Soloensis

Indahnya Perbedaan Di Sekitarku

young-people-illustration_52683-34676
Gambar: Freepik

     Assalamualaikum,Shalom,Namo Budaya,Om Swastiastu,Salam Kebajikan

     Nama lengkap Saya Fransiska Rahayu bisa di panggil Siska,umur saya 13th,saya lahir di solo, 8 Januari 2011. Kota asal saya Solo,saya mempunyai Ayah dan Ibu berasal dari Suku Batak.

     Menurut saya, perbedaan itu sangatlah indah,karena dari perbedaan kita bisa menemukan sesuatu yang tidak pernah kita lihat,dengar dan lakukan. Sesuai pengalaman pribadi saya yang saya pernah alami,saya menemukan teman yang berbagai suku,ras,agama,kulit,bahasa,dll.

     Saya mempunyai teman yang bernama Chandra,ia berasal dari Jawa Tengah (Solo),ada juga temanku yang namanya,Monang ia berasal dari Nusa Tenggara Timur (Ende),di situ lah perbedaan yang saya alami,ketika Monang berbicara kepadaku ia nadanya sangat keras seperti mengajak berantem tetapi aku paham karena logatnya dia sudah dari asalnya.

     Ketika Monang berbicara kepada ku,Chandra mengira aku dan Monang sedang berantem karna logat ku juga ngajak berantem. Chandra sampai melerai aku dan Monang,pada itu Aku dan Monang hanya bisa tertawa,dan Chandra bingung karena kita tertawa, Monang mengatakan “hei aku ini tidak berantem dengan Siska eee,logatnya Siska emang hampir sama kayak aku chandra,Siska karna ada keturunan Batak makanya logatnya seperti itu” ucap Monang.

     Chandra mengatakan “Owalah begitu,maaf ya aku kira kalian berantem” ucap Chandra dengan logatnya yang halus itu, karena Solo terkenal dengan bahasa yang halus.

     Semenjak kejadian itu chandra memahami bahwa di sekeliling kita banyak perbedaan dari sosial,ekonomi,ras,suku,agama,rambut,kulit,bahasa,dll.

 

Pesan dari pengalamanku adalah “Pahamilah,hargai dan hormati perbedaan yang ada”

 

Nama: Fransiska Rahayu

Sekolah: SMPN 5 Surakarta

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment