Soloensis

Contoh Berita Kisah Feature dan Cara Menuliskannya

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Contoh berita kisah feature tidak akan sulit menuliskannya, karena ia adalah sebuah penyampaian peristiwa maupun tentang seseorang dengan gaya menarik dan ringan. Sehingga, tidak akan kesulitan bagi siapapun yang ingin memulainya.

Teknik Menulis Feature

Dalam menuliskan sebuah kisah feature terdapat beberapa Teknik yang  perlu diperhatikan, namun tidak perlu terlalu terpacu dengannya karena bisa jadi akan menghambat ide masuk. Hanya perlu diperhatikan kaidahnya supaya masih dianggap sebagai tulisan sejenis.

Dalam menulis feature pun gampang-gampang susah, ia harus ditulis dengan kreatif dan imajinatif serta alur variatif untuk menjangkau minat pembaca. Selain itu, biasanya juga digunakan trik mengambil sisi humanis, dimana emosi seseorang akan ikut teraduk ketika membacanya.

Dari segi bahasa, tulisan jenis ini bergaya ringan seperti novel dan cerpen, akan tetapi lebih mendetail dan mendalam mengenai sebuah peristiwa ataupun menceritakan seseorang. Pembawaan seperti itu akan membuat si pembaca tertarik karena mengetahui sebuah informasi dan penjelasan.

Susunan Tulisan  Contoh Feature

Penulisan feature dapat dimulai dengan mengamati peristiwa yang terjadi di sekitar sebagai ide mula-mula. Dalam hal ini, penulis haruslah kreatif dan peka terhadap apa saja kejadiannya. Kemudian berikut adalah contoh berita kisah feature dari beberapa bagian:

1.     Pembuka

Menulis sebuah karya feature dapat dimulai dengan pembukaan menarik, misalnya dengan sebuah kutipan percakapan atau pertanyaan. Hal ini akan membuat pembaca penasaran dan bertanya-tanya mengenai isinya dan pasti lanjut membaca hingga selesai.

2.     Inti Tulisan

Penggambaran sebuah inti cerita harus menarik dengan alur yang tidak monoton. Sebab, dengan seperti itu akan membuat pembaca cepat merasa bosan apalagi jika mudah sekali ditebak. Alih-alih mendapat pembaca, media pun tidak akan menerima tulisan seperti ini.

3.     Penutup

Nah, bagian penutup ini biasanya akan memberikan kesan tersendiri kepada pembaca tentang bagaimana tulisan tersebut. Sehingga penulis harus memberikan yang terbaik di bagian ini, yakni bisa dengan cara menggantung, klimaks atau sesutau yang menyentak.

Itulah informasi terkait contoh feature berita kisah yang dapat digunakan sebagai acuan menulis. Itu hanyalah sepenggal kisah-kisah, untuk lebih lengkapnya Anda dapat membacanya di koran-koran media terkait sebagai tambahan referensi.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Zamhari S, Kom. I

Hanya manusia yang suka belajar

2 comments