung air panas (storage tank) yang fungsinya hampir mirip dengan sebuah termos. Nantinya, tabung tersebut akan dihubungkan dengan panel konektor sebagai tempat untuk memanaskan air. Adapun panel ini berupa plate absorber sebagai kompor dan pipa-pipa penghubung, yang mana akan mengalirkan air panas dari panel konektor ke tabung air.  

 

Selanjutnya, pipa air dingin akan bergerak ke tabung air dan mengalir ke panel konektor sehingga terjadilah proses pemanasan air (biasanya memiliki suhu sekitar 60 derajat Celcius). Dan karena ada dorongan air dingin, maka mengakibatkan air panas tersebut akan mengalir menuju ke kran. Bahkan proses inilah yang nantinya akan ada percampuran antara air panas dengan air dingin, sehingga suhu air panas yang diperoleh akan lebih aman dan tidak berlebihan.

Setelah melihat ulasan mengenai definisi dan juga cara kerja solar panel water heater di atas, Anda tentu kini sudah paham bukan mengenai apa itu solar panel water heater beserta cara kerjanya?

 

Informasi selengkapnya, klik DI SINI

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment