Soloensis

Kita Punya Apa?

hand-drawn-ethnic-beauty-illustration_23-2150222496
Gambar : freepik

Keberagaman warisan budaya di Indonesia sangat beragam. Indonesia jauh terbentang dari sabang sampai merauke, sebanyak 38 provinsi dan 1.340 suku di Indonesia. Dari banyaknya provinsi dan suku di Indonesia banyaknya keberagaman tercetak di negara ini, kebudayaan nasional, kebudayaan lokal dan berbagai keindahan sumber daya alam yang menarik, banyaknya keberagaman sehingga tercetuslah semboyan Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika yang berartikan berbeda beda tetapi tetap satu jua. Mari kita bahas beberapa kebudayaan di Indonesia. 

Apa itu Kebudayaan Nasional? 

Kebudayaan nasional bisa di sebut budaya yang turun terumun sebagai warisan bangsa. Kalian semua pasti tahu kain bermotif batik, batik sendiri sudah di akui dunia dan sudah terdatar dalam UNESCO sebagai kekayaan budaya Indonesia. Tak hanya batik kebudayaan nasional Indonesia terdiri atas tarian, rumah adat, pakaian adat. Seni wayang sebuah pertunjukan yang juga sudah mendunia, seni wayang meliputi seni peran, seni sastra dan juga seni tutur. Ada lagu daerah yang mendunia yaitu lagu rasa sayang-sayange yang berasal dari Maluku.  

Kebudayaan Lokal Indonesia

Kebudayaan lokal adalah hasil budi daya masyarakat secara alami dan dapat di lakukan dari waktu ke waktu. Kebudayaan lokal terdiri atas benda senjata tradisional, tradisi, pola pikir, hukum adat. beberapa peninggalan kebudayaan lokal yaitu: 

  • Candi Prambanan (Yogyakarta) 

Candi Prambanan dibangun untuk di persembahkan kepada trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahmana sebagai dewa pencipta, Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai pemusnah. 

  • Lompat Batu (Nias, Sumatra Utara) 

Tradisi ini biasanya dilakukan para pemuda melompati batu setinggi 2 meter, untuk menunjukan bahwa mereka pantas dewasa. 

Dan berbagai macam kebudayaan lainnya. 

 

Kekayaan alam Indonesia itu gimana sih? 

Sumber daya kita luar biasa lohh, tak terbatas keanekaan sumber daya. Tuhan menganugrahi negara kita Indonesia untuk menerima, menikmati, menjaga sumber daya alam kita seperti batu bara, minyak bumi, timah, tembaga, nikel dan lain sebagainya. 

Kita sudah mengetahui beberapa kekayaan Indonesia. Kita tidak membahas semuanya karena kekayaan Indonesia begitu banyak, Terimakasih semoga kita lebih tahu dan lebih bisa menjaga keberagaman sumber daya alam, dan kebudayaan lainnya. 

 

Selvia Agustina Mustikadewi

SMPN 10 SKA

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment