Soloensis

Perbedaan Yang Menyatukan

IMG_20240221_210358

•–•

 

Namaku Lila. Aku tinggal di Totosari, kota Surakarta. Waktu umurku sekitar 9 tahun, ada anak baru yang pindah ke kampungku. Namanya Mia.

Dia asalnya dari Majalengka. Dia seumuran denganku jadi tinggi kami juga sama. Rambutnya lurus sebahu dan kulitnya agak gelap. Mia punya adik yang kira-kira umurnya beda 3 tahun sama dia. 

 

 

Dulu aku temenan sama Mbak Dina dan Mbak Fila. Rumah mereka berdua deket sama rumah baru Mia. Jadi mereka udah lumayan akrab. Sedangkan aku? ngobrol sekali pun ga pernah.

 

Selang beberapa hari setelah Mia pindah kesini, aku mulai dikenalin ke Mia oleh Mbak Dina dan Mbak Fila. Mia orangnya agak pendiam jadi susah kalau mau akrab.

 

Dulu aku agak benci sama dia. Soalnya tiap diajak ngomong dia jawabnya singkat banget. Kan jadi males mau ngobrol sama dia. Apalagi muka dia juga keliatan judes. Kaya orang yang ga pernah senyum.

 

Dia pernah ga sengaja nyenggol aku. Disitu aku mikir kalau dia sengaja nyenggol aku. Terus aku jadi makin benci sama Mia.

 

Tiap aku ketemu sama dia, aku selalu pasang tampang yang sirik. Kalau dia menyapa, aku ga nyapa dia balik.

 

 

Sampai di suatu hari waktu aku mau TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) di Masjid. Mia juga ikut datang ke TPA. Disitu Mia kurang lancar baca huruf Hijaiyah. Dia juga kurang lancar mau ngobrol sama orang lain. Apalagi minta tolong ke kakak pembinanya.

Karena aku kasian sama Mia, aku nawarin buat ngajarin dia. Selama aku ngajarin dia, aku coba ajak dia ngobrol. 

Ternyata Mia jadi pendiam karena cara berbicara masyarakat di sini berbeda dengan tempat asalnya. Jadi dia kesusahan beradaptasi.

 

Aku jadi merasa bersalah karena sering berpikiran buruk tentang dia. Aku Pun memberanikan diri untuk meminta maaf “Mia, aku minta maaf ya” 

Mia bertanya “Kenapa?”

“Aku sering mikir hal buruk tentang kamu, padahal kamu ga salah apa-apa.” Aku coba menjelaskan kesalahanku.

“Yaudah gapapa kok, asal jangan ulangi lagi yaa”

 

 

Lama kelamaan aku sama Mia mulai jadi deket. Mulai dari berangkat TPA bareng. Sampai main bareng tiap hari. Bareng Mbak Dina dan Mbak Fila juga mestinya.

Tapi sayangnya, Mia ngga menetap di kampungku. Setelah sekiranya 2 tahun, dia pindah ketempat lain. Tapi, dia pindahnya ga terlalu jauh dari rumahku. Jadi aku tetep bisa main sama Mia.

 

 

Sayangnya aku dan Mia udah ngga berhubungan lagi sejak dia pindah. Aku juga ga pernah main sama Mbak Dina dan Mbak Fila lagi. Tapi, kenangan saat aku main bareng mereka ga akan pernah hilang.

 

 

 

Jadiiii jangan menilai orang dari luarnya aja yaa. Meskipun dia keliatan judes ataupun galak, belum tentu sifatnya juga sama. Begitu juga sebaliknya. Orang yang kelihatan baik diluar, belum tentu baik juga didalam.

 

Jangan suka berprasangka buruk juga yaa.

 

•–•

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment