Soloensis

Pemuda Indonesia Semangat Luar Biasa

Pada bulan Oktober kemarin, warga Indonesia merayakan Hari Sumpah Pemuda. Pada tanggal 25-27 Oktober 2018, para pemuda perwakilan dari unsur organisasi kepemudaan di Kota Surakarta mengikuti kegiatan Jambore Pemuda Solo yang diadakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta dan didukung oleh organisasi kepemudaan di Kota Solo seperti Solo Bersimfoni, JCI, PMI, Rotaract, Rotary, DPD KNPI,dan Kreasso. Kegiatan bertema Membentuk Sikap Kesalehan Sosial, Kemandirian dan Berbudaya. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari. Pada hari pertama, peserta mengikuti upacara pembukaan yang dibuka oleh Kepala Bidang Pemuda Dispora Kota Surakarta dengan Bapak Drs. Kelik Isnawan dan dilanjutkan dengan materi etika, membentuk karakter dan kepemimpinan,lagu-lagu nasional dan terakhir motivation character building yang bertempat di Solo Tecnopark.
Selanjutnya, pada hari kedua para peserta mengikuti kegiatan mandiri yang dimana peserta berdiskusi mempersiapkan project yang akan dikerjakan untuk keesokan harinya.Pada puncak acara peserta berkumpul di Halaman Balaikota Surakarta untuk melaksanakan apel pemberangkatan menuju titik lokasi.
Para peserta melaksanakan projectnya untuk mengabdi langsung kepada masyarakat yang bertempat antara lain di Griya PMI, SLB, Kraton Kasunanan Surakarta, Pasar Gede dan masih banyak lagi. Kegiatan ini diikuti oleh 150 peserta dari organisasi kepemudaan yang ada di Kota Solo. pada malam hari ada kegiatan Malam Apresiasi Seni yang bertempat di Taman Cerdas Jebres. Pada acara tersebut peserta menampilkan yel-yel untuk menyemarakan malam itu dan diisi oleh hiburan kesenian. Acara yang terakhir sekaligus menutup acara Jambore Pemuda Solo yaitu Renungan Sumpah Pemuda. peserta dan segenap panitia sangat antusias mengikuti acara tersebut. Dan dengan adanya Jambore Pemuda tersebut diharapkan pemuda Indonesia dapat diandalkan untuk menjadi generasi penerus bangsa.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Dinda Anisa

    Saya mahasiswa IAIN Surakarta Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

    View all posts

    Add comment