Soloensis

Aplikasi Ponsel untuk Menjaga Kesehatan Mental

Indonesia dilaporkan menempati peringkat ke-79 sebagai negara paling berbahagia di dunia, menaklukkan beberapa negara lain di Asia Tenggara. Prestasi yang cukup membesarkan hati, kan?

Tragisnya, tingkat kebahagiaan negara ini kebalikannya dengan kualitas kesejahteraan psikis warganya. Permasalahan masalah kesehatan jiwa yang terhitung masalah kekhawatiran dan stres ke orang dewasa di Indonesia capai angka yang tidak bermain-main, yakni 11,6 %.

Akan tetapi, sarana untuk mendukung kesehatan jiwa masih tetap sedikit. Kurangnya pendukung dapat disaksikan dari akses dan sumber daya manusia professional yang kurang mencukupi, dan support hukum dari pemerintahan pusat atau wilayah yang 1/2 hati menyikapi kesungguhan permasalahan kesehatan psikis.

Beberapa program kesehatan psikis pandai berikut ini bisa menolong beberapa orang yang ditekuni permasalahan kesehatan psikis yang kemungkinan tidak siap atau mungkin tidak memperoleh akses untuk mendatangi therapy bertemu muka langsung. Program kesehatan mental untuk mengelola gejala depresi dan kecemasan

1. Riliv

Aplikasi garapan anak bangsa ini memberikan fasilitas pemakainya untuk konsultasi permasalahan pribadinya dengan gratis ke psikiater professional atau mahasiswa psikologi. Psikolognya sendiri terdiri dari 6 psikiater professional dan 50 mahasiswa psikiater (reliever) yang dari Kampus Indonesia, Kampus Airlangga, dan Kampus Negeri Surabaya.

Sukarelawan mahasiswa psikiater yang tercatat di program ini lebih berperan sebagai rekan pendengar sharing, bukanlah pemberi jalan keluar permasalahan. Untuk memperoleh jawaban dan anjuran klinis, Anda bisa abonemen sarana premium berbayar buat konsultasi langsung dengan psikiater atau terapi professional bersertifikasi yang berkaitan di sektornya.

2. Operation Reach Out

Operation Reach Out sebelumnya diperkembangkan oleh tubuh militer Amerika Serikat sebagai basis untuk tangani kasus stres dan PTSD di kelompok veteran militer. Program gratis yang bertindak selaku alat interferensi ini menolong beberapa orang yang mempunyai pertimbangan bunuh diri atau rawan lakukan eksperimen bunuh diri untuk memperoleh kontribusi selekasnya mungkin.

Anda dapat menunggah info nomor telephone penting dan contact genting yang lain dalam program ini. Selanjutnya, di saat Anda benar-benar berasa kelelahan, Anda bisa secara mudah mengontak kontribusi. Operation Reach Out diperlengkapi dengan feature GPS yang bisa memberitahu status Anda sekarang ini dan beberapa video yang dapat menolong Anda tenang dan kembali konsentrasi.

3. SAM

SAM adalah kependekan dari Self-help Anxiety Manajemen. Pada awalnya, SAM diperkembangkan oleh team psikiater dan ahli computer dari University of West England untuk membuat sumber daya kesehatan psikis yang memikat dan ringkas untuk warga.

SAM ialah sebuah program yang direncanakan untuk menolong orang mengurus kekhawatiran mereka. Pemakai bisa merekam tingkat kekhawatiran mereka dan mengenali penyebab depresi dan kekhawatiran yang lain. Program ini meliputi 25 opsi swadaya untuk menolong pemakai mengurus tanda-tanda fisik dan psikis karena kekhawatiran, misalkan tehnik pernafasan. Program ini mempunyai feature cloud sosial yang memungkinkannya pemakai untuk secara anonim share pengalaman mereka dengan pemakai SAM yang lain.

4. What’s Up?

What’s Up? adalah aplikasi gratis yang mempunyai tujuan mengurus kesehatan psikis pemakainya dengan menyatukan faktor dari therapy CBT dan therapy loyalitas untuk membuat taktik menangani permasalahan yang dipersonalisasi berkaitan stres, kekhawatiran, kemarahan, dan depresi.

Point kuat dari program ini ialah pencari rutinitas baik dan jelek yang Anda kerjakan setiap menangani permasalahan, yang dapat Anda menjadikan tutorial, dan 3 tehnik pernafasan gampang supaya Anda dapat terus tenang dan rileks di saat kerepotan. What’s Up? mempunyai feature buku harian, di mana Anda dapat merekam tiap pertimbangan dan hati yang Anda punyai, termasuk kekuatan untuk memandang hati Anda dari rasio 1-10.

5. Pacifica

Stres, kecemasan, dan depresi dapat merintangi Anda untuk jalani hidup yang berkualitas. Pacifica sediakan Anda beberapa alat holistik untuk menangani tanda-tanda stres dan kekhawatiran Anda yang didasari pada therapy sikap kognitif (CBT), kesadaran, rileksasi, dan kesejahteraan fisik pada umumnya.

Feature Pacifica diantaranya ialah Suasana hati Rate, yang memungkinkannya Anda memberikan score situasi hati Anda sepanjang hari dan terhitung merekam semua peralihan suasana hati yang Anda alami. Pacifica sediakan Anda beberapa tehnik rileksasi dan buku harian yang bermanfaat untuk melepas semua pemikiran negatif di saat pemikiran sedang tidak keruan.

Baca Juga : AC10 Tech

6. Depression CBT

Therapy sikap kognitif (CBT) sebagai salah satunya pendekatan efisien untuk mengurus stres dan permasalahan kesehatan psikis yang lain. Program ini menolong Anda mengawasi situasi hati Anda dengan test penilaian yang mencari tingkat keparahan suasana hati depresif dan memberi sejumlah sumber yang mempunyai tujuan untuk mendidik Anda mengenai skema pertimbangan negatif yang kemungkinan jadi memperburuk stres Anda. Ada pula feature audio untuk rileksasi dan kontribusi stres.

7. Mood Tools

Dirancang bekerja sama dengan tenaga professional di bagian kesehatan psikis, Suasana hati Tools ialah program gratis yang diperkembangkan untuk menolong pemakainya mengenali tanda-tanda adegan manik atau stres dan quesioner untuk mencari tingkat keparahan situasi hati Anda dari hari ke hari.

Suasana hati Tools diperlengkapi oleh feature diary, kegiatan khusus untuk Anda kerjakan yang didasari therapy CBT, dan perpustakaan video untuk tingkatkan suasana hati dengan meditasi sampai “kuliah” penyemangat batin dari TED Talks.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment