Soloensis

Dosen Univet Bantara Sukoharjo Laksanakan Program Kemitraan kepada Masyarakat di Desa Karang Tengah Wonogiri

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Pasca pengumuman program hibah Program Kemitraan kepada Masyarakat (PkM) DRPM Kemenristekdikti pada bulan februari 2019, tim PkM Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo (Univet Bantara) yang berkolaborasi masyarakat desa Karangtengah Wonogiri melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mengambil tema inovasi, pengembangan produk dan pemasaran daun janggelan. Tim PkM yang diketuai oleh Purwanto, SE. MM. (Dosen Prodi Manajemen) dan beranggotakan Novian Wely A. STP. M.Sc. dan Afriyanti, STP. M.Sc.  Dosen Prodi Teknogi Hasil Pertanian (THP). Mengawali kegiatan PkM, pada bulan Maret telah dilaksanakan sosialisasi kepada kelompok wanita tani janggelan terkait rencana program pengabdian yang akan dijalankan. Komoditas janggelan diambil sebagai objek untuk dikembangkan karena merupakan salah satu komoditas pertanian potensial yang banyak dikembangkan dan dibudidayakan di daerah tersebut.

Pada tanggal 1 Mei 2019 tim PkM yang dibantu oleh 2 orang mahasiswa yaitu Anita dan Faisal melaksanakan program pertama yaitu kegiatan penyuluhan dan peningkatan pemahaman masyarakat terkait dengan Kewirausahaan dan UMKM. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada kelompok wanita tani (KWT) terkait dengan pengelolaan UMKM dan memberikan semangat untuk berwirausaha sehingga dapat membantu dan mendorong perekonomian keluarga. Kegiatan diikuti oleh 15 peserta dan berlangsung selama kurang lebih 3 jam. Kegiatan diawali dengan pretest untuk menggambarkan pemahaman peserta dan diakhiri dengan posttest sebagai evaluasi terhadap penyampaian materi. Materi pertama disampaikan oleh Afriyanti, STP. M.Sc dan dilanjutkan materi kedua oleh Purwanto, SE. MM.  serta sebagai moderator acara Novian Wely A. STP. M.Sc. Peserta kegiatan sangat antusias bertanya dan berdiskusi karena beberapa peserta telah memiliki usaha rumahan yang potensial dikembangkan sebagai penopang pendapatan keluarga. Pertemuan selanjutnya akan disampaikan mengenai manajemen keuangan dan pencatatan keuangan sederhana. Kegiatan PkM direncanakan berlangsung selama 8 bulan dengan pertemuan kurang lebih 6-7 kali pertemuan. Semoga kegiatan akan memberikan manfaat kepada masyarakat di Desa Karang Tengah yang menjadi mitra kegiatan PkM.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

novianwely

Belajar Mengajar

1 comment

  • suka main sportsbook? ? tapi takut ga dibayar sama bandar ?
    kuy buruan join di BOLA165,CO situs bola online terpercaya, Cukup 1 user ID Anda bisa bermain di semua game Bola165,co
    modal kecil/dikit, bisa jadi bukit/dapat jutaan rupiah. Bayangkan guys! ga enak dari mana ?
    Bola165,co dengan pasaran bola yang lengkap di dukung 3 provider sportsbook ternama Dan dapatkan promo yang menakjubkan & terbatas hanya di Bola165,co
    – Bonus Hadir/Absen Hingga 100k
    – Bonus New Member Up to 2Jt
    – Bonus Next Deposit Up to 1Jt
    – Bonus Rollingan Up to 0,8%
    – Bonus Cashback 5%
    – Bonus Turnover IDN-POKER 0,6%
    – Bonus Refferal 5% SEUMUR HIDUP
    Pelayanan cepat & aman!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!!
    Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +855973475903 | Kode Referal :KELLYBOLA
    Nyaman dan beruntung Bermain di Bola165,Co jadi bagian prioritas kami.!