Soloensis

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Rekognisi COVID-19 Universitas Sebelas Maret di Desa Karangan

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

“Upaya Preventif Menghadapi Pandemi COVID-19 Melalui Program Penggiatan Kesadaran dan Pemahaman Kesehatan Mayarakat”

 

Untuk mewujudkan tri dharma perguruan tinggi yang diimplementasikan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), maka dilaksanakan program kerja KKN Rekognisi COVID-19 UNS yang berlokasi di Desa Karangan RT 02 RW 12 Begajah, Sukoharjo, Kab. Sukoharjo dengan tema “Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap COVID-19″.

KKN Rekognisi COVID-19 Universitas Sebelas Maret dilakukan dengan menggunakan berbagai pendekatan, salah satunya yaitu pendekatan individual. Mahasiswa melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata secara individual di lokasi sekitar tempat tinggal. Disamping itu, mahasiswa melaksanakan kegiatan dengan menggunakan media sosial atau media lain yang sesuai dengan protokol pencegahan COVID-19. Pelaksanaan KKN Rekognisi COVID-19 UNS dimulai pada tanggal 15 Juni 2020 sampai 31 Juli 2020 dengan durasi KKN selama 45 hari. KKN Rekognisi COVID-19 UNS dilaksanakan selama 2x16x4 jam pelaksanaan.

Sejalan dengan hal tersebut, Ishanifa NW selaku penulis melakukan beberapa program kerja tanggap wabah COVID-19, diantaranya: (1) Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat setempat terhadap bahaya COVID-19 dan pencegahannya dengan cara rutin melakukan sosialisasi/penyuluhan via daring (whatsapp) melalui grup karang taruna (2) Membagikan masker, handsanitizer, dan poster cara mencuci tangan yang benar dengan tujuan agar masyarakat setempat dapat mempraktekkan berbagai pencegahan penularan COVID-19, seperti menggunakan masker/handsanitizer yang baik dan benar serta menjaga pertahanan tubuh. (3) Meningkatkan pengetahuan masyarakat setempat mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan memberi vitamin C dan membagikan demo video senam setiap minggu agar masyarakat tetap menjaga pola hidup sehat meski melakukan physical distancing. (4) Selalu mengingatkan masyarakat untuk menerapkan PSBB dan pentingnya stay at home.

Dengan adanya Kuliah Kerja Nyata (KKN) Rekognisi COVID-19 UNS membuat penulis lebih mengenal daerah tempat tinggal serta mendorong penulis untuk mempelajari berbagai hal baru yang belum pernah penulis lakukan sebelumnya. Tak luput, penulis mengucapkan terimakasih kepada Ibu Dr. Izza Mafruhah, S.E., M.Si. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang telah membimbing dan memberikan arahan selama pelaksanaan KKN. Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak RT/RW Desa Karangan yang telah membantu dalam pelaksanaan KKN Rekognisi COVID-19 UNS.

Penulis berharap artikel yang penulis buat dapat bermanfaat bagi semua pembaca agar dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap sesama dalam menerapkan protokol kesehatan seperti melakukan physical distancing dan selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

ishanifa nw

Add comment