Soloensis

Indonesia dengan Keberagamanya

young-people-illustration-theme_23-2148473080
Gambar: Freepik

      Indonesia terdiri dari Berbagai Suku. Indonesia dikenal dengan Bangsa yang majemuk, dimana semua suku, ras, agama dan budaya ada di Indoensia. Semua bersatu dengan semboyan “Bhineka Tunggal Ika”, perbedaan bukan menjadi penghalang tersatukannya sisi kemanusiaa dan itulah Indonesia. Negeri yang kaya raya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia dari sabang hingga merauke. Persatuan ditengah perbedaan menjadi ciri khas bangsa Indonesia sejak dahulu.

      Negara kita Indonesia adalah sebuah negara besar yang terdiri dari ribuan pulau yang tersebar di negeri. Dengan kondisi gegrafis yang begitu luas, maka tak heran jika Indonesia memliki beragam suku dan budaya. Kekayaan Indonesia tidak hanya dari sumber daya alam yang melimpah ruah, namun kekayaan budaya yang begitu majemuk menjadi salah satu pemersatu bangsa di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ada suku Jawa, Madura, Betawi, Batak dan masih banyak lagi suku lainnya yang tersebar di berbagai daerah.

       Untuk itulah, kita sebagai warga negara Indonesia, harus menghormati setiap suku yang ada di nusantara. Karena bisa jadi setiap suku memiliki kebudayaan yang berbeda dengan budaya suku kita, atau bahkan bertentangan dengan adat budaya kita. Namun kita harus menyadari bahwa itulah kekayaan sesungguhnya dari bangsa kita Indonesia. Kita tidak boleh mencela adat suku lain hanya karena berebeda dengan budaya kita.

      Keragaman merupakan suatu kondisi pada kehidupan masyarakat. Perbedaan seperti itu ada pada suku bangsa, agama, ras, serta budaya. Keragaman yang ada di Indonesia adalah kekayaan dan keindahan bangsa indonesia. Pemerintah harus bisa mendorong keberagaman tersebut menjadi suatu kekuatan untuk bisa mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional menuju indonesia yang lebih baik.

      Keberagaman bangsa Indonesia dapat dibentuk oleh banyaknya jumlah suku bangsa yang tinggal di wilayah Indonesia dan tersebar di berbagai pulau dan wilayah di penjuru indonesia. Setiap suku bangsa memiliki ciri khas dan karakteristik sendiri pada aspek sosial dan budaya. Menurut penelitian badan statistik auat BPS, yang di lakukan tahun 2010, di Indonesia terdapat 1.128 suku bangsa.

      keberagaman yang ada pada masyarakat, bisa saja menjadi tantangan hal itu disebabkan karena orang yang mempunyai perbedaan pendapat bisa lepas kendali. Munculnya perasaan kedaerahan serta kesukuan yang berlebihan dan dibarengi tindakan yang dapat merusak persatuan, hal tersebut dapat mengancam keutuhan NKRI. Karean itu adanya usaha untuk dapat mewujudkan kerukunan bisa dilakukan dengan menggunakan dialog dan kerjasama dengan prinsip kesetaraan, kebersamaan, toleransi dan juga saling menghormati satu sama lain.

      Keberagaman masyarakat Indonesia disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Kondisi negara kepulauan

2. Letak strategis wilayah Indonesia

3. Perbedaan kondisi alam

4. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan

5. Keadaan transportasi dan kumunikasi

       tidak ada perbedaan SARA, klau kita bangsa indonesia, ya bangsa indonesia. bangsa yang dikenal dengan hukum,bangsa yang juga di kenal bangsa yang harmoni ,sejahtera, dan damai . negara bisa hancur akibat satu orang saja, kenapa? bayangkan saja satu orang ini menyebarkan fitnah dan mengadu domba, maka negara kita akan musnah sekejap.

      Maka dari itulah sebagai bangsa yang kuat, mari bersama-sama melawan dan membrantas iblis-iblis yang ingin mengancurkan negara kita Pada Hari Minggu, saya dan teman-teman berkumpul di sekolahan sekitar pukul 07.00 pagi. Kami akan membersihkan ruang kelas bersama-sama. Akan tetapi, ada sebagian teman kami yang belum datang, karena harus beribadah terlebih dahulu ke gereja. Kami tidak mempermasalahkannya. Kami semua menghormati perbedaan agama yang ada di antara kami semua.

      Kami memulai kerja bakti dengan kegiatan yang sudah dibagi-bagi pada hari sebelumnya. Sekitar pukul 09.30 pagi teman kami Oliv dan Sasi datang dari gereja dan langsung membantu pekerjaan kami. Kami sangat senang mereka datang dan bisa membantu kami.

      Karena dengan pekerjaan yang dikerjakan secara bersama-sama membuat pekerjaan menjadi cepat selesai, selain itu juga kami menjadi semakin akrab karena bekerja sama. Kerja sama sangat baik untuk dilakukan.

      Keberagaman budaya adalah konsep yang mengacu pada adanya variasi dalam tradisi, bahasa, agama, nilai-nilai, adat istiadat, dan ekspresi kreatif manusia di berbagai kelompok masyarakat. Konsep ini mengakui bahwa setiap individu dan kelompok memiliki identitas budaya yang unik dan berharga.

     Keberagaman budaya sangat penting karena membawa banyak manfaat. Pertama, keberagaman budaya memperkaya kehidupan kita dengan pengalaman yang beragam dan perspektif yang berbeda. Ini membantu kita memahami dan menghargai perbedaan serta mempromosikan saling pengertian dan toleransi.

        Kedua, keberagaman budaya memungkinkan pertukaran pengetahuan, gagasan, dan inovasi di antara kelompok-kelompok budaya. Ini dapat mendorong perkembangan dan kemajuan dalam berbagai bidang seperti seni, musik, teknologi, dan ilmu pengetahuan.

       Ketiga, keberagaman budaya juga dapat menghasilkan kolaborasi yang produktif dan kerjasama di antara kelompok-kelompok budaya yang berbeda. Ini dapat membantu dalam memecahkan masalah yang kompleks, menciptakan harmoni sosial, dan mempromosikan perdamaian.

      Namun, penting untuk diingat bahwa dalam menghargai dan merayakan keberagaman budaya, kita juga harus menghormati nilai-nilai dan hak asasi setiap individu dan kelompok. Melalui dialog, penghargaan, dan pendidikan, kita dapat membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan harmonis.

 

Muhammad Favian Kent Anargya

 

SMPN 2 Surakarta

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment