Soloensis

Manfaatkan Limbah,Tim PKM-M UNIVET Ubah Kulit Jagung menjadi Kerajinan Bunga kreatif

Tim PKM-M COSFLOW Univet Bantara Sukoharjo telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Gedong, Ngadirojo, Wonogiri pada 4 mei 2019. Kegiatan pelatihan yang dilakukan berupa pemanfaatan limbah kulit jagung menjadi kerajinan bunga yang bernilai jual.
Kegiatan pelatihan yang dilakukan meliputi tahap pemilihan limbah kulit jagung , pewarnaan, penjemuran, penyetrikaan. Kemudian dilanjutkan pembimbingan langsung langkah-langkah pembuatan bunga kulit jagung. Dalam kegiatan pelatihan tersebut, masyarakat juga diberi pengetahuanmengenai pasca panen dari jagung, terutama mengenai pemanfaatan dari limbah kult jagung yang selama ini kurang dimanfaatkan.
Pelaksanaan kegiatan PKM-M ini ditanggapi dengan antusias oleh ibu-ibu PKK Desa Gedong. Alat dan bahan yang diperlukan telah disediakan oleh Tim PKM, yang kemudian akan diserahkan kepada mitra untuk dapat dipergunakan, selain itu materi yang diberikanpun relatif mudah sehingga mitra dapat mengikuti dengan baik. Ibu-ibu PKK Desa Gedong tersebut diajarkan untuk membuat kerajinan bunga dengan 2 model yang berbeda, yaitu bunga kenanga dan bunga sedap malam. Meskipun tampak kesulitan di awal, namun akhirnya ibu-ibu tersebut dapat membuat produk sesuai dengan yang dicontohkan oleh tim.
“Tujuan dari diadakanya kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan warga dalam memanfaatkan limbah kulit jagung yang kurang dimanfaatkan secara optimal. Selain itu, juga untuk meningkatkan nilai jual dari limbah kulit jagung ini.” Ujar Afriyanti, selaku dosen pembimbing Tim PKM-M COSFLOW tersebut.
Hal yang melatarbelakangi kegiatan pengabdian tersebut adalah karena besarnya potensi dari limbah kulit jagung yang kurang dimanfaatkan di desa gedong tersebut, ujar ketua tim PKM-M tersebut.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment