Soloensis

Klarifikasi Pinjaman Titan Infra Energy, Begini Katanya,..

Titan Infra Energy batubara-e6de2d7d

Titan Infra Energy merupakan perusahaan yang menyediakan layanan berupa kapal pengangkut batu bara. Selain itu, perusahaan ini juga menyediakan beberapa bidang kerja. Tersedia beberapa jenis kapal pengangkut batu bara seperti kapal tongkang, kapal tunda, kapal LCT dan kapal kargo curah. 

Keunggulan Layanan Kapal Pengangkut Batu Bara Tersedia

Tahukah Anda apa saja keunggulan dari layanan kapal pengangkut batu bara? Perlu pembaca ketahui jika kapal pengangkut batubara yang tersedia di perusahaan ini mempunyai keunggulan tersendiri, terutama untuk layanan kapal tongkang.

Perlu dipahami juga jika layanan ini memiliki captive market. Bahkan, layanan tersebut sudah lengkap dengan pembangkit listrik. Sedangkan untuk alur pengangkutannya berawal dari pelabuhan muat untuk menuju ke pengguna akhir. 

Perusahaan ini juga menyediakan berbagai pilihan jenis kapal, sehingga cocok untuk bisnis Anda yang bergerak dalam bidang tambang. Nikmati berbagai kelebihan dengan menggunakan layanan dari perusahaan ini. Terlebih lagi perusahaan ini hadir dengan berbagai keunggulan.

Tiga Bidang Kerja yang Tersedia di Titan Infra Energy 

Perusahaan Titan Infra Energy bergerak dalam 3 bidang kerja sekaligus yaitu infrastruktur energi, layanan pengangkutan dan penyediaan energi. Ingin tahu lebih jelasnya mengenai ketiga bidang kerja tersebut? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Bidang Infrastruktur Energi

Perusahaan Titan Infra Energy bergerak dalam bidang kerja infrastruktur energi. Lebih tepatnya bidang kerja infrastruktur ini sama halnya melakukan supply batubara ke berbagai mitra. Namun, sebelum melakukan hal tersebut melalui berbagai pertimbangan terlebih dahulu. 

Sedangkan maksud dari supply yaitu jumlah batubara secara keseluruhan yang akan dijual atau ditawarkan ke pembeli. Sumber daya manusia yang bergerak dalam bidang ini sudah berpengalaman dan profesional, sehingga hasil kerjanya memuaskan.

2. Bidang Layanan Pengangkutan

Titan Infra Energy juga termasuk perusahaan yang bergerak aktif untuk proses pengangkutan. Layanan yang tersedia ini untuk memaksimalkan pendistribusian energi yang didapatkan. Tersedianya layanan ini memungkinkan dapat membantu proses supply.

Bagi Anda yang mempunyai bisnis dalam bidang distribusi energi berupa batubara, bisa menggunakan layanan pengangkutan ini. Tujuan utamanya agar proses supply ke mitra berjalan dengan baik atau sesuai dengan keinginan. 

3. Bidang Penyediaan Energi

Bidang kerja yang tersedia di perusahaan Titan Infra Energy yang selanjutnya yaitu penyediaan energi. Jadi, adanya layanan ini memungkinkan setiap pengguna bisa memaksimalkan proses supply berbagai kebutuhan ke mitra-mitra yang sudah bekerjasama.

Lebih tepatnya adanya layanan dalam bidang ini bisa memberikan tanggung jawab penuh yang berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan itu sendiri. Pasalnya saat ini kebutuhan layanan dalam bidang penyediaan energi cukup banyak dibutuhkan.

Jenis Kapal Pengangkut Batubara di Titan Infra Energy 

Membahas mengenai perusahaan Titan Infra Energy, tentunya tidak terlepas dengan apa saja jenis kapal pengangkut batubara yang tersedia. Lebih tepatnya ada 4 jenis kapal pengangkut batubara yang ada di Titan Infra Energy, selengkapnya berikut penjelasannya 

1. Kapal Tongkang

Jenis kapal pengangkut batubara yang satu ini memang cukup populer. Mungkin sebagian banyak orang sudah tidak asing lagi dengan jenis kapal yang satu ini. Kapal ini mempunyai ciri khas tersendiri yaitu memiliki lambung dengan ukuran besar dan bentuknya cukup unik.

Adapun fungsi utama dari kapal tongkang yaitu dapat mengangkut batubara atau hasil tambang lainnya. Biasanya jenis kapal yang satu ini untuk mengangkut dalam jumlah banyak. Tidak hanya itu saja, jenis kapal ini juga mempunyai keunggulan tersendiri yaitu terbilang luas dan kuat.

2. Kapal Tunda

Jenis kapal pengangkut batu bara yang tersedia di perusahaan Titan Infra Energy yaitu kapal tunda. Mungkin sebagian orang masih merasa asing dengan nama kapal yang satu ini. Perlu Anda ketahui jika kapal ini hadir dengan desain bisa melakukan manuver.

Lebih tepatnya fungsi utama dari kapal tunda yaitu untuk memberikan dorongan maupun penarikan agar kapal lain bisa sampai ke pelabuhan dengan tepat. Biasanya jenis kapal ini berfungsi untuk menarik kapal tongkang. Tak heran jika keberadaan kapal ini mempunyai peranan penting.

3. Kapal LCT

Kapal LCT merupakan jenis kapal pengangkut batubara yang tersedia di perusahaan Titan Infra Energy. Tahukah Anda Apa fungsi dari jenis kapal yang satu ini? Sederhananya fungsi utama dari jenis kapal ini untuk mengangkut beban berat, karena bentuknya tidak jauh berbeda dengan kapal tongkang.

Pada umumnya penggunaan jenis kapal LCT untuk memudahkan proses pengangkutan batubara atau jenis tambang lainnya dari wilayah terpencil. Lebih tepatnya Kapal ini dapat menjangkau wilayah yang sulit dijangkau kapal pada umumnya. 

4. Kapal Kargo Curah

Jenis kapal pengangkut batubara yang terakhir yaitu kargo curah. Adapun ciri khas dari jenis kapal ini yaitu mempunyai ukuran cukup besar, sehingga biasanya berguna untuk mengangkut batubara dalam jumlah banyak. Tentunya kapal jenis ini juga hadir dengan berbagai keunggulan lainnya.

Salah satu keunggulannya yaitu untuk menggunakannya tidak perlu lagi melalui proses pengemasan. Selain itu, kapal ini juga unggul dari segi penggunaannya karena mudah untuk melewati laut lepas maupun sungai. Dengan kata lain, jenis kapal ini cocok untuk mengangkut tambang jarak jauh.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai beberapa keunggulan layanan kapal pengangkut batubara di Titan Infra Energy. Selain itu, dengan mengetahui apa saja jenis-jenis kapal pengangkut batubara yang tersedia, setidaknya bisa memberikan pemahaman baru. Setidaknya saat membutuhkannya biasa memilih mana jenis kapal yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Klarifikasi Pinjaman Titan Infra Energy

Ulasan dari Tempo, Direktur Utama PT Titan Infra Energy, Darwan Siregar membeberkan sejak tahun lalu sudah mencicil pokok pinjaman hingga USD100,2 juta. “Bulan ini saja akan ada pembayaran sebesar USD18,7 juta,” kata Darwan Siregar, Kamis, 8 September 2022.

Dia merinci total pembayaran pokok pinjaman pada tahun 2021 sebesar USD46,5 juta, dan tahun 2022 hingga bulan Juni sudah ada pembayaran sebesar USD35 juta sedangkan pada September ini bakal ada pendebetan oleh kreditur sebesar USD18,7 juta.  

Bila ditotal, perusahaan sudah menggelontorkan dana hingga USD100,2 juta. Dalam proposal restrukturisasi yang diajukan terakhir kepada kreditur sindikasi termasuk Bank Mandiri, PT Titan meminta  perpanjangan waktu 1 tahun dari jatuh tempo perjanjian kredit pada Agustus 2023. Hal ini menurut Darwan sejalan dengan program relaksasi pemerintah akibat pandemi Covid-19 sesuai dengan POJK 11 tahun 2020.

PT Titan saat ini sedang mengajukan kembali proposal restrukturisasi kepada kreditur sindikasi untuk penjualan aset-aset non core. Penjualan aset dimaksud digunakan pula untuk pembayaran hutang. Dia berharap agar restrukturisasi dapat segera berjalan sehingga fokus perusahaan bisa kembali optimal dalam memberikan pelayanan kepadan pelanggan dan juga usaha-usaha pengembangan usaha. 

Rencana pengembangan usaha tersebut termasuk perpanjangan jalan khusus batu bara yang lebih dikenal sebagai jalan Titan dari 113 KM diperpanjang menjadi 145 KM. Jalan ini melintasi wilayah kabupaten Muara Enim, Pematang Abab Lematang Ilir atau PALI serta Lahat di Sumatera Selatan. Pihaknya juga berfokus pada pembangunan jalan akses menuju jalan Titan agar dapat memberikan manfaat lebih kepada masyarakat.

“Pengguna jalan khusus batu bara dalam meningkatkan sumbangsih perekonomian dan perkembangan sosial ekonomi khususnya untuk propinsi Sumatera Selatan.”

Sebelumnya,  PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menjelaskan soal kredit PT Titan Infra Energy kepada kreditur sindikasi. Adapun kredit itu dikucurkan oleh sindikasi yang terdiri atas PT Bank CIMB Niaga Tbk., PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., Credit Suisse, dan Trafigura. Adapun tenggat waktu kredit sebesar triliunan rupiah itu adalah Juni 2022

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Zamhari S, Kom. I

    Hanya manusia yang suka belajar

    View all posts

    Add comment