Soloensis

Sahabatku dari Luar Solo

Screenshot 2024-03-25 144735
Gambar: Freepik

     Sahabatku dari luar Solo. Siti Rahayu namanya atau akrab disapa Ayu. Ayu lahir pada tahun 2009 di Surabaya. Ibu Ayu berasal dari Malang, sementara Ayah Ayu berasal dari Blitar. Sebelum pindah dan menetap di Solo Ayu dan keluarganya tinggal di Surabaya. Kemudian pada tahun 2010 pindah dan pada akhirnya menetap di Solo. Ayu adalah anak bungsu, ia memiliki satu kakak laki laki yang memiliki selisih umur 4 tahun dengannya.

     Aku dan Ayu saat ini duduk dibangku SMP kelas 8. Kami saling mengenal dan pada akhirnya bersahabat karena kami satu angkatan disekolah dan juga satu organisasi disekolah. Sebelumnya kami tidak saling mengenal satu sama lain hingga pada suatu saat kami dipertemukan dalam sebuah organisasi dan setelah itu kami berkenalan hingga menjadi sahabat baik sampai saat ini.

     Sebelum bersahabat baik ternyata kami pada awalnya memiliki prasangka satu sama lain. Namun prasangka tersebut bukanlah prasangka yang buruk. Hanya sekedar menilai seseorang dari luarnya saja. Namun setelah berkenalan dan berteman prasangka tersebut salah.

     Prasangkaku dan Ayu yaitu sebagai berikut. Ayu berprasangka kepadaku bahwa aku memiliki sifat cuek, sombong, dan kurang ramah. Begitupun denganku, aku berprasangka bahwa Ayu merupakan orang yang kurang peduli dengan teman teman disekitarnya, juga memiliki sifat yang cuek, sombong, judes, dan galak. Namun setelah bersahabat kurang lebih selama satu tahun kami menyadari bahwa prasangka tersebut ternyata salah.

     Jadi kesimpulannya jangan pernah menilai orang lain hanya dari satu sisi ataupun hanya dari luarnya saja. Karena penilaian tersebut belum tentu benar adanya.

     Ayu memiliki sifat yang ramah kepada semua orang. Walaupun dia bukan orang solo atau sekitarnya, dalam segi fisik tidak ada perbedaan dengan yang lain. Namun dalam segi nada bicara memang Ayu memiliki nada bicara yang lebih tinggi daripada masyarakat Solo pada umumnya. Hal itu dikarenakan memang orang Jawa Timur memiliki nada bicara yang lebih tinggi. Namun hal tersebut bukanlah penghalang bagi persahabatan kami. Teman teman kami disekolah juga tidak pernah mempermasalahkan hal tersebut.

     Selain perbedaan tersebut, keluarga Ayu juga merupakan keluarga yang sangat beragam. Apa maksudnya?? Jadi keluarga besar Ayu adalah keluarga yang berbeda beda. Perbedaan dikeluarga besar Ayu meliputi daerah tempat tinggal yang saling berjauhan dan agama yang dianut oleh masing masing anggota keluarga. Hal itu merupakan suatu keberagaman yang indah. Keberagaman tersebut bukanlah penghalang untuk tetap bersilahturahmi dan menjalin hubungan baik anatar kerabat.

     Contohnya Ayu bersama ayah, ibu, dan kakaknya mengunjungi salah satu kerabatnya di Bali untuk bersilahturahmi sekaligus berlibur di Pulau Dewata tersebut yang sudah terkenal akan keindahan alamnya.

     Manfaat lain adanya perbedaan tersebut yaitu Ayu dapat mengenal lebih dalam mengenai beberapa agama yang dianut oleh kerabatnya. Jadi jangan pernah jadikan perbedaan sebagai PENGHALANG.

SEKIAN DARI SAYA TERIMAKASIH!!!

 

Nama: Tasya Nur Aprilia

Sekolah: SMPN 18 Surakarta

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment