Soloensis

Desa Daleman Punya Cerita

Desa Daleman terletak di kecamatan teras kabupaten Boyolali, desa daleman punya banyak cerita yang menarik ,karena desa ini terletak hampir perbatasan antara kabupaten boyolali dan klaten. bisa dibilang desa ini terpencil lebih dekat dengan wisata janti dari pada wisata di boyolali.

Di desa daleman mayoritas penduduknya bekerja sebagai pengrajin batu bata merah , , petani , peternak lele dan lain lain. Pada mulanya masyarakat desa daleman justru banyak yang bekerja sebagai pengrajin genting, sampai dijuluki desa TITANG GENDENGAN seiring berjalannya waktu pasokan tanah liat semakin menipis dan banyak orang yang berlih profesi menjadi pengrajin batu bata merah karena dinilai lebih praktis dan lebih menguntungkan.
Sampai- sampai persawah disekitar desa Daleman banyak yang dijadikan lahan batu bata merah karena hasilnya lebih menguntungkan di banding di tanami padi maupun jagung. Sampai saat ini tanah yang berada di sekeliling desa daleman sudah mulai menipis dan sekarang banyak masyarakat desa daleman yang membeli tanah dari luar desa untuk pembuatan batu bata tersebut. Di samping bekerja sebagai pngrajin batu bata masyarakat kami juga bekerja peternak lele karena kebetulan desa ini juga dekat dengan desa kampung lele ada sebagian orang desa ini yang mengikuti ternak lele.

Menurut cerita orang dahulu kenapa dinamai desa Daleman ,karena orang-orangnya banyak yang berada di dalam rumah jarang jarang keluar rumaha Desa daleman adalah desa yang sangat indah walaupun tak seindah dulu karena sekarang desa sudah banyak polusi pembuatan batu bata tersebut. itulah mungkin sedikit cerita tentang indahnya desa daleman

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Choirul Shoheh

    Add comment