Soloensis

Ternyata Inilah Penyebab Pasar Tawangsari selalu Ramai oleh Pengunjung

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Pasar Tawangsari Sukoharjo berada di desa Kateguhan, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo. Pasar ini memiliki tempat yang strategis karena berada di sebelah barat perempatan atau lebih tepatnya berada di jalan raya Bulu-Tawangsari dan jalan raya Tawangsari-Weru. Pasar ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat sekitar bahkan yang dari luar Sukoharjo banyak yang tahu tentang Pasar Tawangsari ini.

Lalu apa sih yang menjadi keunikan Pasar Tawangsari sehingga ramai pengunjung? Ok, langsung saja kita bahas satu-persatu.

Yang pertama Pasar Tawangsari mempunyai keunikan yaitu “LEGEN” yaitu pasar yang hanya buka setiap 5 hari sekali atau dalam kalender jawa hanya buka setiap weton “LEGI” makanya pasar ini disebut sebagai pasar “LEGEN”. Keunikan dari Pasar Legen Tawangsari ini tidak menjual barang khusus saja melainkan menjual berbagai jenis barang  dan hewan ternak. Banyak dijumpai di pasar Legen ini berbagai barang baru dan bekas seperti: barang kebutuhan rumah tangga, barang elektronik, pakaian, aksesoris motor, dan hewan-hewan ternak.

Saat legen yang paling ramai adalah tempat penjualan kambing dan burung. Ya karena pasar ini hanya terjadi lima hari sekali dan di daerah sekitar pasar penduduknya adalah penggemar burung dan kambing. Terkadang di pasar ini ada lomba kicauan burung yang menjadikan pasar ini semakin ramai.

            Tentunya yang dijual tidak hanya yang disebutkan di atas seperti penjual poster, stiker, potong rambut, alat olahraga, Hp, dan penjual jamu dapat dijumpai di pasar ini. Nah yang unik ini adalah penjual jamu yang menawarkan jamunya dengan pengeras suara dan nada bicaranya yang lucu dan menarik menjadikan pasar legen ini beda dengan pasar yang lain. Ada juga yang menjual tembakau rokok yang untuk dijadikan rokok “TINGWE” atau ngelinting dewe kebanyakan yang membeli adalah orang tua.

            Yang kedua yang menjadikan pasar Tawangsari Ramai adalah pasarnya yang baru direnovasi sehingga sekarang bersih, rapi dan tidak bau lagi. Di Pasar Tawangsarinya sendiri buka setiap hari beda dengan pasar legen tadi yang hanya ada setiap weton legi saja. Pasar Tawangsari terdapat dua lantai, lantai dasar berisi pedagang sembako dan keperluan lain sedangkan lantai atas khusus penjual pakaian dan penjual jamu.         

            Di pasar Tawangsari masih banyak yang menjual makanan tradisional yang banyak digemari masyarakat karena rasanya yang enak dan harganya merakyat. Seperti arem-arem, gendar pecel, karak, rengginan, wajik, tempe alakatak, jenang krasikan, klepon, gethuk, lemper, onde-onde kumbu, kue lapis, es dawet, dll.      

Yang menjadi khasnya adalah tempe alakatak yang berasal dari Weru, Sukoharjo. Dikutip dari Wikipedia, Tempe Alakatak adalah Tempe yang terbuat dari kacang-kacangan atau biasa disebut dengan benguk dan dicampuri dengan mie yang berwarna kuning yang terbuat dari tepung singkong dan kunyit kemudian dibungkus dengan daun jati.

            Yang menjadi daya tarik dari Pasar Tawangsari yang ketiga adalah Pasar Malamnya yang berada di depan pasar yang mulai buka dari sore sampai malam hari. Pasar malam ini tidak begitu besar tetapi selalu ramai pengunjung khususnya adalah anak-anak karena disana banyak berbagai jenis permainan untuk anak-anak.

            Jika ingin datang ke pasar malam ini bisa datang setiap hari dan untuk harga tiket masuknya tidak usah khawatir karena gratis hanya membayar parkir saja. Harga untuk menaiki wahana permainan juga sangat murah. Jika merasa haus ataupun lapar jangan panik karena banyak dijumpai disekitar pasar malam yang berjualan berbagai macam makanan dan minuman.

            Seperti yang dikatakan oleh Reni, “pasar Tawangsari itu rame, banyak mainan anak-anak, harganya terjangkau, dan bisa meramaikan warga Tawangsari dan sekitarnya”.

            Nah itu tadi adalah pembahasan tentang Pasar Tawangsari, untuk yang ingin mencari kebutuhan sehari-hari atau yang hanya ingin main silahkan mapir saja.

 

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Bambang Adi Saputro

Seorang mahasiswa dari IAIN SURAKARTA yang menyukai olahraga sepakbola.

Add comment