Soloensis

Pentingnya Sholat Taubat Bagi Kehidupan

Sebagai seorang manusia, kita pasti pernah melakukan perbuatan yang tidak diperkenankan oleh Tuhan. Melakukan berbagai macam maksiat yang terkadang tidak terkendali, hal itu sebenarnya manusiawi, tetapi sebagai manusia kita seyogyanya kembali kepada Tuhan dengan jalan bertaubat. Untuk melakukan taubat, tidak harus menunggu kita memiliki dosa besar, dosa sekecilpun Allah mengharapkan kita untuk menyadari lantas meminta maaf sebagai taubat kita.

Adapun salah satu cara agar kita dimaafkan oleh Tuhan adalah dengan jalan melakukan sholat taubat, sholat taubat bisa dilakukan oleh siapa saja yang dirinya mengaku Islam, baik karena melakukan dosa besar maupun kecil. Untuk dapat melaksanakan sholat tersebut kita harus mengerti tatacaranya.

Sholat Taubat Mengembalikan Rasa Percaya Diri Pada Hambanya

Sholat Taubat adalah jalan dari Tuhan agar taubat kita senantiasa diterima. Ini merupakan salah satu upaya, selain ada usaha untuk menjauhi perbuatan maksiat, kita juga membuktikan permintaan maaf dengan sholat. Dengan adanya sholat taubat ini ternyata juga dapat memberikan rasa percaya diri kepada umatnya bahwa taubat kita ada potensi diterima disisinya.

Karena hal ini juga ditegaskan oleh Allah barang siapa yang ingin kembalinya kepada nya, dengan jalan taubat, tentu Allah akan menerima taubat itu kecuali taubatnya orang yang telah menyekutukannya. Dengan keterangan ini menjelaskan bahwa orang yang bertaubat dengan segala macam dosa, baik itu dosa besar seperti telah membunuh, maupun dosa kecil.

Pentingnya sholat taubat adalah agar kita menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan senantiasa melakukan amalan baik dan berusaha menghindari dosa-dosa yang sama, sholat taubat yang dilakukan tentu akan mendapat tanggapan yang baik dari Allah SWT. Allah telah memberikan contoh akan taubat yang diterima meskipun itu dosa besar. Seperti dosanya seoranf wanita pelacur yang memberi minum anjing yang kehausan.

Manfaat Sholat Taubat Bagi Umat

Ada pun manfaat sholat taubat adalah untuk mendapatkan ampunan dari Allah atas segala dosa yang pernah dilakukannya. Dalam pelaksanaan sholat taubat, yang dilakukan setelah adanya penyesalan terhadap dosa-dosa yang pernah dibuatnya. Baru diiringi dengan niatan untuk tidak mengulanginya lagi, kemudian berwudu dan melaksanakan sholat taubat. Orang yang dengan rela melepas semua yang pernah dibuatnya dan menyesali akan dosa-dosanya, meskipun dosa itu besar akan mendapat ampunan kecuali dosa zina dan doa menyekutukan Allah SWT.

Adapun manfaat lain dari melakukan sholat taubat adalah diri menjadi terlepas dari jeratan rasa bersalah yang menghatui selama ia hidup. Terjalinnya silaturrahmi terhadap orang yang pernah dicelakainya, kehidupan orang yang senantiasa bertaubat menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat. Tidak lagi menundukkan kepala karena rasa takut dan menjauh dari orang-orang yang terlibat dalam kejahatan. Hati pun menjadi semakin tenteram.

Dengan melakukan sholat taubat, orang-orang Islam senantiasa berada dalam lindungan Tuhan. Sholat taubat tidak harus dilakukan oleh orang yang melakukan dosa besar. Sholat taubat juga bisa dilakukan oleh orang yang melakukan dosa kecil namun dengan melakukan sholat taubat, harus diiringi dengan penyesalan dan berusaha untuk tidak mengulangi perbuatan dosa kecil yang lain. Karena dengan sholat taubat ada usaha untuk melakukan pendekatan dengan Tuhannya.

Demkian artikel mengenai pengertian sholat taubat yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita. Semoga dengam adanya artikel ini kita dapat menjadi dekat dengan Tuhan, dan memberikan kita kemudahan di setiap urusan.

 

 

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Zamhari S, Kom. I

    Hanya manusia yang suka belajar

    View all posts

    Add comment