Soloensis

PENUMPUKAN SAMPAH !

PENUMPUKAN SAMPAH !

Sampah berserakan di Pasar Trdisional kartasura. Timbunan sampah tersebut sudah terjadi sejak lama. Namun hingga saat ini masih ada sampah yang berserakan hingga pasar tersebut menjadi kumuh dan kotor.

Sampah tersebut menimbulkan bau yang tidak sedap karena kebanyakan orang yang berkunjung di pasar tersebut akan slalu menutup hidungnya, yahh karena baunya yang sangat tidak sedap.

Kebersihan adalah nomor satu di pasar karena pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur tempat usaha menjual barangjasa, dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian.

Sebenarnya sudah ada yang bertugas membersihkan sampah tersebut. Tapi tidak efektif, karena petugas sampah hanya satu sampai dua orang dan memakai kendaraan sampah yang cukup kecil. Hal ini juga dipengaruhi para pedang yang tidak peduli akan kebersihan tempat dan membuang sampah sembarangan.

Tempat sampah yang tersedia di pasar tradisional kartasura juga tidak banyak, Cuma ada satu sampai dua saja dan ditempatkan di sudut ujung utara dan ujung selatan jadi yang berjualan di tengah-tengah pasar tidak bisa membuang sampah ditempatnya.

Apalagi yang berjualan di dalam gedung pasar lebih kumuh, disebabkan juga pedagang yang kurang peduli akan kebersihan, toh juga tempat sampah di dalam gedung hampir tidak semua pedanang mempunyai tempat sampah sendiri.

Pengelola pasar tradisional kartasura seharusnya menambah tempat sampah di setiap sudut pasar agar pedagang juga bisa membuang sampah ditempatnya dan para pembeli pun juga nyaman kalau pasar tradisional di kartasura juga bersih.

Pengelola sebaiknya melakukan sosialisasi kepada para pedagang mengenai bahayanya sampah yang bertumpuk. Dari situlah mungkin para pedagang juga bisa berfikir tentang bahaya tumpukan sampah, apalagi itu dipasar tempat jual beli.

Tukang sampah juga harus di perbanyak karena dalam waktu sehari sampah sudah menumpuk banyak dan itu harus cepat-cepat di pindah ke area pengolahan sampah agar tidak terjadi seperti sekarang.

#Dimas Yogo P ( 161211169)

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Dimasyogo Prakoso

    Mahasiswa IAIN Surakarta

    View all posts

    Add comment