Soloensis

Keberagaman yang ada Diantara Kita

vinno
Gambar: Freepik

     Aku mempunyai salah satu teman yang memiliki banyak perbedaan denganku baik yang mencolok maupun tidak. Seperti perbedaan fisik, dia memiliki rambut keriting, kulit sawo matang sedangkan aku memiliki rambut ikal dan kulit kuning langsat. Perbedaan lainnya seperti agama, dia adalah seorang kristiani sedangkan aku muslim, kita juga beda gender dia perempuan dan aku laki – laki

     Saat SD kami masih sering bertemu. Kami pernah berada di dalam satu kelompok tari, saat sedang berlatih aku salah dalam melakukan gerakan dan dia mengingatkanku. Dia juga pernah memberiku makanan saat uang sakuku habis. Sekarang kita juga masih satu sekolah yaitu di SMPN 18 SURAKARTA. Saat smp kita semakin jarang bertemu karena berbeda kelas, namun itu tidak menjadi penghalang untuk saling berteman. Kita juga masih sering membantu satu sama lain, seperti saat aku belum mendapatkan jadwal harian dari wali kelas dia memberikan jadwalnya. Aku juga sering membantunya saat dia kesusahan dalam mengerjakan tugasnya, serta saat datang hari raya salah satu dari kita saling memberi selamat.

     Aku masih memiliki satu pengalaman tentang keberagaman. Saat aku masih kelas 4 SD kelasku kedatangan 2 siswi pindahan, salah satunya yaitu teman yang ingin aku ceritakan ini. Saat itu berhubung ada pandemi COVID-19 kita belajar melalui metode daring, maka dari itu aku dan temanku yang lainnya masih penasaran dengan siswi baru tersebut. Saat kelas 5 mulai pembelajaran di sekolah tetapi menggunakan metode sif, saat itu aku belum bisa melihatnya karena dia sif pagi sedangkan aku sif siang.

     Lalu bertemulah kita saat kelas 6 karena pandemi sudah semakin mereda dan sekolah juga sudah berani untuk pembelajaran tatap muka secara penuh. Aku dan temanku berpikir dia adalah sosok yang nakal dan tengil, saat pertama kali masuk karena aku dan temanku beranggapan seperti itu karena dia adalah murid pindahan. Setelah cukup lama kenal dengannya ternyata dia adalah seorang yang sabar, dan baik hati. Aku bertanya kepadanya mengapa dia pindah sekolah, ternyata dia pindah karena dia sering dibully oleh temannya di SD yang lama.

     Meski perbedaan selalu mendampingi kita namun kita selalu saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Serta kita harus selalu berpikiran positif dan jauhi prasangka. Sekian pengalaman keberagamanku ~

~ Salam Keberagaman

 

Nama: Vinno Muhamad Ilham

Sekolah: SMPN 18 Surakarta

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment