Soloensis

Pahami Penyebab Flashdisk yang Tidak Terbaca dan Cara Mengatasinya

Kamu mempunyai permasalahan flashdisk yang tidak bisa dibaca pada netbook atau computer PC? Memang, permasalahan yang ini kadang membuat pusing siapa karena itu. Karena, kadang ada-ada saja data penting yang ada dalam sebuah flashdisk.

Bila kamu alami permasalahan itu, tenang saja, karena di bawah telah ada ringkasan 7 langkah menangani flashdisk tidak terbaca. Flashdisk yang bisa dikarenakan oleh banyak hal, baik karena terserang kotoran, kerusakan piranti, atau yang lain.

Sehingga, dibutuhkan cara-cara untuk menanganinya, seperti cara format Flashdisk yang tidak terbaca dan pemicunya semasing. Silakan coba caranya satu per satu cara berikut ini.

 

1. Gunakan Port USB Lain

Langkah awal sebagai langkah menangani flashdisk tidak bisa dibaca dengan menggunakan port USB yang lain. Langkah ini sebagai sistem termudah untuk dipakai.

Karena, bisa port USB yang kamu pakai seterusnya memang memiliki masalah. Hingga mengakibatkan flashdisk justru tidak bisa dibaca.

Oleh karena itu, tidak ada kelirunya jika coba langkah ini. Tetapi, jika rupanya sistem ini tidak menangani persoalanmu, karena itu silahkan lanjut ke langkah selanjutnya.

 

2. Bersihkan Port USB dan Konektor Flashdisk

Langkah menangani flashdisk tidak bisa dibaca selanjutnya dengan bersihkan port USB dan konektor flashdisk. Karena, bisa flashdisk tidak bisa dibaca karena debu yang menimbun pada lubang port USB atau konektor flashdisk.

Membersihkan sejumlah partikel yang melekat pada pelat kuningan pada konektor flashdisk dengan penghapus. Tetapi, langkah ini cuman dapat dilaksanakan untuk flaskdisk dengan konektor type male.

Sesudah kamu bersihkan port USB dan konektor flashdisk, coba hubungkan kembali flashdisk itu ke netbook. Bila gagal, turuti cara selanjutnya.

 

3. Pindai dengan Software Antivirus

Bisa flashdisk tidak bisa dibaca di netbook karena gempuran virus atau malware. Untuk menanganinya, karena itu kamu cukup scan piranti flaskdiskmu, dengan antivirus yang terupdate.

Langkah menangani flashdisk tidak bisa dibaca dengan antivirus ini, dapat dilaksanakan dengan antivirus apa yang terinstall di netbookmu. Misalkan dengan menggunakan Smadav, Kaspersky, Avast!, AVG, dan sebagainya.

Bila memungkinkannya, kamu bisa memakai antivirus premium yang mempunyai kekuatan semakin tinggi dalam scan virus dan malware dibanding versus gratis.

 

4. Lakukan Update Driver

Jika flashdiskmu belum dapat dibaca , karena itu kamu dapat coba menanganinya dengan up-date driver flashdisk. Langkah menangani flashdisk tidak bisa dibaca ini, dapat dilaksanakan tanpa mem-format flashdisk.

Triknya benar-benar gampang, turuti langkah menangani flashdisk tidak bisa dibaca di bawah ini.

ØPencet tombol Windows+X, lalu tentukan Piranti Manajer.

ØSaat jendela Piranti Manajer terbuka, seterusnya click pilihan Disk Drive.

ØMencari piranti USB mu, selanjutnya click kanan dan click Properties.

ØSeterusnya, masuk di tab Driver dan click tombol Up-date Driver.

ØBila netbook atau computer PC mu telah mendapati driver flaskdisk yang terupdate, karena itu driver itu akan terunduh secara automatis.

Baca : 5 Cara Memformat Flasdisk

5. Install Ulang Driver USB

Langkah menangani flashdisk tidak bisa dibaca ini, dapat kau kerjakan bila usaha utntuk memperbaharui driver USB tidak pecahkan masalah juga.

Untuk mengawali, kamu dapat mengikut beberapa langkah di bawah ini.

ØColokkan flashdisk yang tidak bisa dibaca ke computer PC atau netbook.

ØPencet tombol Windows+X, lalu tentukan Piranti Manajer.

ØPada jendela Piranti Manajer itu, mencari pilihan Universal Seri Bis Controller.

ØMembuka menu dropdown, tentukan opsi USB Mass Penyimpanan Piranti.

ØSelanjutnya click kanan, dan click pilihan Uninstall Piranti.

ØBila tampil pop-up atau jendela peringatan, click Uninstall saja.

ØKemudian, cabut flashdisk dari netbook atau computer PC, selanjutnya colokkan kembali.

ØNantikan beberapa saat, untuk menyaksikan flashdisk bisa dibaca atau mungkin tidak. JIka tidak bisa dibaca, karena itu turuti langkah menangani flashdisk tidak bisa dibaca selanjutnya.

6. Gunakan Komputer Management

Untuk menangani permasalahan flashdisk yang tidak bisa dibaca, juga bisa dengan manfaatkan Computer Manajemen. Tetapi, untuk menggunakan langkah ini, harus ditegaskan terlebi dulu jika port USB tidak memiliki masalah.

Untuk ketahuinya, kamu dapat coba mencolokkan piranti lain ke port USB itu, bisa dibaca atau mungkin tidak. Bila bisa dibaca, karena itu dapat ditegaskan port USB itu pada keadaan baik.

Dengan feature Computer Manajemen, memungkinkannya kamu untuk lakukan scanning dan pola drive seperti kepentingan.

Nah, itulah tadi beberapa cara mengatasi flasdisk yang tidak bisa terbaca dan beberapa penyebabnya. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terima kasih.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment