Soloensis

Perkembangan Teknologi Terbaru Dalam Bidang Transportasi

 

Perkembangan Teknologi Canggih Yang Diciptakan di Masa Depan Dalam Bidang Transportasi

Perkembangan teknologi didunia saat ini, sudah semakin canggih. Dibalik teknologi yang canggih, tentulah ada orang-orang yang sangat berbakat dan kompeten di dalamnya. Tanpa orang-orang yang berkompeten, maka teknologi yang canggih tidak akan tercipta. Saat ini, semua manusia membutuhkan teknologi untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Semakin majunya perkembangan zaman, maka teknologi pun akan semakin maju dan berkembang pesat. Perkembangan teknologi yang sangat pesat juga akan berdampak pada bidang transportasi.

Perkembangan Teknologi Pada Bidang Transportasi

Kilas balik pada teknologi zaman dahulu. Ada beberapa teknologi di bidang transportasi pada zaman dahulu ialah:

·         1903 – Pesawat Terbang

Transportasi menggunakan jalur udara pada saat ini dinilai menjadi sarana transportasi yang efektif. Hal ini tentu tak lepas dari penemuan inovasi Wright Bersaudara yang sukses menerbangkan pesawatnya untuk pertama kalinya pada 17 Desember 1903.

·         1952 – Barcode

Barcode adalah salah satu penemuan teknologi yang mengubah dunia yang dipatenkan oleh Joseph Wooland dan Bernard Silver di tahun 1952. Teknologi yang kini dipakai  dihampir semua produk di dunia ini berawal dari Wallace Flint yang meminta dibuatkan sebuah sistem pembaca informasi produk yang keluar secara otomatis.

·         1961 – Robot Industri

The Unimate menjadi robot industri pertama yang diprogram oleh General Motors di New Jersey di tahun 1961. Robot yang diciptakan oleh George C. Devol Jr. ini berbentuk seperti tangan manusia yang didesain untuk mengangkat barang dalam kegiatan produksi.

 

Ada banyak sekali teknologi di bidang transportasi pada masa yang akan datang ialah :

·         Lift Luar Angkasa (Space Elevator)

Pada 2050 nanti, di Tokyo Jepang, manusia dapat mengunjungi luar angkasa dan menembus awan dengan menggunakan lift. Teknologi lift luar angkasa (space elevator) ini memanfaatkan carbon nanotubes untuk menghantarkannya. Lift luar angkasa ini memiliki stasiun di bumi. Perusahaan Jepang Tokyo Obayashi Corp telah menyatakan bahwa jarak yang dapat ditempuh menggunakan lift luar angka ini adalah 96.000 kilometer dengan kapasitas penumpang sebanyak 30 orang.

·         Jetpack

Glenn Martin, seorang visionary dari Selandia Baru telah melakukan riset dan pengembangan jetpack selama 30 tahun. Sekarang jetpack ini telah siap digunakan secara komersial. Jetpack dapat terbang dalam batas waktu 30 menit dengan kecepatan maksimum 74 km/jam serta ketinggian 3000 kaki.

·         Mobil Terbang

Mobil terbang dalah sebuah perusahaan Amerika, Terrafugia, menciptakan sebuah mobil yang setengahnya adalah mobil, setengahnya lagi adalah pesawat dengan 4 roda, 2 kursi penumpang, serta sayap yang dapat dilipat. Mereka sudah mengembangkan sebuah prototype yang dikenal dengan nama TF-X yang disebut-sebut sebagai mobil terbang pertama di dunia. Sayangnya, pengembangan transportasi canggih ini memakan waktu cukup lama, yaitu sekitar 8 hingga 12 tahun.

·         Mobil Otomatis

Di masa depan keberadaan mobil yang bisa berjalan tanpa sopir atau mobil otomatis adalah hal yang sangat mungkin akan diwujudkan. Manusia akan sangat dimudahkan karena tidak perlu menyetir. Jadi Anda tinggal duduk diam sampai di tujuan. Di masa sekarang, perusahaan Google sudah menciptakan teknologi canggih ini, yakni mobil tanpa sopir yang bisa mengantar Anda kemana saja tanpa harus repot-repot menyetir. Mobil otomatis yang canggih ini dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi keadaan sekitar dan kamera 360 yang berfungsi untuk menunjukkan arah. Google sendiri telah menguji mobil ini di San Francisco dan hasilnya tidak terjadi kecelakaan selama uji coba.

·         Nanoteknologi

Nanoteknologi merupakan teknologi masa depan yang super canggih dan dibuat dengan ukuran sangat kecil. Ukuran nanoteknologi ini sama dengan ketebalan rambut yang dibelah menjadi 50.000 bagian. Teknologi super canggih ini diciptakan untuk memudahkan manusia dalam memanipulasi partikel sekecil atom. Tujuannya adalah untuk menciptakan material masa depan yang akan digunakan untuk mesin-mesin dan robot yang berukuran sangat kecil.

Material yang diciptakan dari nanoteknologi memiliki berat yang sangat ringan dan tahan di segala cuaca ekstrim. Selain itu, material tersebut mampu menghantarkan listrik dan ramah lingkungan

·         Hyperloop

Seorang miliarder mendesain mobil listrik inovatif, mendirikan perusahaan yang menjadi distributor stasiun luar angkasa internasional, dan menginvestasikan sebuah sistem banking alternatif yang telah dikenal secara mendunia. Sekarang miliarder tersebut mempunyai ide lain, yaitu menciptakan sebuah transportasi masa depan yang dapat membawa Anda dari San Fransico ke Los Angeles hanya dalam waktu 35 menit, padahal umumnya untuk pesawat saja sekitar 1 jam. Ide tersebut dikenal sebagai Hyperloop dan miliarder yang sedang kita bicarakan ii adalah Elon Musk, pendiri Tesla Motors, SpaceX, serta PayPal.

Hyperloop sendiri adalah teknologi transportasi canggih yang sangat cepat menyerupai tabung baja bermedia kapsul aluminium dengan kecepatan maksimum 1.200 km/jam. Kekurangan utama dari transportasi ini adalah harganya, hanya untuk mulai menjalankan Hyperloop saja dibutuhkan dana sekitar 70 miliar US Dollar. Tidak diketahui kapan tepatnya transportasi ini akan terbuka untuk komersial namun sebuah start-up bernama Hyperloop Transportasion Technologies, Inc. memperkirakan bahwa prototype dari Hyperloop akan dapat diperlihat di kuartal pertama tahun 2015.

 

Dari semua yang telah disajikan disini dapat kita katakan bahwa teknologi transportasi ini bisa saja berguna untuk kehidupan manusia, namun penggunaannya pun harus dibatasi agar sumber daya alam yang kita miliki sekarang tidak habis.

Tak hanya itu, jika kita ingin menciptakan suatu teknologi transportasi baru di kemudian hari, pastikan bahwa kita sudah memikirkan apa efek dan dampaknya bagi lingkungan kita, jadi jangan sampai kita merusak lingkungan. Oleh karena itu hal yang perlu diupayakan adalah mencari energi alternatif yang tidak mencemari lingkungan, mengalihkan transportasi kepada transportasi yang ramah lingkungan. 

 

REFERENSI :

https://www.tahupedia.com/content/show/410/10-Transportasi-Masa-Depan-Yang-Dapat-Kita-Lihat-Dalam-Waktu-Dekat.

Renjiro Ornata. 1 Agustus 2019

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Maulina Tria Audina Gultom

    Add comment