Soloensis

Inilah Kondisi Para Pedagang Pasar Legi Pasca Kebakaran

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

SOLO- Kebakaran hebat yang melanda Pasar Legi, Solo pada Senin (29/10/2018) sore pukul 16.45 WIB akhirnya padam setelah api berkobar selama kurang lebih sembilan jam. Para pedagang mencoba memadamkan api dengan alat seadanya , akan tetapi angin yang sangat besar membuat api sukar padam. Berdasarkan keterangan warga sumber api diduga akibat korsleting listrik dari lantai dua tepatnya di sisi barat deretan tengah pasar.

Menurut kesaksian warga yang ada di sekitar pasar, sebelum pasar itu terbakar sempat muncul kepulan asap putih dari bagian tengah pasar. Kemudian api itu menjalar dari tengah sampai ke bagian utara pasar. Karena banyak material yang mudah terbakar menyebabkan api sangat cepat menjalar.

Akibat kebakaran ini ratusan kios pedagang ludes terbakar dan tidak ada yang bisa di selamatkan. Setelah kejadian ini para pedagang mencoba membersihkan sisa-sisa puing bekas kebakaran.  Kejadian ini membuat para pedagang kebingungan karena sudah tidak punya lapak untuk berjualan. Pemkot Solo bergerak cepat untuk membantu para pedagang dengan membangunan pasar darurat.

Selain mengupayakan pembangunan pasar darurat yang bakal selesai akhir november,para  pedagang yang rencananya menempatinya meminta pasokan listrik di pasar darurat yang di siapkan oleh Pemkot Solo tersebut. Hal ini di anggap penting agar pasar tak gelap saat para pedagang berjualan pada sore hari atau saat datang musim penghujan. Selain itu, Pemkot Solo juga mengantisipasi adanya pedagang siluman yang memanfaatkan musibah kebakaran ini. Upaya yang dilakukan Pemkot Solo dengan membangun pasar daruat membuat hari para pedagang sedikit lega. Karenanya para pedagang bisa berjualan lagi seperti biasanya. 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Avatar

Fata Dzuhri

Mahasiswa IAIN Surakarta

Add comment