Soloensis

BBM Resmi Naik, Begini Prediksi Harga Minyak ke Depan

pt-pertamina-persero-menyiapkan-9-sembilan-potensi-kerjasama-dan-kolaborasi-sebagai-upaya-langkah-konkrit-dalam-membangun-infr_169

Jakarta, Indonesia – Harga bahan bakar minyak (BBM) jenis non subsidi naik per 1 Oktober 2023. Terdapat empat jenis BBM yang mengalami kenaikan harga diantaranya yakni Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex.

PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Kenaikan harga BBM sejalan dengan kenaikan harga minyak mentah dunia. Minyak mentah brent hingga perdagangan Jumat (29/9/2023) berada di posisi US$95,31 dan minyak mentah wti di posisi US$90,79.

Kenaikan harga minyak mentah dunia didorong dari pemotongan produksi yang dilakukan oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya untuk menurunkan pasokan global di bawah permintaan.

Para analis pasar memprediksi harga minyak mentah dunia dapat menyentuh ke level US$100 per barel. Namun terdapat hal lain yang dapat menahan kenaikan harga minyak.

Sebagian besar analis pasar berpendapat harga kemungkinan akan mendekati US$90 untuk sisa tahun ini. Melansir laporan The Wall Street Journal, Goldman Sachs memperkirakan harga rata-rata kuartal keempat sebesar US$88 per barel untuk minyak mentah AS.

Harga yang lebih tinggi dapat mengurangi permintaan. Kini lebih sedikit warga Amerika yang mengemudi atau terbang secara ekstensif, ucap J.P. Morgan, karena kenaikan harga bensin dan bahan bakar jet. Konsumsi bensin turun pada bulan Juli lebih besar dari biasanya, dan maskapai penerbangan baru-baru ini melaporkan penjualan di bawah ekspektasi.

Pertumbuhan permintaan di China, yang sebagian besar didorong oleh jutaan wisatawan yang terbang seiring Beijing melonggarkan pembatasan perjalanan, juga melemah. Konsumsi bahan bakar jet hampir pulih ke tingkat sebelum pandemi. Dan China telah mulai memanfaatkan persediaan minyak mentahnya, meningkatkan pengoperasian kilang, dan mengekspor lebih banyak bahan bakar.

China mampu melakukan hal ini, dan mendapatkan keuntungan dari proses tersebut, ucap kepala strategi komoditas global Citi, Ed Morse, karena banyaknya stok minyak mentah yang dikumpulkan negara tersebut selama tiga tahun terakhir dengan membeli minyak mentah murah, yang terbaru dari Rusia dan Iran.

Harga minyak yang tinggi mungkin merangsang pertumbuhan pasokan. Jika harga melebihi US$100 untuk waktu yang lama, produsen AS kemungkinan akan meningkatkan produksi dan menurunkannya kembali. Bahkan pada tingkat harga saat ini, ekspor dari Iran, Irak, Libya, Nigeria dan Venezuela sudah melonjak, meskipun sanksi dan masalah produksi melanda negara-negara tersebut.

Potensi spekulan untuk mendorong pasar lebih tinggi terbatas, menurut beberapa analis. Posisi manajer keuangan sudah menjadi yang paling bullish selama lebih dari tiga tahun, menurut Standard Chartered. Konsumen, produsen dan pedagang mengantisipasi pasar yang ketat dan melakukan pembelian menjelang kenaikan, menurut Daniel Ghali, ahli strategi komoditas di TD Securities.

Yang pasti, harga minyak masih bisa terguncang karena guncangan pasokan yang tidak terduga, dan tingginya posisi spekulatif saat ini, fundamental minyak yang ketat, dan ketidakpastian ekonomi, menurut para analis, merupakan penyebab terjadinya volatilitas di bulan-bulan mendatang.

bigwin77 Namun jika harga benar-benar naik jauh lebih tinggi, banyak yang percaya bahwa Arab Saudi akan mencoba menurunkannya kembali dengan memanfaatkan kapasitas cadangan minyak mentah yang masih tersisa dari pemotongannya. Riyadh memperoleh pendapatan yang baik dengan harga yang berada pada kondisi saat ini, dan kekhawatiran mengenai dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh harga yang lebih tinggi prada4d.

 

 

Sanggahan: Artikel ini adalah produk jurnalistik berupa pandangan CNBC Indonesia Research. Analisis ini tidak bertujuan mengajak pembaca untuk membeli, menahan, atau menjual produk atau sektor investasi terkait. bigwin777 Keputusan sepenuhnya ada pada diri pembaca, sehingga kami tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan tersebut.

SUMBER : CNBC INDONESIA 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment