Soloensis

PERKEMBANGAN JARINGAN KOMPUTER

PERKEMBANGAN JARINGAN KOMPUTER DARI WAKTU KE WAKTU

Komputer merupakan perangkat teknologi yang memudahkan aktivitas Anda khususnya dalam menyelesaikan pekerjaan. Sebuah perangkat komputer tidak hanya membutuhkan hardware maupun software. Lebih dari itu, komputer juga membutuhkan jaringan agar kinerjanya menjadi lebih optimal. Sejarah perkembangan jaringan komputer telah menjalani periode panjang hingga mencapai titik dimana kinerja perangkat ini semakin canggih. 

Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

Memang saat ini jaringan komputer sangat bermanfaat dan juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat di era modern seperti ini untuk berbagai keperluan, mulai dari kepentingan bisnis hingga kepentingan hiburan. Namun demikian, ternyata jaringan komputer sebenarnya sudah dicetuskan dari berpuluh – puluh tahun yang lalu. Berikut ini adalah sejarah dari perkembangan jaringan komputer :

Tahun 1940-an: Batch Processing

Jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.

 

Tahun 1950-an: pengembangan TSS (Time Sharing System)

Kemudian ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer.

 

Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri. Dengan demikian, komputer dapat mengakses maupun diakses menggunakan media terminal, client, workstation yang tersedia dalam waktu bersamaan. TSS adalah sistem pertama yang benar-benar mengimplementasikan konsep jaringan komputer. Jadi, dapat dikatakan bahwa Time Sharing System merupakan cikal bakal network yang Anda kenal sampai sekarang.

Tahun 1970-an: Distribution Processing

Sejarah perkembangan jaringan komputer berlanjut 30 tahun kemudian. Pada masa ini, sistem TSS telah dikembangkan menjadi distribution processing. Penggunaan sistem ini memungkinkan 2 host komputer untuk mengerjakan tugasnya masing-masing. Disamping itu, setiap host dan juga server memiliki kemampuan untuk melayani banyak terminal atau client. Satu lagi aspek yang menonjol dari sistem ini adalah meningkatnya kemampuan host atau server untuk mengolah dan melayani station.

 

Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dala proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.

Tahun 1980-an: penggunaan TCP/IP untuk standarisasi jaringan

Pada tahun 1982, dibuatlah sebuah protokol yang diberi nama TCP (Transmission Control Protocol). TCP inilah yang saat ini Anda kena dengan nama IP atau Internet Protocol. Kehadiran protokol ini membuat banyak komputer dan usernya bisa terhubung ke dalam sebuah jaringan global. Kemudian, di tahun 1984 muncul lah apa yang disebut dengan DNS.

Secara sederhana, DNS dapat diartikan sebagai kumpulan alamat web yang berbeda. Alamat web tersebut dapat dikunjungi siapapun yang terhubung ke jaringan internet. Lalu, pada waktu yang sama juga muncul topologi jaringan komputer yang pertama yaitu LAN. Dengan adanya LAN, maka dua komputer dapat terkoneksi satu sama lain tanpa menggunakan media host maupun server.

Tahun 1988, perkembangan jaringan komputer semakin pesat. Ini ditandai dengan kemuculan IRC atau Internet Relay Chat yang dikembangkan oleh Jarkko Oikaren. IRC merupakan program yang memungkinkan Anda untuk melakukan chatting melalui jaringan internet dengan user lain. Pada waktu itu, penggunaan IRC oleh user sangat intens karena belum populernya fitur SMS.

Tahun 1990-an: lahirnya World Wide Web

Seorang bernama Tim Bernes Lee mulai merancang dan mengembang sebuah program yang dapat melihat seluruh isi internet. Program yang dirancang dan dikembangkan pada tahun 1990 ini diberi nama World Wide Web. Dengan adanya WWW, maka beberapa komputer bisa membentuk suatu jaringan.

 

 

Pada tahun ini pula, program e-retail mulai muncul. Disini, Anda dapat berbelanja menggunakan alamat website. Pada tahap selanjutnya, e-retail terus berkembang hingga menjadi e-commerce. Selain e-retail, program Yahoo dan juga Netscape Navigator mulai bermunculan. Yahoo umumnya digunakan untuk chatting dengan user lain. Sementara itu, kegunaan dari Netscape Navigator adalah menyediakan akses kepada user untuk browsing.

Dewasa ini, kinerja dari sebuah perangkat komputer memang semakin canggih. Kecanggihan yang dihadirkannya tidak terlepas dari sejarah perkembangan jaringan komputer dari tahun 40-an hingga sekarang. Dalam jangka waktu tersebut, banyak terjadi perubahan untuk penyempurnaan sistem jaringan komputer. Oleh sebab itu, Anda harus memanfaatkan komputer secara bijak untuk menghargai kerja keras para pengembang terdahulu.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Komputer 

Kelebihan:  

1.    Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation. 

2.    Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat seorang pemakai yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan. 

3.    Sistem backup data lebih baik, karena pada jaringan client-server backup dilakukan terpusat di server, yang akan membackup seluruh data yang digunakan di dalam jaringan 

4.    Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang dimilikinya seperti: harddisk, drive, fax/modem, printer. 

5.    Biaya operasional relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe jaringan client-server, salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan. 

6.    Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server. Sehingga bila salah satu komputer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.

 

Kekurangan:

1.    Troubleshooting jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan tipe peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada. Di jaringan client-server, komunikasi adalah antara server dengan workstation. 

2.    Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur keamanan masing-masing fasilitas yang dimiliki. 

3.    Karena data jaringan tersebar di masing-masing komputer dalam jaringan, maka backup harus dilakukan oleh masing-masing komputer tersebut 

4.    Biaya operasional relatif lebih mahal. 

5.    Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.

6.    Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terjaga

 

 

 

 

 

 

 

Sumber:

https://hendrawaskitha.blogspot.com/2014/03/serba-serbi-jaringan-komputer.html

https://muhtaroktavianto.blogspot.com/2014/03/artikel-tentang-perkembangan-jaringan.html

Mengenal Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer Secara Singkat

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Faishal Azhari

    Mahasiswa

    View all posts

    Add comment