Soloensis

Mesin Vacuum Sealer Buat Makanan Rumahan dan Industri Kecil Jadi Awet

buat makanan jadi fresh dan segar menggunakan mesin vacuum sealer-ff596a24

Mesin vacuum sealer adalah solusi terbaik untuk menjaga makanan tetap fresh dan segar. Dengan cara menghisap udara dari dalam kemasan dan menyegelnya, makanan terlindung dari bakteri dan udara luar. Bisa digunakan untuk menyimpan aneka jenis makanan seperti daging, sayuran, buah, biji-bijian, dan frozen food.

Cara Kerja Mesin Vacuum Sealer Plastik

Bagaimana Cara Menggunakan Mesin Vacuum Sealer:

  • Siapkan alat dan produk yang akan dikemas terlebih dahulu.
  • Buka tutup mesin perlahan.
  • Tekan switch untuk mengeluarkan tabung hisap.
  • Letakkan plastik kemasan sesuai dengan penjepit sealing.
  • Tutup dan tekan kedua sisi pada tanda kunci.
  • Tekan tombol power, lampu akan menyala secara otomatis.
  • Mesin mulai menghisap udara dari kemasan. Tekan sedikit kemasan secara manual untuk membantu proses pengosongan udara.
  • Pastikan udara dalam kemasan sudah tersegel sempurna.
  • Tekan tombol sealing, lampu tanda segel akan menyala dan berkedip. Mesin akan berbunyi sebagai tanda pengemasan selesai.
  • Buka penjepit sealing dan produk sudah terkemas dengan udara hampa, hasil istimewa, dan tahan lama.


Bikin Makanan Awet Tanpa Harus Susah Payah

Mesin Vacuum sealer portable sering diidentikkan dengan penyimpanan makanan, baik untuk rumah tangga maupun industri kecil. Keuntungannya adalah harga yang terjangkau jika dibandingkan dengan mesin vacuum besar.

Pembatasan oksigen mempengaruhi perkembangan bakteri, memperlambat proses pembusukan bahan makanan dan menjaga kualitasnya lebih lama dari biasanya.

Menghilangkan udara dalam kemasan plastik, memastikan bahwa produk tetap berkualitas dan terhindar dari kerusakan akibat oksidasi udara selama berada dalam kemasan.

Alasan Mesin Vacuum Sealer Perlu Anda Miliki di Rumah

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu memiliki Mesin vacuum sealer di rumah:

  • Vacuum sealer memperpanjang usia bahan makanan hingga 3-5 kali lebih lama karena membuat bahan makanan bebas oksigen. Bakteri dan jamur tidak bisa tumbuh tanpa oksigen.
  • Vacuum sealer memastikan kualitas dan rasa bahan makanan tetap terjaga. Proses vacuum mencegah pembentukan kristal akibat air bahan makanan yang keluar dan terkena udara. Sehingga kelembaban bahan makanan terjaga, mempertahankan rasa yang segar.
  • Vakum sealer membantu Anda menghemat pengeluaran belanja. Misalnya, saat membeli daging sapi, Anda bisa membeli dalam jumlah besar dan membagi menjadi beberapa porsi sesuai kebutuhan. Kemudian, simpan dalam kantong vakum untuk digunakan setiap kali Anda memasak. Dengan cara ini, bahan makanan bisa disimpan lebih lama dan Anda tidak perlu belanja setiap saat. Terlebih lagi, memakai vakum sealer juga membantu meminimalkan ruang penyimpanan di kulkas.

Untuk memastikan produk Anda tetap terjaga dan tersegel dengan baik, lakukan perawatan pada mesin vacuum setelah setiap pemakaian. Ini akan membantu menjaga kualitas mesin dan menghasilkan produk terbaik. Perawatan mesin juga dapat menghemat biaya dengan mencegah Anda harus meminta bantuan teknisi. Mengerti cara merawat mesin sendiri jauh lebih baik daripada harus membayar biaya tinggi untuk memperbaiki kerusakan. Bagaimana cara merawat mesin dengan baik?

Cara Perawatan

Perawatan mesin vakum:

  • Bersihkan setelah setiap pemakaian
  • Gunakan mesin sesuai waktu yang direkomendasikan, sekitar 8 jam, beristirahat selama 1 jam sebelum digunakan kembali
  • Gunakan oli SAE setiap bulan atau sesuai dengan intensitas pemakaian
  • Ganti lapisan teflon jika sudah rusak atau gosong
  • Ganti pemanas jika sudah terbakar atau rusak
  • Cek karet chamber, ganti jika sudah kendor atau rusak.

Mesin vacuum sealing bukan hanya berguna bagi produsen besar, tetapi juga bisa digunakan oleh UKM di rumah atau pabrik kecil. Industri makanan saat ini memiliki persaingan yang ketat, dan dengan menggunakan mesin vacuum yang profesional, kualitas produk UKM dapat meningkat dan bersaing dengan produk rumahan lainnya.

Keuntungan Menggunakan Mesin Vacuum Sealer Makanan Dalam Mengemas Produk:

  • Produk yang dikemas menjadi lebih awet. Menggunakan mesin vacuum, produk akan terjamin lebih awet. Hal ini karena udara di dalam kemasan dipompa keluar, sehingga tidak ada ruang untuk udara dalam kemasan. Banyak produk yang membutuhkan metode vacuum pada kemasan agar cita rasanya tetap terjaga, seperti sosis. Karena tidak ada udara dalam kemasan, kerusakan akibat oksidasi dapat dihindari, sehingga produk dapat bertahan lebih lama.
  • Produk juga lebih higienis dan terhindar dari kontaminasi atau kerusakan. Di lingkungan kita ada banyak bakteri pembusuk. Selain membusukkan hewan mati atau sayuran, bakteri juga dapat merusak makanan yang sudah matang maupun yang belum diolah. Bakteri juga dapat masuk ke kemasan jika terjadi kebocoran. Untuk meminimalisir hal ini, kemasan yang hampa udara dapat mengatasi masalah ini. Dengan demikian, produk akan tetap higienis dan terhindar dari kontaminasi atau bakteri lain.
  • Produk berkualitas dan rasa terjaga. Kekosongan udara dalam kemasan membuat produk lebih segar dan rasanya terjaga. Produk seperti sosis dan daging olahan lainnya lebih segar jika dikemas dengan menggunakan vacuum sealer dibandingkan non-vacuum.
  • Bisa digunakan untuk berbagai produk. Selain produk daging olahan, mesin vacuum juga bisa digunakan untuk produk makanan lain, seperti keripik, dan bahkan produk non-makanan.
  • Pasar lebih luas. Produk yang dikemas dengan vacuum memiliki umur simpan yang lebih lama, sehingga bisa didistribusikan ke jarak dan waktu yang jauh. Kemasan hampa udara memudahkan produsen dan distributor untuk meningkatkan penjualan produk. 
  • Kemasan yang menarik. Langkah pertama untuk memikat konsumen seringkali terlihat dari tampilan kemasan produk. Kemasan yang menarik dan eksklusif bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk, sebaliknya jika kemasan tidak memiliki nilai jual, maka konsumen tidak akan tertarik.

Menggunakan mesin Vacuum Sealer membantu industri kemasan produk makanan. Tanpa proses pengemasan vacuum, kualitas produk makanan seperti rasa, bau, dan tekstur akan terpengaruh. Penggunaan mesin ini meminimalisir pembusukan dan tumbuhnya bakteri dalam kemasan produk.

Dengan begitu, bakteri tidak dapat tumbuh pada produk dalam kemasan vacuum. Ini berarti bahwa jika tingkat oksigen dalam kemasan tidak ada, produk makanan dalam kemasan tersebut akan tetap bersih, higienis, teratur, dan membuat makanan lebih tahan lama.

Penutup

Mesin vacuum sealer adalah mesin yang sangat berguna bagi rumah tangga maupun usaha kecil untuk menjaga kualitas dan memperpanjang usia bahan makanan. Vacuum sealer memastikan bahan makanan bebas oksigen dan terhindar dari bakteri dan jamur, mempertahankan rasa dan kelembaban, serta membantu menghemat pengeluaran belanja. Walaupun harganya terjangkau, tetap penting untuk melakukan perawatan mesin setelah setiap pemakaian. Vacuum sealer adalah solusi yang efektif untuk memastikan bahan makanan tetap fresh dan segar.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment