Soloensis

10 Tips Menghadapi Musim Hujan Agar Tetap Sehat

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Di musim hujan ini, penyakit memang sering datang menyapa. Virus serta bakteri rentan masuk ke dalam tubuh manusia. Nah, untuk mencegahnya, Anda harus mengetahui tips mengahadapi musim hujan agar tetap sehat, sehingga selalu bisa menjalankan segala aktivitas setiap harinya.

Tips Menghadapi Musim Hujan

Berikut ini adalah kiat-kiat atau tips yang harus Anda lakukan supaya tetap sehat dan bugar, dalam menghadapi perubahan cuaca yang muncul saat musim hujan seperti saat ini. Jadi, simaklah penjelasan berikut:

1. Minum Air Putih atau Teh Herbal

Air putih akan membatu mengeluarkan racun dari tubuh manusia, sehingga mereka akan kebal terhadap serangan berbagai penyakit. Selain itu, meminum teh herbal juga juga berfungsi untuk menghangatkan badan agar tetap aman selama musim hujan.

2. Minum Vitamin C dengan Cukup

Vitamin C dapat mencegah masuknya virus flu, oleh karena itu sangat cocok diminum ketika musim hujan tiba. Vitamin ini banyak terkandung dalam buah-buahan seperti jeruk, ceri, kiwi serta bawang putih. Konsumsilah secara rutin dan teratur agar mendapatkan hasil maksimal.

3. Gunakanlah Pakaian Hangat

Saat musim hujan tiba dan Anda mulai merasa kedinginan, cepat-cepatlah gunakan pakaian tebal hangat dalam rangka menjaga tubuh supaya tidak demam atau pun flu berat. Hal tersebut memang terkesan sepele, tapi sangat penting untuk dilakukan apalagi ketika pergi ke luar rumah.

4. Tutuplah Mulut Saat Bersin

Ketika bersin di musim hujan, jika di sekitar Anda terdapat banyak orang, maka tutuplah mulutmu menggunakan tisu, sapu tangan atau masker. Hal tersebut dapat mengurangi penyebaran virus flu kepada orang di sekitar.

5. Konsumsilah Makanan Berserat Tinggi

Mengonsumsi makanan berserat tinggi bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melindungi diri dari infeksi flu dan pencernaan. Anda juga bisa makan buah seperti alpukat, apel, pisang, wortel, brokoli dan pir.

6.  Tolaklah Serangga di Sekitar

Tips mengahadapi musim hujan agar tetap sehat berikutnya yaitu, manfaatkan kelambu untuk mencegah malaria akibat adanya gigitan dari nyamuk yang merupakan penyakit paling umum terjadi. Juga jauhi air tergenang yang dikenal sebagai tempat berkembang biaknya jentik-jentik.

7. Hindari Menyentuh Wajah Sendiri

Adanya sentuhan terhadap mata dan wajah Anda ternyata akan meningkatkan risiko infeksi, ini karena tangan terkontaminasi oleh bakteri atau virus saat musim hujan tiba. Sehingga banyak penyebab penyakit di sana.

Jadi, usahakan untuk tidak menyentuh wajah sekalipun bagian-bagianya sedang gatal. Bila ingin menyentuhnya, cucilah tangan hingga bersih terlebih dahulu supaya aman dan terhindar dari resiko bakteri penyebab jerawat.

8.  Cucilah Tangan dengan Sabun

Tips ini lumayan penting. Kamu mungkin memiliki kebiasaan buruk tidak mencuci tangan saat ingin melakukan apa pun. Mulai sekarang, hal tersebut haruslah diubah. Ini karena, dapat menjadi sarang virus maupun bakteri jahat.

9. Jagalah Kebersihan Lingkungan

Musim hujan akan membuat badan Anda rawan terhadap segala macam penyakit. Hal tersebut disebabkan adanya sampah dari berbagai tempat dan terkadang mengendap di halaman rumah. Untuk mencegahnya, bersihkanlah lingkungan secara rutin dan teratur agar tidak terjadi penyumbatan yang akhirnya berakibat banjir.

10. Bawa Payung dan Jas Hujan

Terakhir, selalu bawalah payung atau jas hujan kemanapun. Kedua benda ini penting digunakan saat musim penghujan, agar tidak terjebak dingin serta basah kuyup karena guyuranya. Sehingga, rawan terkena penyakit.

Itulah informasi mengenai tips mengahadapi musim hujan atau curah hujan yang sedang lebat-lebatnya agar badan tetap sehat. Semoga bermanfaat dan cegahlah penyakit sebelum terlanjur terjadi, sebab lebih baik mencegah daripada mengobatinya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Candra Bi

Playmaker Panduanmenulis.com

Add comment