Soloensis

Dari dalam Ucapan Bullying

stop-bullying-pro-civil-rights-concept_23-2148584350
Gambar: Freepik

     Bullying merupakan salah satu tindakan tidak terpuji yang merugikan korbannya bahkan hingga mempengaruhi kesehatan psikisnya. Parahnya kasus bullying juga kerap ditemukan di sekolah.

     Salah satu contoh bullying yaitu menjauhi atau mengucilkan teman di sekolah. Dengan melakukan hal ini teman yang kamu jauhi akan merasa sedih, tertekan, dan membuatnya merasa tidak nyaman bahkan minder.

     Pengertian Bullying

     bullying berasal dari bahasa Inggris yaitu bull yang berarti banteng. Secara etimologi bullying berarti penggertak, orang yang mengganggu yang lemah. Bullying merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus.

     Bullying bisa diidentifikasi lewat tiga karakteristik yaitu disengaja (untuk menyakiti), terjadi secara berulang-ulang, dan ada perbedaan kekuasaan. Bullying bisa terjadi di kehidupan sehari-hari atau dunia online. Bullying online atau biasa disebut cyber bullying sering terjadi melalui media sosial, SMS/teks atau pesan instan, email, atau platform online tempat sosial berinteraksi.

     Di waktu kelas 1, tahun 2023 terjadi bullying di salah satu kelas yang berada di SMA Negeri 8 Surakarta. waktu itu di kelas qsering kali yang namanya becandaan namun becandaanya dengan nama orang tua, korban berinisial A sering kali mendapatkan bully tak hanya oleh satu orang yang membully, Si A bahkan juga mengalami bullying oleh satu kelas juga dengen cara roasting, walaupun Si A mengalami kondisi tersebut, Si A tidak dapat memberi respon perlawanan dalam menanggapi bullying tersebut, hampir setiap hari Si A sering kali mendapatkan bullying oleh temen sekelasnya namun meski dia kena bullying di kelasnya ia tetap sabar dalam menjalani hari – hari nya dan tetap masi bisa akrab kepada temennya, menjalani sekolah layaknya usia remaja pada umumnya.

     Dampak Bullying

 

     Menurut Suyatno (2003) yang dikutip dalam buku Model Intervensi Psikologi Islam Konseling Kelompol Tazkiyatun Nafsi: Salah Satu Bentuk Upaya dalam Menangani Siswa Korban Bullying, menyebutkan beberapa dampak negatif yang dialami anak-anak korban bullying yaitu:

  1. Dampak bullying terhadap kehidupan individu

  a. Kurangnya motivasi atau harga diri,

  b. Problem kesehatan mental, misalnya kecemasan berlebihan, problem dalam hal makan, susah tidur.

  c. Sakit yang serius dan luka parah sampai cacat permanen: patah tulang, radang karena infeksi, dan mata lebam, termasuk juga sakit kepala, perut, otot, dan lain-lain yang bertahun-tahun meski bila ia tak lagi dianiaya.

  d. Problem-problem kesehatan seksual, misalnya: mengalami kerusakan organ reproduksinya, kehamilan yang tak diinginkan, ketularan penyakit menular seksual.

  e. Mengembangkan perilaku agresif (suka menyerang) atau jadi pemarah atau bahkan sebaliknya menjadi pendiam dan suka menarik diri dari pergaulan.

  f. Mimpi buruk dan serba ketakutan, selain itu kehilangan nafsu makan, tumbuh, dan belajar lebih lamban, sakit perut, asma, dan sakit kepala.

  g. Kematian.

 

  2. Dampak bullying terhadap kehidupan sosial

  a. Pewarisan lingkaran kekerasan secara turun-temurun atau dari generasi ke generasi.

  b. Tetap bertahan kepercayaan yang keliru bahwa orang tua mempunyai hak untuk melakukan apa saja terhadap anaknya, termasuk hak melakukan kekerasan.

  c. Kualitas hidup semua anggota masyarakat merosot, sebab anak yang dianiaya tak mengambil peran yang selayaknya dalam kehidupan kemasyarakatan.

 

3. Dampak bullying terhadap kehidupan akademik

     Bullying berhubungan dengan meningkatnya tingkat depresi, agresi, penurunan nilai akademik, dan tindakan bunuh diri. Bullying juga menurunkan skor tes kecerdasan dan kemampuan analisis siswa.

 

 

Nama : Hasbi Nur Ibrahim

Sekolah : SMAN 8 Surakarta

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment