Soloensis

Pasar Rakyat Memang Merakyat

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2

Seaten merupkan agenda tahunan yang diselanggaran oleh Keraton Kasunanan Surakarta dan Keraton Yogyakarta Hadiningrat. Sekaten dilakukan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, atau biasa disebut Maulid Nabi. Menurut penanggalan Jawa Sekaten dilksanakan pada tanggal 5 hingga 12 Mulud. Beberapa acara yang biasanya dilakukan yaitu dimainkannya gamelan pusaka dihalaman masjid Agung, rangkaian pengajian di serambi Masjid, dan ditutup dengan gunungan atau gerebeg ulud sebagai bentuk syukur pihak keraton dengan mengeluarkan sejumlah gunungan untuk diberikan kepada masyarakat.

 

Perayaan dari sekaten sendri tidak lepas dengan adanya “Gebyar Pasar Rakyat”, untuk di Surakarta diselenggarakan di Alun-Alun Kidul (Alkid) atau Alun-Alun Utara. Pasar rakyat berlangsung lebih lama, pada tahun ini dilaksanakan pada 9 November hingga 9 Desember 2018.

 

Pasar Rakyat atau masyarakat solo lebih akrab menyapanya dengan “Sekatenan”, memang selalu dinanti-nanti oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Banyak hal menarik dari Pasar Rakyat ini mulai dari harga yang murah dan terjangkau serta tidak dipungut biaya tiket masuk. Hanya dengan retrebusi parkir Rp 3.000, dapat dengan leluasa bersuka ria disekaten sepuasnya.

 

Pernak pernik dan mainan yang dijual disana memang ada yang mengikuti perkembangan jaman ada juga yang setiap tahun pasti ada dan menjadi ciri khas. Dan dari berbagai kalangan pasti ada, untuk anak-anak banyak maina yang dari dulu sudah ada di sekaten, seperti gangsingan kayu, mainan masak dari gerabah atau bolopecah, minan kodok dan banyak lagi. Untuk Ibu-ibu pasti sangat suka karena di sekaten selalu menjual berbagai bunga imitasi beserta vasnya, yang menarik hati ibu-ibu untuk memperindah rumah. Yang tidak kalah menarik masih banyak yang menjual kinang, jenang, telur asin, dan berbagai makanan khas jaman dulu sehingga cocok membawa kakek atau nenek untuk sedikit bernostalgia.

 

Wahan-wahana maina yang disediakan selalu ramai dengan pengunjung, wahana dengan harga terjangkau dapat dinaiki bersama keluarga, teman, atau pasangan. Untuk melepas penat, atau menguji adrenaline, dan bersenang-senang tentunya. Beberapa wahana yang ada adalah Kora-kora, Bianglala, Ombak Banyu (air), Tong Stand, Rumah Hantu, Bombom Car, dan masih bayak lagi.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2

Linda Rahmawati

Mahasiswa IAIN Surakarta

Add comment