Soloensis

Inilah Cara Mengisi Token Listrik yang Sudah Mati

images - 2023-01-30T201503.014-139c59b3

Bagi yang belum terbiasa dengan jenis token listrik, kebingungan dan kekhawatiran mungkin muncul saat token habis dan aliran listrik terputus. Intinya, isi ulang token listrik yang kadaluwarsa itu sederhana dan praktis.

Ada beberapa cara untuk memulihkan pasokan listrik menurut Jurnalis Rakyat. Untuk mengecek token kadaluarsa, berikut informasi lengkapnya.

Indikator Meteran Listrik Mati

Ternyata meteran listrik yang mati tidak hanya disebabkan oleh saldo token yang habis. Ini juga dapat menunjukkan bahwa meteran listrik Anda rusak. Kerusakan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

 Jika Anda tidak mengetahui indikator meteran listrik token mati, atau penyebab kerusakannya, penting untuk memeriksanya oleh seorang profesional.

1. MCB kWh Mengalami Kerusakan

Biasanya token meter listrik yang mati disebabkan oleh kWh Miniature Circuit Breaker (MCB) yang rusak. MCB memiliki umur yang terbatas dan tidak dapat bertahan lama. 

Jika penyebab matinya token listrik adalah karena kWh MCB yang rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru. Menggantinya bukanlah sesuatu yang dapat Anda lakukan sendiri. Anda harus terlebih dahulu menghubungi staf resmi PLN untuk meminta izin penggantian kWh MCB yang baru.

2. Pengecekan kWh Meter MCB

Jika kWh meter menyala tetapi MCB mati, MCB dapat dihidupkan kembali. Namun, jika Anda menyalakannya dan padam lagi, kemungkinan besar beban listrik di rumah Anda terlalu tinggi. Anda perlu mengurangi pemakaian listrik di rumah, seperti mematikan AC, kulkas, mesin cuci, dan barang elektronik lainnya yang membutuhkan listrik dalam jumlah besar.

3. Memeriksa Layar Meteran kWh

Kerusakan meteran juga dapat diperbaiki dengan memeriksanya. Caranya dengan melihat lampu indikator atau layar pada token meter kWh. Jika listrik PLN mati, maka semua lampu indikator dan layar juga akan mati. Sedangkan jika lampu indikator menyala dan layar mati, kemungkinan bebannya berlebihan atau mungkin tersambar petir. Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan menghubungi PLN.

Cara Menghidupkan Meteran Listrik

Jika Anda sudah mengetahui penyebab kWh meter mati atau rusak, langkah selanjutnya adalah mempelajari cara menghidupkannya. Meski tidak mudah, informasi berikut akan membantu Anda memahami kelistrikan dunia. Berikut adalah beberapa langkah mudah yang dapat diperhatikan:

  1. Langkah awal adalah mengalihkan meteran listrik sesaat dengan mematikan saklar MCB selama beberapa detik. Biasanya, matinya listrik rumah disebabkan oleh posisi MCB yang sudah diputuskan. Setelah mematikannya, pindahkan posisi MCB ke “ON”.

  2. Setelah memindahkan posisi MCB ke posisi ON, namun jika tetap pada posisi OFF, maka coba lepaskan beban listrik rumah. Atau matikan beberapa perangkat elektronik yang terkait. Kemudian periksa posisi MCB lagi dan hidupkan kembali jika perlu. Gunakan token listrik rahasia untuk menyatukan jumlah beban listrik di rumah dan memastikan tidak ada beban yang berlebihan.

  3. Jika meteran listrik mati karena kehabisan pulsa, cara mengatasinya adalah dengan melakukan pengisian pulsa.

Langkah-langkah dalam Memasukkan Token Listrik.

Berikut adalah beberapa langkah untuk memasukkan token listrik pada kWh meter prabayar:

  • Langkah pertama adalah melakukan pembelian pulsa listrik. Sangat dianjurkan membeli nominal terendah terlebih dahulu, yaitu Rp 20.000.

  • Setelah melakukan pembelian pulsa listrik, Anda akan menerima token bernomor 20 digit. Pastikan memasukkan token dengan hati-hati ke bagian meteran listrik untuk menghindari kesalahan.

  • Jika nomor 20 digit sudah dimasukkan dengan benar, maka listrik akan secara otomatis hidup kembali.

  • Namun, jika listrik masih mati, berarti mungkin Anda salah memasukkan 20 digit nomor token. Coba lagi.

  • Jika Anda sudah memasukkan nomor token lebih dari dua kali dan listrik masih tidak menyala, sebaiknya Anda berhenti memasukkan nomor. Ada kemungkinan nomor token terblokir, yang dapat menimbulkan masalah fatal. Solusinya adalah menghubungi pihak PLN.

Ada beberapa orang yang mungkin lupa mengisi token listrik, sehingga mengakibatkan meteran listrik mati. Solusinya adalah dengan mencari tempat pembelian token listrik yang murah dan terpercaya.

Dengan memahami cara mengisi token listrik dan membeli dari tempat yang terpercaya, kini Anda tidak perlu khawatir lagi tentang meteran listrik mati. Terus lakukan pembelian token listrik secara berkala agar listrik rumah tetap menyala.

Referensi: Trik Viral 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment