Soloensis

Unsur-Unsur Penting dalam Laporan Keuangan

Membahas tentang akuntansi tidak akan terlepas dari laporan keuangan. Sebab, ini merupakan cara paling efektif dan efisien dalam menggambarkan data perusahaan. Namun, dalam pengerjaannya harus memperhatikan unsur-unsur penting dalam laporan keuangan yang akan dicantumkan.

Adapun beberapa hal terkait unsur tersebut antara lain:

Neraca

Neraca ini berkaitan langsung dengan keuangan perusahaan. Untuk penyusunannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti aktiva atau aset yang memuat sumber daya ekonomi perusahaan sejak masa awal berdiri, namun akan memberikan manfaat di kemudian hari.

Ada 3 jenis aktiva yang dicantumkan yaitu, aktiva lancar (persediaan barang dagang), investasi jangka panjang (sumber ekonomi yang tidak digunakan untuk operasional), aktiva tetap (sama dengan aktiva lancar namun memiliki durasi waktu lebih panjang) dan aktiva tidak berwujud (merek, hak cipta dan sebagainya) serta aktiva lain-lain (segala aktiva di luar klasifikasi sebelumnya).

Baca : Bentuk Laporan Keuangan

Dalam penyusunan neraca, juga harus menyertakan pencatatan kewajiban atau hutang milik perusahaan masa sekarang, tetapi berasal dari masa lalu. Namun, akan dibayar masa mendatang dengan kondisi sumber daya ekonomi yang sudah berbeda sesuai perkiraan.

Ekuitas

Dalam pembuatan laporan keuangan mencakup ekuitas atau sisa dari aktiva milik perusahaan setelah dikurangi sesuai kewajiban perusahaan. Penyusunan ekuitas akan dilakukan secara urut berdasarkan nilai kekalnya.

Elemen dalam penyusunan ekuitas termasuk modal (segala pendukung yang digunakan untuk mendirikan sebuah perusahaan baik uang ataupun tenaga), kemudian agio saham (sumber kekayaan bersih sebuah perusahaan dari hasil menjual saham) dan laba di tahan (laba yang tidak diberikan pada pemilik saham saat pembagian keuntungan modal).

Baca Juga : Manajemen Industri

Laba dan Rugi

Adanya contoh laporan keuangan ini berfungsi memberikan informasi tentang laba atau rugi yang didapat oleh perusahaan selama 1 periode. Beberapa poin yang tercatat di dalamnya yaitu, penghasilan (melalui proses bisnis dan operasional), pendapatan dan keuntungan.

Selain penghasilan, biaya juga dicatat dalam laporan mencakup seluruh operasional, kemudian beban seperti gaji, penyusutan gedung serta kerugian akibat peristiwa tidak terduga seperti bencana alam, kebakaran atau hal lainnya.

Perubahan Ekuitas

Menampilkan informasi perubahan ekuitas dalam 1 periode, mulai dari saldo awal (berasal dari investasi pihak selain perusahaan), kemudian keuntungan bersih saat periode berlangsung dan jika mengalami kerugian maka harus sudah dikurangi dari saldo awal.

Dan terakhir prive, yaitu segala transaksi antara pemilik modal yang mengambil dana perusahaan untuk keperluan pribadinya. Pengambilan ini akan dihitung dengan cara mengurangi dari saldo awal milik perusahaan.

Simak Selengkapnya : Berita Pendidikan

Bila sudah mengetahui unsur-unsur penting dalam laporan keuangan, maka akan memudahkan proses penyusunannya. Sehingga segala keuangan perusahaan jelas kegunaannya. Karena ini akan sangat membantu ketika lupa atau jika terjadi masalah keuangan bisa langsung mengkroscek ulang laporan tersebut.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment