Soloensis

5 Fakta Bahayanya Mandi Setiap Hari Menurut Ilmu Pengetahuan

Apakah benar bahwa mandi itu harus setiap hari? sampai terbawah mimpi mandi. Ilmu pengetahuan sendiri ternyata menjawab tidak lho dan hanya menganjurkan untuk melakukan madinya setidaknya hanya satu atau dua kali setiap minggunya.

“Bisa jadi kegiatan mandi rutin setiap hari adalah karena alasan estetika belaka. Banyak orang berpikir tujuan mandi setiap hari adalah untuk kebersihan sehingga terhindar dari kuman penyakit. Namun dalam ilmu bakteriologi, hal tersebut tidak ada sangkut pautnya,” menurut Dr. Elaine Larson, seorang ahli penyakit menular dari Sekolah Keperawatan di Universitas Columbia, New York, Amerika serikat yang dilansir dari Bustle.com.

Ditambah lagi oleh Dr. Larson, dimana bahwa kulit manusia sendiri telah memiliki pelembap dan juga pelindung alami berupa kandungan minya di kulitnya. Nah, mandi sendiri jika dilakukan setiap hari malah akan menjadikan kandungan minyak berkurang berkurang, sehingga kulit menjadi kusam dan juga kering.

Begini 5 fakta bahayanya mandi setiap hari.

1. Tubuh Tak Benar-benar Kotor

Jika seseorang melakukan aktivitas di tempat yang penuh dengan ancaman kotor, seperti di pabrik, konstruksi, ataupun saat sedang berolahraga di dalam pusat kebugaran, maka kebiasaan mandi sendiri dianggap wajar sebagai cara untuk membersihkan diri.

Akan tetapi, hal tersebut ternyata tak berarti tubuh memerlukan pembersihan yang sangat menyeluruh lho, dimana menurut Dr. Casey Carlos, asisten profesor di Departemen Dermatologi di Sekolah Kesehatan Universitas California sendiri kulit manusia sejatinya memiliki fungsi untuk membersihkan secara mandiri melalui tingkat kelembapannya.

2. Mengurangi Jumlah Bakteri Baik

Terdapat beberapa jenis bakteri yang ada di permukaan kulit yang ternyata bermanfaat untuk peningkatan kekebalan tubuh, nah, bakteri ini akan menjadi melemah lho apabila kulit terus dibasuh air setiap hari, apalagi jika selalu dicuci menggunakan sabun.

3. Tak Baik Terlalu Sering Mencuci Rambut

Mencuci rambut sendiri atau disebut dengan keramas ternyata memiliki manfaat yang kurang baik untuk rambut jika dilakukan setiap hari, dimana jika dibiarkan maka rambut akan kehilangan kekuatannya dan akan menyebabkan rontok pada rambut.

4. Mengurangi Tingkat Kelembapan Kulit

Rata rata masyarakat di negara Amerika Utara sendiri menghabiskan waktu antara 5 sampai 10 menit untuk mandi, dan hal itu biasa dilakukan. Nah, menurut studi ilmiah yang dilakukan oleh sekelompok peneliti di Departemen Dermatologi di Sekolah Kedokteran Harvard, kulit sendiri akan alami dehidrasi apabila terpapar air dalam jumlah yang berlebihan.

5. Pemborosan Air Bersih

Menurut Lembaga Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat sendiri, rata rata keluarga berisi 4 orang, dimana menghabiskan sebanyak 400 galon air bersih tiap hari. Ironisnya, pengunaan itu dilakukan banyak untuk kegiatan mandi.

Hal ini juga berkaitan dengan penelitian Universitas Standford dimana menyebutkan bahwa ada kecenderungan psikologi pada sebagian banyak orang yang menggunakan air hanya untuk mandi.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Astor Riyanto

    hanya seorang manusia biasa, kunjungi https://www.pantau.com dan https://astor.id

    View all posts

    Add comment