Soloensis

Pilar Perkembangan Ekonomi Di Masa Depan

Kita perlu melakukan lompatan dari beragam upaya peningkatan ekonomi, yang mana sebelumnya mengandalkan sumber daya alam, pertanian, industri dan teknologi informasi untuk menjadi ekonomi yang digerakkan oleh industri kreatif.

Kreativitas akan mendorong inovasi yang menciptakan nilai tambah yang lebih tinggi, sementara pada saat yang sama ramah lingkungan dan meningkatkan citra dan identitas budaya nasional.

Ini adalah poin utama dari sambutan Presiden Joko Widodo pada saat Rapat Nasional Kreatif dibuka pada Selasa (4/8) di Tangram Selatan, Banten.

Menurut presiden, kontribusi ekonomi kreatif terhadap ekonomi nasional semakin nyata.

Nilai tambah dari ekonomi kreatif meningkat setiap tahun.

Pertumbuhan sektor ekonomi kreatif sekitar 5,76%. Ini berarti berada di atas pertumbuhan sektor listrik dan gas, pasokan air, pertambangan, penggalian, pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, jasa, dan industri pengolahan.

Selain itu, perlu adanya pengembangan dari banyaknya usaha menengah yang menguntungkan bagi rakyat, yang perlu adanya dukungan dari pemerintah Indonesia.

Dalam dialog dengan industri kreatif, Presiden menyatakan keyakinannya pada potensi besar industri kreatif. “Saya akan memutuskan untuk membuat kebijakan politik sehingga ekonomi kreatif di masa depan menjadi pilar ekonomi kita,” kata presiden.

Kepercayaan akan masa depan sektor ekonomi kreatif inilah yang mendorong presiden untuk membentuk Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang diharapkan bertindak sebagai katalisator bagi pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia.

Presiden bahkan berjanji untuk memberikan dukungan anggaran penuh kepada Bikraaf.

“Saya berharap bahwa Badan Ekonomi Kreatif akan beroperasi dan beroperasi segera, dan bekerja dengan cepat untuk memfasilitasi percepatan pembangunan di sektor ekonomi kreatif.” Lanjut Presiden, seperti yang diwawancarai.

Tetapi harus diwujudkan, dan upaya untuk menggerakkan sektor ekonomi kreatif membutuhkan tindakan kolektif, dan membutuhkan kerja sama semua pihak untuk ekonomi kreatif.

Salah satunya adalah melalui pertemuan kreatif nasional yang mencakup para pemain di industri dan ekonomi kreatif brainstorming dan brainstorming, dan pertukaran pengalaman, kinerja, dan kreativitas untuk memajukan sektor ini.

Industri kreatif juga membutuhkan sinergi dan kerja sama antara penemu dan investor.

Sinergi ini akan mendorong karya-karya kreatif untuk mendapatkan nilai tambah lebih.

Dalam menghadapi tantangan yang semakin berat di masa depan, kita perlu meningkatkan kemampuan industri kreatif untuk bersaing dengan produk ekonomi kreatif impor.

Hubungan dengan sektor lain di belakang, dengan pemasok dan tautan depan yang menyerap sub-sektor ekonomi kreatif, perlu diperkuat.

Presiden menyadari bahwa berbagai inovasi dan kreasi yang dihasilkan oleh para pelaku industri kreatif memerlukan forum untuk mengekspresikan karyanya.

One adalah tempat perwakilan yang menyediakan ruang dan peluang bagi pemain kreatif di industri seperti Pameran Konferensi BSD City Indonesia yang berisi fasilitas rapat, insentif, konferensi, dan pameran (MICE).

 

MICE ini dapat menjadi cara untuk mempromosikan berbagai jenis produk ekonomi kreatif di Indonesia, untuk mendorong pertumbuhan pelaku ekonomi kreatif lainnya yang dapat mendukung ekonomi regional dan nasional.

Diharapkan bahwa pelaksanaan berbagai kegiatan pameran perdagangan, di tingkat nasional dan internasional, akan dapat mendorong pertumbuhan industri terkait lainnya, seperti peningkatan investasi, pengembangan usaha kecil, pendapatan devisa pemerintah, dan lainnya.

Namun, kata Presiden, tempat yang cemerlang hanya akan bermanfaat jika diikuti oleh kreativitas yang menggerakkan industri kreativitas Indonesia.

Di bagian lain dari dialog dengan pemain kreatif di industri, presiden juga menyebutkan perlunya pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan.

Dalam seni, misalnya, pemain dalam industri kreatif juga harus dapat mendidik penonton dengan pertunjukan seni yang memperhatikan aspek kualitas.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Tori susanto

    Saya adalah seorang perancang bisnis sekaligus penulis professional berbasis online

    View all posts

    Add comment