Soloensis

Mengenal Surat Pernyataan Bermaterai untuk Proses Jual Beli Properti

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Surat pernyataan bermaterai adalah salah satu surat pernyataan yang harus Anda mengerti dan pahami. Mungkin akan ada sebuah saat dimana Anda harus ataupun perlu membeli sesuatu dengan harga yang tidaklah murah. Pada saat itulah Anda membutuhkan sebuah jaminan bahwa benda yang Anda beli sudah benar-benar menjadi milik Anda sendiri.

Membeli sebuah merupakan salah satu bentuk transaksi yang membutuhkan nominal besar dan tanggung jawab yang besar. Agar proses transaksi jual beli properti Anda bisa berlangsung dengan baik dan aman maka Anda membutuhkan sebuah surat pernyataan untuk jual beli properti.

Agar Anda bisa tahu mengenai surat pernyataan bermaterai maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai:

 

Fungsi Surat Pernyataan Bermaterai

Sejak memasuki era transaksi online, semakin banyak orang yang lebih memilih untuk membeli barang-barang berbagai jenis secara daring. Baik itu dalam jumlah yang sedikit ataupun transaksi dalam jumlah yang besar. Melakukan pembelian barang-barang secara online memang sangat praktis.

Namun jika Anda membeli sebuah benda dengan nilai yang tinggi tanpa adanya sebuah jaminan ataupun surat pernyataan maka Anda tidak bisa memiliki salah satu bukti jaminan yang sah. Hingga saat ini masih banyak orang yang melakukan transaksi dalam jumlah besar namun tidak memiliki sebuah bukti pernyataan yang nyata sama sekali.

Hal ini sungguh disayangkan karena jika Anda tidak memiliki sebuah surat pernyataan. Maka Anda tidak memiliki bukti yang cukup kuat bahwa kepemilikan dari benda yang Anda beli apakah sah atau tidaknya. Sama juga halnya ketika Anda hendak membeli sebuah properti.

Properti dijual dengan harga yang sangat tinggi oleh karena itulah Anda membutuhkan sebuah surat pernyataan bermaterai untuk segala keperluan. Sebenarnya apakah surat pernyataan itu? Dilansir dari Agen properti yang menanggani Tanah dijual Karawang, surat pernyataan adalah sebuah keterangan yang dibuat secara tertulis yang digunakan untuk menjelaskan sebuah kondisi ataupun keadaan yang ada.

 

Format Surat Pernyataan Bermaterai

Surat pernyataan juga memiliki struktur yang cukup umum digunakan. Di bawah ini adalah format yang paling umum digunakan apabila Anda ingin membuat surat pernyataan:

  1. Pada bagian awal terdapat judul dari surat pernyataan yang Anda buat. Tuliskanlah judul secara jelas dan posisikanlah pada bagian tengah atau center dari surat Anda.
  2. Bagian yang selanjutnya adalah isi. Pada bagian ini terdapat identitas dari Anda yang membuat pernyataan, isi dan tujuan dari surat pernyataan beserta identitas lengkap dari pihak yang dinyatakan. Buatlah isi sesuai dengan fakta dan kondisi yang ada agar tidak menjadi masalah hukum di kemudian hari.
  3. Pada bagian akhir adalah bagian penutup. Pada bagian ini berisikan tempat dan tanggal dibuatnya surat pernyataan, nama jelas dari pembuat dan pihak yang dinyatakan beserta tanda tangan diatas materai.

Sebuah surat pernyataan tidak akan menjadi sah apabila salah satu dari format di atas tersebut ada yang tidak ada. Selain itu pastikan juga agar Anda menuliskan dengan jelas apa yang menjadi tujuan Anda dalam membuat surat pernyataan tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

Surat pernyataan bermaterai bisa digunakan untuk tanah warisan, pernyataan tanah tidak sengketa ataupun hal lain yang membutuhkan sebuah kepastian secara hukum.

Baca Juga : Kesalahan Memilih Ruko Sebagai Tempat Usaha

Manfaat Surat Pernyataan Bermaterai

Banyak yang menyepelekan surat pernyataan bermaterai padahal Anda bisa merasakan banyak manfaat dengan membuat surat tersebut. Dilansir dari Era Property, inilah beberapa manfaat untuk membuat surat pernyataan bermaterai:

 

Dari Pihak Pembuat

Bagi pihak pembuat, surat pernyataan bermaterai memiliki fungsi yaitu untuk menjadikannya sebagai sebuah bukti yang sah dari suatu hal yang dituliskan di dalam surat tersebut. Sebagai pembuat juga bisa menyampaikan sebuah maksud yang jelas dan ditujukan kepada pihak penerima.

 

Dari Pihak Penerima

Bagi pihak pembuat, surat pernyataan bermaterai ini bisa menjadi salah satu bukti dan perjanjian yang mengikat terutama apabila isi dari surat tersebut tidak sesuai dengan perjanjian yang ada dan dibuat di awal.

 

Dari Pihak yang Dinyatakan

Untuk pihak yang dinyatakan, surat pernyataan ini juga memiliki fungsi sebagai salah satu cara untuk menjadi bukti penguat apabila pada suatu hari terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan apa yang sudah dijanjikan sebelumnya.

Oleh karena itulah sangat penting agar surat pernyataan disimpan dengan baik agar bisa menjadi barang bukti yang baik di kemudian hari.

 

Contoh Surat Pernyataan Bermaterai untuk Tanah Warisan

Apabila terdapat seorang anggota keluarga Anda yang ingin mewariskan tanahnya kepada Anda. Maka dalam hal ini dibutuhkan sebuah surat pernyataan yang menyatakan bahwa anggota keluarga Anda benar-benar secara sadar ingin mewariskannya langsung kepada orang yang ditunjuknya.

Di bawah ini adalah contoh surat pernyataan bermaterai tanah warisan yang bisa menjadi sebuah referensi bagi Anda:

 

SURAT PERNYATAAN

PEMBERIAN TANAH WARISAN

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama lengkap           : Soekarno

Posisi                          : Pemberi Waris

Nomor KTP                : 556833290099

Alamat lengkap         : Jl. Hadiah No. 13, Karawang

Nomor Telp                : 0812-0029-7099

 

Dengan ini akan mewariskan tanah saya yang berada di Jl. Teuku Zulkarnain No.3 Gang Manggis, Cikarang kepada anak saya yang bernama:

 

Nama lengkap            : Ahmad Mujib

Posisi                           : Anak Pertama, sebagai Penerima Waris

Nomor KTP                 : 88928188729008

Alamat lengkap          : Jl. Lemah Abang Raya No.94, Cikarang

Nomor Telp                 : 0811-0299-0988

 

Tanah yang akan diwariskan tersebut memiliki batasan batasan sebagai berikut:

 

Timur                          : Berbatasan dengan rumah Bapak Haris

Barat                           : Berbatasan dengan Jl. Teuku Zulkarnain

Selatan                       : Berbatasan dengan tanah Bapak Erfan Lubis

Utara                           : Berbatasan dengan rumah Ibu Nani Kusuma

 

Segala hal-hal yang berkaitan dengan tanah yang diwariskan tersebut, pihak penerima waris akan menerima dan melaksanakan tanggung jawabnya secara penuh.

Demikianlah Surat Pernyataan Pemberian Tanah Warisan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan untuk digunakan sebagaimana mestinya.

 

Karawang, 12 Juli 2021

 Penerima Waris                                                                                Pemberi Waris

 

  Ahmad Mujib                                                                                                 Soekarno

 

Tips :  Pastikan agar tanah yang hendak diwariskan sedang tidak dalam proses sengketa atau Anda akan sulit untuk mengurusnya.

 

Itulah tadi penjelasan singkat tentanf surat pernyataan bermaterai untuk jual beli properti yang salah satunya merupakan tanah dan bisa menjadi acuan bagi Anda dalam membuatnya di kemudian hari.

Pastikan agar Anda membuatnya dengan kalimat yang jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Candra Bi

Playmaker Panduanmenulis.com

Add comment