Soloensis

Berkebun Menanam Sawi Selama Di Rumah Saja, Mudah dan Praktis !

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Berkebun selama dirumah memang cenderung memiliki ketertarikan tersendiri yang memang sangat mudah kita lakukan disaat-saat seperti ini. Salah satunya dengan melakukan aktivitas berkebun menanam sayuran.

Selama dirumah aja, selain mengasah produktivitas tentu hal yang sangat menarik untuk kita lakukan menanam sayuran. Banyak jenis sayuran yang dapat kita tanam, salah satunya dengan menanam sawi. Sawi menjadi salah satu jenis sayuran yang mudah dibudidayakan, dan juga mudah perawatannya.

Tanaman sawi juga memiliki kegunaan yang cukup krusial untuk beberapa kuliner yang tentunya cocok untuk berbagai macam jenis masakan. Salah satunya kita menggunakkan sawi campuran dalam masakan mie instant yang praktis.

Menanam sawi dirumah tidak sama dengan menanam sawi di sawah atau ladang dalam jumlah besar, tentu ada metode khusus yang membedakan keduanya salah satu media penanaman sawi yang digunakan.

Berikut cara menanam sawi di rumah yang bisa dipratekkan secara langsung, mudah dan praktis.

Pemilihan Benih Sawi

Pemilihan benih atau bibit bisa dilakukan dengan membeli secara online, namun pastikan dalam memilih bibit atau benih sawi yang berkualitas berasal dari varietas bagus. Ada banyak jenis sawi yang bisa anda tentukan sendiri kualitasnya.

Inilah yang menjadi peran penting dalam pemilihan bibit yang berkualitas dan bagus, varietas sawi hijau yang bisa anda pilih untuk ditanam.

Menyemai Benih Sawi

Setelah menentukkan dan membeli benih yang sesuai dan bagus, Langkah selanjutnya melakukan penyemaian terhadap benih tadi pada media tanam polybag. Dengan memberikan potongan bambu yang ukurannya sedang untuk ditancapkan pada polybag.

Isi dari polybag bisa menggunakkan tanah humus yang memang cepat merangsang pertumbuhan benih sawi. Untuk perawatannya kita bisa menyirami bibit yang ditanam dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari.

Media Tanam Sawi

Setelah benih tumbuh menjadi bibit sawi yang siap ditanam maka Langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanam sawi seperti polybag. campuran tanah, pupuk kandang, dan arang sekam atau bisa juga sabut kelapa.

Perbandingan bahan media tanam tersebut 2:1:1. Kemudian, bahan-bahan tersebut dicampur rata. Setelah rata, masukkan ke dalam polybag yang sudah disediakan. Diamkan media tanam selama 3 hari, setelah itu dapat digunakan untuk menanam.

Proses Penanaman Sawi

Setelah media tanam tersebut siap untuk ditanami bibit maka Langkah selanjutnya bisa langsung menanam bibit sawi atau memindahkannya ke media tanam yang baru. Maka scara yang dilakukan dalam proses penanaman sawi yaitu memindahkan dengan hati-hati sawi tersebut ke dalam media tanam.

Setelah proses penanaman selesai, bisa gunakan pupuk organik cair yang bisa merangsang pertumbuhan sawi secara signifikan.

Perawatan Tanaman Sawi

Melakukan perawatan pada tanaman sawi tentu sangatlah diperlukan untuk menjamin pertumbuhan tanaman sawi secara tepat. Dengan melakukan penyiraman secara rutin 2 kali sehari pagi dan sore ditambah memberikan kombinasi pupuk organik cair.

Penjarangan ini dilakukan setelah 2 minggu penanaman. Setelah tanaman Sawi Hijau tumbuh, perlu dilakukan penyulaman tanaman yang mati atau terserang hama dan penyakit dengan tanaman baru.

Dapat merangsang pertumbuhan sekaligus mencegah dari serangan hama maupun penyakit yang tentunya akan sangat mengganggu hasil tanaman sawi.

Proses Memanen Sawi

Sawi yang sudah tumbuh secara baik selama 2 minggu ini, bisa dipanen dengan cara

pada umur 40 sampai 50 hari setelah tanam. Cara memanen Sawi Hijau adalah dengan memotong pangkal batang atau dengan mencabut seluruh tanaman. 

Setelah dicabut, bersihkan Sawi Hijau tersebut dengan membuang tanah yang melekat pada akar Sawi Hijau atau dengan memotong bagian yang tidak penting. Kemudian, cucilah dengan menggunakan air guna memperpanjang kesegaran Sawi Hijau.

Anda bisa membaca secara lengkap panduan menanam sawi secara organik dan mudah sekali dipraktekkan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Karolina Eka

Siapapun Bisa Panen !
Go Organik Indonesia

Add comment